Efektivitas Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Gotong Royong Siswa
Keywords:
pembentukan karakte, karakter gotong royong, ekstrakurikuler pramukaAbstract
Penelitian kali ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pembentukan karakter gotong royong. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/ verification (Penarikan kesimpulan/verifikasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pramuka dapat membentuk karakter gotong royong seperti baris-berbaris, cerdas cermat, dinamika kelompok, masak rimba, dan pentas seni yang sesuai dengan panduan SKU (Syarat Kecakapan Umum) dan SKK (Syarat Kecakapan Khusus). Pola pembinaan yang sesuai untuk membentuka karakter gotong royong adalah penerapan metode kepramukaan dalam setiap kegiatan nya. Dalam pembentukan karakter gotong royong memiliki faktor penghambat seperti kurangnya minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka, kurangnya informasi dan komunikasi kepada siswa, kurangnya dorongan orang tua kepada anak nya dalam mendukung kegiatan ekstrakurikuler pramuka, dan kurangnya interaksi antarsesama teman yang membuat pembentukan karakter gotong royong sedikit mengalami kendala. Sedangkan faktor yang mendukung keberlangsungan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter gotong royong adalah sarana dan prasarana yang memadai serta pola pembinaan kepada anak-anak peserta didik.
References
Asmani, J Ma’mur. 2011. “Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di
Sekolahâ€. Yogyakarta: Diva Press.
Daryanto dan Suryatri, Darmiatun. 2013. “Pendidikan Karakter di Sekolahâ€.
Yogyakarta: Gava Media.
Furkan, Nuril. 2013. “Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolahâ€. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Gunawan, Rudy dan Qodaria, Lelly. 2011. “Pendidikan Dalam Membangun Masa
Depan Bangsaâ€. Jakarta: Uhamka Press.
Gunawan, Heri. 2012. “Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasiâ€. Bandung: Alfabeta.
Meolong, J Lexy. 2017. “Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisiâ€. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rismayanto, Ivan. 2016. “Pergeseran Nilai-Nilai Gotong Royong Pada Masyarakat Kelurahan Gegerkalong Kecamatan Sukasari Kota Bandungâ€. Bandung: Perpustakaan.upi.edu.
Jayanti. 2022. “Buku Lengkap Pramukaâ€. Media Ilmu Abadi
Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktifâ€. Bandung: Alfabeta.
Sunardi, A Bob. 2014. “Boyman Ragam Latih Pramukaâ€. Bandung: Nuansa Muda. Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa
Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiyani, N. Ardy. 2014. “Pendidikan Karakter dan Kepramukaanâ€. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
JURNAL
Afdal, W. Heri. 2019. “Problematika Pendidikan Karakter Pendidikan Tinggiâ€.
Jurnal Pendas Mahakam (Jurnal Online). Vol.4 No. 2. Hal 68 - 72. (Diunduh
April 2022).
Farida. 2017. “Implementasi Manajemen Pembelajaran dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SD IT Baitul Jannah Bandar Lampungâ€. Thesis. Universitas Raden Intan Lampung.
F, Alawiyah. 2012. “Kebijakan dan Pengembangan Pembangunan Karakter
Melalui Pendidikan di Indonesiaâ€. Jurnal DPR RI (Jurnal Online). Vol.3 No.
Hal 89. (Diunduh 2 April 2022).
Fibrianto, A. Sigit. dan Bakhri, Syamsul. 2017. “Pelaksanaan Aktivitas Ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) Dalam Pembentukan Karakter, Moral, dan Sikap Nasionalisme Siswa SMA Negeri 3 Surakartaâ€. Jurnal Moral Kemasyarakatan (Jurnal Online). Hal. 79. (Diunduh 13 April
.
Handayani, V Putra. 2018. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Pada Siswa Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyahan Swasta An Nizhom Kecamatan Telanaipura Kota Jambiâ€. Skripsi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin.
Hasanah, Uswatun. 2016. “Model-Model Pendidikan Karakter di Sekolahâ€. Al- Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam (Jurnal Online). Vol.7. Hal. 25. (Diunduh 9 Mei 2022).
Indriyani, Dina. dan Winda, Marliani. 2019. “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Politik Hukumâ€. Jurnal Universitas Suryakancana (Jurnal Online). Hal. 10-12. (Diunduh 3 April 2022).
Jannah, A Mukhodimatul. 2015. “Dinamika psikologis gotong-royong: Studi fenomenologi pada survivor bencana erupsi Gunung Kelud di Desa Pandansari Kecamatan Ngantangâ€. Thesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Mulyani, Desti., Gufron, Syamsul., Akhwani., dan Kasiyun. 2020. “Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasarâ€. Jurnal Pendidikan Unhas (Jurnal Online). Vol. 11, No. 2. Hal. 227. (Diunduh 13 April 2022).
Noviyanti, D Rizki. 2021. “Implementasi Sikap Toleransi Antar Umat Beragama
Di Pasar Sentiongâ€. Skripsi, Universitas Pamulang.
Nurdianto, Tri. 2017. “Studi Tentang Pembinaan Akhlak Pada Peserta Didik
Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah Menengah Pertama SMP 17 1
Pagelaranâ€. Thesis. Universitas Raden Intan Lampung.
Pranowo, D Dwiyanto. 2013. “Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian Dan
Kerjasama Pada Matakuliah Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Dengan
Metode Bermain Peranâ€. Jurnal Pendidikan Karakter (Jurnal Online). Vol.4
No. 2. (Diunduh 8 Mei 2022).
Pusida, Rianto., Pati, Agustinus., dan Lambey, Trintje. 2018. “Perilaku Pemilih
Pada Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun
(Studi Tentang Efektivitas Kampanye) (Jurnal Online). Vol. 1, No. 1. Hal. 3-4. (Diunduh 9 Mei 2022).
Rismayanti. 2015. “Peran Upacara Tradisi Keagamaan Dalam Pengembangan
Solidaritas Sosialâ€. Publikasi Ilmiah. Universitas Pendidikan Indonesia.
Wiratmoko, Ario. 2012. “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Robotika Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di SMK Negeri 3 Yogyakartaâ€. Thesis. Universitas Negeri Yogyakarta.