Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menghadapi Globalisasi
Abstract
Globalisasi merupakan terhubungnya satu negara dengan negara lain dalam aspek ekonomi, budaya, politik, teknologi dan sebagainya. Globalisasi memberikan dampak negatif yaitu menurunnya moralitas generasi penerus bangsa. Maka dari itu pendidikan karakter adalah jawaban untuk mengatasi masalah tersebut. Krisis karakter dan moralitas ditandai oleh meningkatnya kejahatan seperti penyalahgunaan narkoba dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui beragam jenis upaya dalam membentuk karakter peserta didik. Diharapkan hasil penelitian dapat bermanfaat untuk menyadarkan para pembaca mengenai pentingnya pendidikan karakter dalam menghadapi globalisasi. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka. Kajian pustaka digunakan dalam penelitian ini diantaranya menggunakan berbagai referensi dari artikel jurnal sehingga dapat mendukung berbagai informasi dalam tulisan ini. Hasil menunjukkan bahwa pendidikan karakter dapat diajarkan pada peserta didik melalui pendidikan kewarganegaraan, karena pelajaran PKN memberikan perhatian lebih pada siswa di bidang karakter. Karakter generasi muda bangsa Indonesia harus sesuai dengan pancasila, mulai dari sila Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, permusyawaratan dan keadilan sosial. Mendidik karakter siswa menjadi kewajiban guru apabila masih berada dalam lingkungan sekolah, namun saat sudah dirumah menjadi kewajiban orang tua untuk mendidik dan memberikan contoh yang baik pada anak. Kesimpulan yang didapat yaitu karakter peserta didik selaku generasi penerus bangsa harus sejalan dengan pancasila, sehingga peserta didik akan mampu mengetahui yang baik dan buruk dari adanya globalisasi. Diharapkan generasi anak bangsa yang berkarakter pancasilais mampu memajukan bangsa Indonesia.
References
Ramdhani, Muhammad Ali (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v8i1.69, Jurnal Pendidikan Vol. 08; No. 01; 2022, hlm 28 – 30
Perdana, Novrian Satria (2018). Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/viewFile/2358/1357, Jurnal Refleksi Edukatika Vol. 08; No. 02; hlm 184 – 188
Hakim, Rosniati (2014). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al-Qur’an. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2788, Jurnal Pendidikan Karakter Vol. 04; No. 02; hlm 124 – 126
Setiawan, Deny (2013). Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1287, Jurnal Pendidikan Karakter Vol. 03; No. 01; hlm 56 – 57
Yhesa Rooselia Listiana (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1134, Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 05; No. 01; hlm 1547
Faisal Aris Hibatullah (2022). Pengaruh Globalisasi Terhadap Pembangunan Karakter Generasi Muda Bangsa Indonesia. Hibatullah - Pengaruh globalisasi terhadap pembangunan karakter.pdf, Jurnal Sekolah Dasar Vol. 10; No. 01; hlm 3 – 4
Hermawan, Dedi (2019). Dampak Globalisasi Terhadap Moralitas Remaja. https://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id/, Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 08; No. 01; hlm 89
Humaeroh, Siti & Dewi, Dinie Anggraeni (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa. https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.381, Jurnal Pendidikan Vol. 03; No. 03; hlm 218
Arif, Hilyati (2017). Peranan Guru dalam Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. https://doi.org/10.36915/jpi.v1i2.21, Jurnal Pendidikan Islam: Pendekatan Interdisipliner Vol. 01; No 02; hlm 72
Nurgiansah, T. Heru (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol. 09; No. 01; hlm 3
– 37