Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sebagai Solusi Degradasi Bangsa
Abstract
Pendidikan adalah suatu upaya terencana untuk mengembangkan potensi peserta didik, agar memiliki sistem berpikir, sistem nilai, moral dan kepercayaan yang diwariskan oleh masyarakat untuk berkembang sesuai dengan kehidupan pada masa sekarang dan masa yang akan datang. Sedangkan karakter adalah watak, budi pekerti, akhlak atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakini dan dijadikan landasan cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak. Strategi pengembangan karakter yang diuraikan di atas meliputi prinsip-prinsip yang harus diikuti agar pengembangan karakter menjadi efektif. Pendidikan karakter muncul dari nilai-nilai dasar dalam sila Pancasila dan dari nilai-nilai kehidupan sehari-hari yang tumbuh dalam masyarakat yang beradab. Dengan pendidikan karakter dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan, tanggung jawab, kejujuran, kreativitas dan budaya pada setiap siswa, sehingga tujuan pendidikan karakter dapat berjalan dengan sempurna.
Kata-kata kunci: Pendidikan karakter; Budaya; Degradasi BangsaReferences
Bihan, Wohable. Dkk (2021). Exploring the context of teaching character education to children in preprimary and primary schools: : Social Sciences & Humanities by Elsevier Ltd ( Open 4 (2001) 100171)
Rokhman Fathur. Dkk. (2013). Character Education For Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years): Procedia - Social and Behavioral Sciences by Elsevier Ltd (141 ( 2014 ) 1161 – 1165)
Giri, I Made Arisa (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sebagai Solusi Degradasi Bangsa: Purwadita Jurnal Agama dan Budaya, (Vol. 4, No. 1, Maret 2020, pp. 59-66)
Ali, Kristiawan Muhammad & Fitriani Yessi (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah: Jurnal Pendidikan Tambusai (Halaman 2063-2069 Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021)
Bahri, Saiful (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah: Jurnal TA’ALLUM (Vol. 03, No. 01, Juni 2015 ж 57)
Mentari Ana, Hermi Yanzi, Devi Sutrisno Putri (2021). Implementasi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi: Jurnal Kultur Demokrasi: (Volume 10, No.1, 2021
Umami Rizqy, Nurul Latifah, Vera Sholeha (2020). Strategi Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya di TK Laboratori Pedagogia Yogyakarta: Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas: (ISSN: 2655-6189