Penguatan Pendidikan Karakter Berkebhinekaan Global Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kurikulum Merdeka Belajar
Abstract
Pendidikan karakter merupakan sesuatu hal yang penting dalam suatu kehidupan dan mulai dikembangakan dalam kurikulum kampus merdeka. Kurikulum kampus merdeka adalah kurikulum yang sesuai dengan keadaan siswa serta kurikulum ini bersifat fleksibel dan otonom. Namun dalam keadaannya terdapat permasalahan yaitu apakah indonesia sendiri sudah mencapai kurikulum Merdeka Belajar dalam mata pelajaran pancasila dan kewarganegaraan untuk mencapai pendidikan karakter yang berkebhinekaan global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat lebih dalam (intensifiasi) mengenai mata pelajaran pancasila dan kewarganegaraan untuk mencpai pendidikan karakter yang berkebhinekaan global. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi literature atau studi kepustakaan. Strategi yang akan dilakukan dalam perencanaan kegiatan adalah dengan Strategi Pendidikan Karakter. Dalam strategi ini memiliki tujuan dalam mengembangkan potensi pada siswa yang dalam proses pengembanganna dapat membangun self-esteem yang dapat meningkatkan kesehatan mental. Kesimpulan penelitian ini adalah Pendidikan karakter adalah suatu pembelajaran untuk menanamkn karakter pada siswa yang terdiri dari pengetahuan dan perlunya inovasi dalam setiap mata pelajaran agar terselip nilai-nilai dalam meningkatkan pendidikan karakter setiap siswa
Kata-kata kunci: Pendidikan Karakter; Pancasila; Kurikulum Merdeka Belajar
References
Pendidikan karakter merupakan sesuatu hal yang penting dalam suatu kehidupan dan mulai dikembangakan dalam kurikulum kampus merdeka. Kurikulum kampus merdeka adalah kurikulum yang sesuai dengan keadaan siswa serta kurikulum ini bersifat fleksibel dan otonom. Namun dalam keadaannya terdapat permasalahan yaitu apakah indonesia sendiri sudah mencapai kurikulum Merdeka Belajar dalam mata pelajaran pancasila dan kewarganegaraan untuk mencapai pendidikan karakter yang berkebhinekaan global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat lebih dalam (intensifiasi) mengenai mata pelajaran pancasila dan kewarganegaraan untuk mencpai pendidikan karakter yang berkebhinekaan global. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi literature atau studi kepustakaan. Strategi yang akan dilakukan dalam perencanaan kegiatan adalah dengan Strategi Pendidikan Karakter. Dalam strategi ini memiliki tujuan dalam mengembangkan potensi pada siswa yang dalam proses pengembanganna dapat membangun self-esteem yang dapat meningkatkan kesehatan mental. Kesimpulan penelitian ini adalah Pendidikan karakter adalah suatu pembelajaran untuk menanamkn karakter pada siswa yang terdiri dari pengetahuan dan perlunya inovasi dalam setiap mata pelajaran agar terselip nilai-nilai dalam meningkatkan pendidikan karakter setiap siswa
Kata-kata kunci: Pendidikan Karakter; Pancasila; Kurikulum Merdeka Belajar