Model Pembinaan Karakter Disiplin Siswa
Keywords:
Model Pembinaan, Karakter, Disiplin Siswa.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis data tentang model pembinaan karakter disiplin siswa di SMK Giri Taruna 2 Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembinaan karakter disiplin siswa di SMK Giri Taruna 2 yaitu melalui model integrasi (berbasis kelas) yaitu pembinaan gabungan dari mata pelajaran-mata pelajaran yang ada di SMK, model suplemen (berbasis budaya sekolah) yaitu pembinaan melalui ekstrakurikuler, kolaborasi (gabungan dari seluruh model yang dapat di implementasikan melalui penguatan pendidikan karakter berbasis kelas, budaya sekolah dan masyarakat). Selain itu program pembinaan karakter disiplin yang dilakukan sebagai upaya membentuk karakter disiplin siswa yaitu pertama mengimplementasikan penerapan aturan yang ada didalam tata tertib. Kedua melalui ekstrakurikuler yang ada di SMK Giri Taruna 2 seperti Pramuka, Paskibra, Rohis, Futsal, Basket dan Inkai. Ketiga melalui pembiasaan seperti siswa berpakaian rapih agar natinya siswa terbiasa saat mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan melaksanakan shalat sunah duha berjamaah dihari Jumat.
References
Abbas, E Warmansyah. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung: Wahana Jaya Abadi.
Arifin, M., Elfianto. (2017). Manajemen Pendidikan Masa Kini. Medan: UMSU Press.
Budimansyah, D. (2020). Perancangan Pembelajaran Berbasis Karakter. Bandung: Widya Aksara Press.
Indrawan, I., et al. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter. Purwokerto Selatan: Pena Persada.
Kemendikbud. (2019). Panduan Implementasi PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) Bagi SMK Pelaksana Pengembangan Rujukan. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter Di Sekolah Revitalisasi Peran Sekolah Dalam Menyiapkan Generasi Bangsa Berkarakter. Yogyakarta: Samudra Biru.
Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mustoip, S., Japar, M., MS, Z. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: Jakad Publishing Surabaya.
Nasirudin. (2009). Pendidikan Tasauf. Semarang: Rasail Media Group.
Sarbaini (2012). Pembinaan Nilai, Moral Dan Karakter Kepatuhan Peserta Didik Terhadap Norma Ketertiban Di Sekolah. Landasan Konseptual, Teori, Juridis Dan Empiris. Yogyakarta: Aksara Pressindo.
Sriwilujeng, D. (2017). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga.
Suharsimi., Arikunto. (2013). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyanto. (2018). Model Pembinaan Pendidikan Karakter Di Lingkungan Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Zubaedi. (2011). Disain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.
Sumber Jurnal Online:
Alinurdin. (2020). Urgensi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pamulang (Jurnal Online) Vol. 1 No.1 Hal 1-12. (diunduh 15 Juli 2022)
Andriani, D. (2018). Pengaruh Pembinaan, Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Paud Kec. Talang Kelapa. Jurnal PERNIK Paud (Jurnal Online) Vol. 1 No.1 Hal 44-49. (diunduh 13 Mei 2022)
Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan (Jurnal Online) Vol. 10 No. 1 Hal. 69–74. (di unduh 4 November 2021)
Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA (Jurnal Online) Vol. 6 No.1 Hal. 177–186. (di unduh 4 November 2021)
Anam, A., & Suharningsih. (2014). Model Pembinaan Disiplin Santri Studi Kaus Pondok Pesantren Darul Fiqhi Kabupaten Lamongan. Kajian Moral dan Kewarganegaraan (Jurnal Online) Vol. 2 No. 2 Hal. 469-483. (di unduh 8 Februari 2022
Budi, S.R. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (Jurnal Online) Vol. 16, No. 3 Hal 229-238. (diunduh 16 April 2022)
Dianti, P. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (Jurnal Online) Vol. 23 No. 1 (Jurnal Online) Hal. 58–68. (di unduh 4 November 2021)
Djafar, H. (2017). Model Kepemimpinan Dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik Di SMK Negeri Labuang Kabupaten Polewari Mandar. Jurnal Idaarah (Jurnal Online), Vol. I No. 2 Hal. 191-199. (di unduh 8 Februari 2022)
Hamid, A., & Sudira, P. (2013). Penanaman Nilai-nilai Karakter Siswa SMK Salafiyah Prodi TKJ Kajen Margoyoso Pati Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Vokasi (Jurnal Online) Vol. 3 No. 2 Hal. 138–152. (di unduh 4 November 2021)
Hartati, W. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Di SD Negeri 7 Tanjung Raja. Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan (Jurnal Online) Vol. 2 No. 2 Hal. 216–228. (di unduh 4 November 2021)
Hartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Di Era Modern Sinergi Orang Tua Dan Guru Di MTs Negeri Kabupaten Klaten. Journal Basic Of Education (Jurnal Online) Vol. 02 No. 01 Hal. 38–59. (di unduh 4 November 2021)
Indriyani, W. & Prasetyo, D. (2019) Pembinaan Karakter Disiplin Berkendara Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dan Budaya Disiplin. Jurnal Pendidikan Karakter (Jurnal Online) Vol. 1 No. 1 Hal. 43-51. (di unduh 8 Februari 2022)
Manan, S. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam- ta"lim. (Jurnal Online) Vol. 15 No. 1 Hal. 52. (diunduh 13 Mei 2022)
Pradana, Y. (2016). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Untirta Civic Education Journal (Jurnal Online) Vol. 1 No. 1 Hal. 55–67. (di unduh 4 November 2021)
Rahmat, N., Sepriadi, & Daliana, R. (2017). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Guru Kelas Di SD Negeri 3 Rejosari Kabupaten Oku Timur. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan (Jurnal Online) Vol. 2 No. 2 Hal. 229–244. (di unduh 4 November 2021)
Ramli, M. (2015). Hakikat Pendidik Dan Peserta Didik. Tarbiyah Islamiyah (Jurnal Online) Vol. 5 No. 1 Hal. 61–85. (di unduh 4 November 2021)
Sobri, M., Nursaptini, Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Jurnal Pendidikan IPS (Jurnal Online) Vol. 6 No. 1 Hal. 61–71. (di unduh 4 November 2021)
Suriansyah, A., & . A. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, Dan Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan (Jurnal Online) Vol. 2 No. 2 Hal. 234–247. (di unduh 4 November 2021)
Trisna, N. (2017). Upaya Pembinaan Narapidana Melalui Wadah Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Education FISIP Univ. Teuku Umar. (Jurnal Online). Vol. 3 No. 2 Hal. 219. (diunduh 13 Mei 2022).
Wuryandani, W., Maftuh, B., Sapriya, & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan (Jurnal Online) Vol. 2 No. 2 Hal. 286–295. (di unduh 4 November 2021)