Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Belajar Peserta Didik Pasca Pandemi Covid-19

Authors

  • Lili Nurlaili Universitas Pamulang
  • Ismail Aji Universitas Pamulang

Abstract

Dalam menghadapi perubahan karena pandemi, tentu kegiatan belajar mengajar memunculkan berbagai permasalahan, salah satunya adalah kurangnya motivasi belajar sehingga mempengaruhi kualitas belajar yang jauh dari kata maksimal dan berdampak pada penurunan capaian belajar peserta didik. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis kurikulum merdeka dalam upayanya meningkatkan kualitas belajar peserta didik pasca pandemi covid-19. Penulisan artikel ini menggunakan metode studi kepustakaan yang berasal jurnal, buku, website, dan dokumen literatur pendukung lainnya. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa kurikulum merdeka dapat membantu meningkatkan kualitas belajar pasca pandemi dengan pembelajaran yang interaktif dan relevan serta berbasis kompetensi. Peran kurikulum merdeka dalam membantu memulihkan dan meningkatkan kualitas belajar yang menurun karena pandemi cukup baik namun perlu ada penelitian lanjutan yakni apakah kurikulum merdeka mampu “mengakomodir†sekolah-sekolah di pelosok yang ingin meningkatkan kualitas dan kompetensi lulusannya namun terbentur dengan kondisi yang tidak mendukung.

Kata-kata kunci: Kurikulum Merdeka; Peserta Didik; Pandemi Covid-19

References

Dalam menghadapi perubahan karena pandemi, tentu kegiatan belajar mengajar memunculkan berbagai permasalahan, salah satunya adalah kurangnya motivasi belajar sehingga mempengaruhi kualitas belajar yang jauh dari kata maksimal dan berdampak pada penurunan capaian belajar peserta didik. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis kurikulum merdeka dalam upayanya meningkatkan kualitas belajar peserta didik pasca pandemi covid-19. Penulisan artikel ini menggunakan metode studi kepustakaan yang berasal jurnal, buku, website, dan dokumen literatur pendukung lainnya. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa kurikulum merdeka dapat membantu meningkatkan kualitas belajar pasca pandemi dengan pembelajaran yang interaktif dan relevan serta berbasis kompetensi. Peran kurikulum merdeka dalam membantu memulihkan dan meningkatkan kualitas belajar yang menurun karena pandemi cukup baik namun perlu ada penelitian lanjutan yakni apakah kurikulum merdeka mampu “mengakomodir†sekolah-sekolah di pelosok yang ingin meningkatkan kualitas dan kompetensi lulusannya namun terbentur dengan kondisi yang tidak mendukung.

Kata-kata kunci: Kurikulum Merdeka; Peserta Didik; Pandemi Covid-19

Downloads

Published

2022-10-02

How to Cite

Nurlaili, L., & Aji, I. (2022). Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Belajar Peserta Didik Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 2(2), 142–148. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/24740