Turbulensi Pendidikan Karakter Bagi Generasi Penerus Bangsa Masa Kini
Abstract
Generasi masa kini yang memang rentan oleh terpaan gejolak dari perkembangan zaman diera global ini memang merupakan sebuah fenomena yang tidak bisa di hindari, krisis yang dialami generasi masa kini, bagaimana tidak krisis moral, etika dan akhlak pun kian menjadi hal yang sudah menjadi lumrah dialami oleh generasi saat ini. Maka pendidikan karakter bagi generasi masa kini merupakan keharusan yang sangat urgen, mengingat pendidikan karakter ini tentunya memiliki relasi yang begitu erat dengan upaya penanaman nilai moral serta nilai budi pekerti. Perlunya pembentukan karakter memang sudah sepatutnya menjadi kewajiban bersama agar proses pembentukan generasi penerus bangsa yang berkualitas dapat berjalan sebagaimana mestinya. Metode yang digunakan dalam jurnal kali ini yakni menggunakan kajian literatur. Kajian literatur digunakan dalam metode penulisan jurnal ini, kajian pustaka merupakan kumpulan penjelasan dari berbagai sumber ilmu yang relevan kemudian dijadikan sebagai pedoman dan informasi. Kajian literatur atau literature review berisi mengenai uraian mengenai suatu topik tertentu. Hasil dan pembahasan dari jurnal kali ini menunjukkan bahwa pentingnya jiwa yang berkarakter generasi calon penerus bangsa yang tentunya harus dipersiapkan sebaik mungkin agar nantinya dapat berpartisipasi secara baik dalam hal mencapai cita-cita luhur bangsa, maka dengan demikian memiliki jiwa yang berkarakter memang sangat mempengaruhi perkembangan masa remaja untuk kedepanya.
Kata Kunci : Turbulensi, Pendidikan Karakter, Generasi Penerus Bangsa
References
Ahmad, M. M. (2021). Teaching of literature in the EFS/ESL classrooms: An effective tool to instil moral values. Journal of Language and Linguistic Studies, 17(3), 1536–1550. https://doi.org/10.52462/jlls.111
Altın, M., Assistant, R., Eken Res Assist student, M., Chowdhury, M. (2018). Emphasizing morals, values, ethics, and character education in science education and science teaching. MOJES: Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 4(2), 1-16.
Al Majid, A. K. (2019). Analisis faktor-faktor penyebab degradasi moral siswa kelas xi IPS Madrasah aliyah hidayatul ummah pringgoboyo kec Maduran kab Lamongan Dalam tinjauan teori moralitas emile durkheim (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya)
Baginda, M. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Berbasis Karakter pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ilmiah Iqra', 10(2)
Doni Koesoema A. (2018). Pendidikan Karakter : Strategi Mendididik Anak di Zaman Global. PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia (GRASINDO). Jakarta : Hal. 112
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rasyid, A. (2019). The educational character on instruction. Opción, 35, 964-979.
Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan sebagai metode pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141.
Nor, B., Djatmika, E. T., Widjaja, S. U. M., & Wahyono, H. (2022). Development of Economic Learning Model Based on Pancasila Values. International Journal of Instruction, 15(1), 259–276. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15115a
Primasari, D. A. G., Dencik, D., & Imansyah, M. (2019, March). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Masa Kini. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 12, No. 01).
Prof. Suyanto, Ph.D (2018). Model Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung : Hal. 7
Rockenbach, A. N. (2020). Character Education for the Public Good: The Evolution of Character Capacities in and Beyond College. Journal of College and Character, 21(1), 6–13. https://doi.org/10.1080/2194587x.2019.1696834
Suparwati, D. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid 19. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Vol. 3, No. 4, pp. 438-443).
Virlia, S., Sandjaja, M., Yuliawati, L., Sari, T. P., Dorkas, M. A., & Wulansari, O. D. (2021). Character, meaning in life, and well-being of students from teachers’ perspective. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(6), 3073–3090. https://doi.org/10.18844/cjes.v16i6.6497
Yolcu Candidate, O., Çırakoğlu, M., & of Atakent Erdogan Kibarer, P. (2019). TEACHERS’ VIEWS ON CHARACTER/VALUES EDUCATION IN SCHOOLS. In International Journal of Psycho-Educational Sciences | (Vol. 8, Issue 3). London Academic Publishing. https://www.journals.lapub.co.uk/index.php/IJPES