Urgensi Pembelajaran Kreatif Dan Produktif Melalui Lesson Study Dalam Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Authors

  • Isma Nur Rohmah Universitas Pamulang
  • Listiaroh Listiaroh Universitas Pamulang
  • Zhafirah Auliya Eka Putri Universitas Pamulang
  • Nurraisa Shabrina Universitas Pamulang

Abstract

Urgensi Pembelajaran Kreatif Dan Produktif Melalui Lesson Study Dalam Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pentingnya pembelajaran kreatif dan produktif melalui lesson study dalam pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. Karena malah Lesson study adalah model pembelajaran yang mengharuskan peserta untuk aktif berkolaborasi dalam penyelesaian sebuah masalah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi pustaka. Data yang digunakan berupa buku, artikel ilmiah dan sumber relevan lainnya. Tahap analisis dimulai dari proses pengumpulan data, proses reduksi data, proses penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penting untuk melakukan pembelajaran kreatif dan produktif dengan  lesson study karena dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, kemampuan untuk pemecahan masalah dan kemampuan untuk berkolaborasi atau bekerja sama dalam penyelesaian masalah sehingga mampu untuk membangun hubunban yang baik dengan rekan. Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan juga penting untuk dilakukan untuk memperkokoh jiwa bangsa dan membangun karakter bangsa. Sebaiknya bahwa ada peneliti yang dapat melakukan penelitian eksperimen untuk melihat pentingnya penerapan model pembelajaran kreatif dan produktif dengan lesson study pada pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan.

Kata-kata kunci: Pembelajaran Kreatif dan Produktif, Lesson Studi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

References

Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2016). Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi.

Fakihuddin, Lalu. (2017). Model Pembelajaran Kreatif Dan Produktif Berbasis Masalah Kontekstual Melalui Kegiatan Lesson Study Untuk Meningkatan Kreativitas Ekspresi Tulis Puisi. Artikel Ilmiah: Universitas Hamzanwadi.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan IAIN Purwokerto.

Purnama, D.S. (2008). Implementasi Model Pembelajaran Kreatif Dan Produktif Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Guru. Artikel Ilmiah.

Saleh, Abdurrahman dan Muhbib Abdul Wahab. (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta : Kencana.

Sawaluddin, Zedi Muttaqin, Sina dan Saddam. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Mahasiswa Melalui Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol: 2(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sumar Hendayana, dkk, (2007). Lesson study: Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik (Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung: UPI PRESS.

Susilo, H, dkk. (2011). Lesson Study Berbasis Sekolah. Malang: Bayumedia Publising.

Ubaedillah. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan(Civic Education) : Pancasila, Demokrasi, dan Pencegahan Korupsi. Jakarta: Prenadamedia Group

Yenitta, Nisfullail dan Naila Husna. (2009). Penerapan Strategi Kreatif-Produktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Man 1 Pekanbaru Pada Aspek Keterampilan Psikomotor Dan Sosial. Jurnal Geliga Sains. Vol: 3(1).

Zulfikar dan Dewi. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal PEKAN, Vol: 6(1).

Zulkifli. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kreatif. http://bantaeng barug-safety.blogspot.com/2011/03/penerapan-model-pembelajaran-kreatif.html (Diakses pada hari Sabtu, 28 Mei pukul 20 : 16)

Downloads

Published

2022-10-02

How to Cite

Rohmah, I. N., Listiaroh, L., Putri, Z. A. E., & Shabrina, N. (2022). Urgensi Pembelajaran Kreatif Dan Produktif Melalui Lesson Study Dalam Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 2(2), 120–125. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/24736