Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran PPKn
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk membangun generasi cerdas dan berkarakter di Sekolah melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan mengembangkan aspek kemampuan berpikir secara kritis serta dapat mengembangkan kepribadian peserta didik dengan mewujudkan sikap nasionalisme dalam bersikap dan berperilaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Penelitian ini mengkaji mulai dari upaya, peran aktif, dan kendala-kendala dihadapi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam membangun generasi cerdas, berkarakter, dan cinta tanah air. Dari penelitian ini ditemukan bahwa peserta didik mampu menunjukkan kemampuan berpikir kritis serta menerapkan sikap nasionalisme di lingkungan sekolah.References
Febrina, R. (2021). Kompetensi Guru.
Bumi Aksara. 174 (2)
Riswandi. 2019. Kompetensi
Profesional Guru. Uwais
Inspirasi Indonesia. 69 (20-23)
Pianda, D. (2018). Kinerja guru:
kompetensi guru, motivasi
kerja dan kepemimpinan
kepala sekolah. CV Jejak
(Jejak Publisher).
Sujarweni, V. Wiratna. 2023.
METODOLOGI
PENELITIAN Lengkap,
Praktis, dan Mudah Dipahami.
PUSTAKABARUPRESS. 114
(62-63)
Hapsari, D., & Prasetio, A. (2017).
Pengaruh Kompetensi Guru
Terhadap Prestasi Belajar
Siswa SMK Negeri 2 Bawang.
eProceedings of Management,
(1).
Inayah, R. (2013). Pengaruh
kompetensi guru, motivasi
belajar siswa, dan fasilitas
belajar terhadap prestasi
belajar mata pelajaran
ekonomi pada siswa kelas XI
IPS SMA Negeri 1 Lasem
Jawa Tengah Tahun Pelajaran
/2012. S2 Pendidikan
Ekonomi, 2(1).
Puspitasari, A. (2022). PENGARUH
KOMPETENSI GURU
TERHADAP HASIL BELAJAR
TEMATIK SISWA KELAS V DI
SD NEGERI 101 KOTA
BENGKULU (Doctoral
dissertation, UIN
FATMAWATI SUKARNO
BENGKULU).
Sutarno, H., Rohendi, D., & Putri, G.
G. (2011). Pengaruh
kompetensi guru mata
pelajaran TIK terhadap
motivasi dan hasil belajar
siswa. Jurnal Pengajaran
MIPA, 16(2), 134-141.
Werdayanti, A. (2008). Pengaruh
Kompetensi Guru dalam
Proses Belajar Mengajar di
Kelas dan Fasilitas Guru
Terhadap Motivasi Belajar
Siswa. Dinamika
Pendidikan, 3(1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.