KONSEP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM KURIKULUM MERDEK BELAJAR BERBASIS LITERASI

Authors

  • Mas Fierna Putri Universitas Pamulang
  • Adinda Saskia Herlambang Universitas Pamulang
  • Aulia Rahma Universitas Pamulang
  • Popi Anjani Universitas Pamulang
  • Sela Anggi Savietri

Abstract

Konsep pemahaman merdeka belajar merupakan sebuah penerapan sistem pembelajaran yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia berdasarkan peraturan pemerintah No. 13 Tahun 2015, perihal perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 terkait Standar Nasioanal Pendidikan di Indonesia. Dalam topik ini peneliti hendak mengaitkan topik pembahasan pada pemahaman konsep dalam penerapan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di dalam kurkulum merdeka belajar berbasis literasi. Adapaun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai sebagai sebuah standarisasi penilian mata kuliah pendidikan kewarganegaraan di Universitas karakter bangsa, tujuan umum lain penelitian ini adalah; sebagai sebuah pembelajaran mengenai pemahaman penerapan pendidikan kewarganegaraan pada sistem merdeka belajar yang berbasis literasi. Serta manfaat penelitian sebagai sebuah wadah bacaan bagi siapapun yang dapat membacanya serta sebagai kajian dan informasi seputar sistem pendidikan merdeka belajar di Indonesia dengan sistem literasi. Adapun metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu kualititif deskriptif yang bersumber kepada kajian pustaka sebagai sumber terpecaya. Penelitian ini memberikan hasil bahwa; Dengan penerapan model sistem pendidkam merdeka belaajr ini, pelaksanaan mata pelajaran pendidikan pancsila dan kewarganegaraan atau pancasila ini dikatikan pada pemhaman Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia 1945 terkait; politik, hukum, nilai, moral, kerifan lokal dan kebinekaan dalam sistem kebudayaan yang ada di Indonesia.

Kata-kata kunci: Merdeka; Belajar; Kewarganegaraan

References

Winataputra, Udin. & Dasim Budimansyah. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan: Dalam Perspektif Internasional (Konteks, Teori, dan Profil Pembelajaran). Bandung: Widya Aksara Press.

Kariadi, Dodik. (2017). Generasi Yang Berwawasan Global Berkarakter Lokal Melalui Harmonisasi Nilai Kosmopolitan Dan Nasionalisme Dalam Pembelajaran Pkn. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan.Volume 1. Nomor 2.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Supriyanto, Anton. (2018). Upaya Untuk Meningkatkan Keberanian Berpendapat Dan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Dilema Moral Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik PKn. Volume 5, No.2 , November 2018, pp. 116-122.

Keer, David. (1999). Citizenship Education: An Internasional Comparison. England: National Foundation for Educational Research-NFER.

Quigley, C.N., Buchanan, Jr. J.H., Bachmueller, C.F. (1991). Civitas: A Framework for Civic Education. Calabasas: CCE.

Agustrian N,L., Rizkan., Izzudin M. (2017). Manajemen program life skill. Jurnal Pengembangan Masyarakat, 1 (1), 7-12.

Downloads

Published

2022-10-02

How to Cite

Putri, M. F., Herlambang, A. S., Rahma, A., Anjani, P., & Savietri, S. A. (2022). KONSEP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM KURIKULUM MERDEK BELAJAR BERBASIS LITERASI. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 2(2), 156–165. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/24742