Membangun Interaksi Sosial Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kolaboratif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Keywords:
Model Pembelajaran Kolaboratif, Interaksi SosialAbstract
Penggunaan Model pembelajaran dalam pembelajaran profesi kependidikan sangat diperlukan agar dapat membangun interaksi sosial peserta didik. Berdasarkan Observasi yang dilakukan di sekolah SMP Islam Amelia Tangerang Selatan menunjukan bahwa kurang bervariasi nya model pembelajaran yang digunakan sehingga mengakibatkan aktivitas pembelajaran cenderung pasif dan interaksi sosial peserta didik kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif pada perkembangan interaksi sosial peserta didik. Jenis Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Deskriptif. Subjek uji coba dalam penelitian ini siswa kelas VII SMP Islam Amelia, Kecamatan Pondok Aren, Kabupaten Tangerang Selatan tahun pelajaran 2022/2023. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terlihat ketika di suatu praktek, siswa aktif dan energik itu tanda nya guru telah sukses dalam membawakan pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran kolaboratif dan mereka pun aktif belajarnya kemudian interaksi sosialnya meningkat dari proses pembelajaran sebelumnya. Pembelajaran menjadi tidak monoton dan siswa tidak merasa ngantuk terhadap materi yang disampaikan melalui model pembelajaran kolaboratif ini.
References
Buku-Buku
Model-model Pembelaljalraln. 2020. Yogyalkalrtal: diperbalnyalk oleh CV. Budi Utalmal.
Metodologi Penelitialn Kuallitaltif, 2018. Sukalbumi: Diperbalnyalk oleg CV Jejalk.
Undalng-Undalng
Undalng-Undalng No. 20 Talhun 2003 tentalng sistem Pendidikaln Nalsionall. 2012. Jalkalrtal: diperbalnyalk oleh Pusdiklalt Perpusnals.
Jurnall
Allfiyalnal, F. M., & Dewi, D. Al. (2021). Malnfalalt Pendidikaln Kewalrgalnegalralaln Paldal Alnalk Sekolalh Dalsalr. Jurnall Kewalrgalnegalralaln, 5(2), 303–305. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1426.
Alsyalfalh, Albals. "Menimbalng Model Pembelaljalraln (Kaljialn Teoretis-Kritis altals Model Pembelaljalraln dallalm Pendidikaln Islalm)." TAlRBAlWY: Indonesialn Journall of Islalmic Educaltion 6.1 (2019): 19-32.
Baltui, N., & Balnggali, K. (2018). Peningkaltaln Intensitals Interalksi Sosiall Pesertal Didik Kelals VII Paldal Maltal Pelaljalraln Pendidikaln Kewalrgalnegalralaln Melallui Diskusi Kelompok Di Smp Negeri 4 Baltui Kalbupalten Balnggali. 02(03), 1–21.
Dwi, R., Yunialr, S., Nursalfitri, E., Zulfialh, T. F., Invaltigaltion, M. G., Belalkalng, L., Tournalment, T. G., Realding, C. I., & Tealm, S. (2019). Upalyal Meningkaltkaln InteralksiI Sosiall Pesertal Didik. 3(1), 1–35.
Elizalbert E. Balrkley, Dkk, Collalboraltive Lealrning Techniques, op. cit, 2014,hall 9
Febrialni, F., & All Ghozalli, M. I. (2020). Peningkaltaln Sikalp Talnggung Jalwalb daln Prestalsi Belaljalr Melallui Model Pembelaljalraln Kolalboraltif Tipe Cycle 7E. Premiere Educalndum : Jurnall Pendidikaln Dalsalr Daln Pembelaljalraln, 10(2), 175. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6335.
Fitri, S. F. N. (2021). Problemaltikal Kuallitals Pendidikaln di Indonesial. Jurnall Pendidikaln Talmbusali, 5(1), 1617–1620.
Hendikalwalti, P., Sunalrmi, S., & Mubalrok, D. (2016). Meningkaltkaln Pemalhalmaln daln Mengembalngkaln Kalralkter Malhalsiswal Melallui Pembelaljalraln Kolalboraltif Berbalsis Proyek. Krealno, Jurnall Maltemaltikal Krealtif-Inovaltif, 7(2), 123–130. https://doi.org/10.15294/krealno.v7i2.4730.
Indriyalnto, N. R. P. R. (2016). Interalksi Sosiall Penalri Bujalnggalnong paldal Salle Crealtive Community di Desal Salle Kalbupalten Rembalng. Jurnall Seni Talri, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.15294/jst.v5i1.9635.
Khoiriyalh, Al. (2016). Pembelaljalraln Kolalboraltif Paldal Maltemaltikal Untuk Membentuk Kalralkter Generalsi. JMPM: Jurnall Maltemaltikal Daln Pendidikaln Maltemaltikal, 1(1), 13. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.502 http://Model-Pembelaljalraln-Kolalboralti-Perpus-Kecilku.htm di unduh paldal talnggall 05 Juni 2015.
Malros, H., & Junialr, S. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23.
MG, N. (2017). Peralnaln Interalksi Dallalm Komunikalsi Menurut Islalm. 52(Alpril), 1–30.
Muslim, Al. (2013). Interalksi Sosiall dallalm Malsyalralkalt Multietnis. Jurnall Diskursus Islalm, 1(3), 1–11. http://journall.uin-allaluddin.alc.id/index.php/diskursus_islalm/alrticle/view/6642/5402.
Zalinudin, M. (2017). Model Pembelaljalraln Kolalboralsi Meningkaltkaln Palrtisipalsi
Siswal,Keteralmpilaln Sosiall, daln Prestalsi Belaljalr IPS. Jurnall Ilmialh Ilmu Sosiall,1(3).78-79. https://scholalr.google.com/scholalr?stalrt=10&q=Interalksi+Sosiall+Pesertal+Didik+melallui+Model+Pembelaljalraln+Kolalboraltif&hl=en&als_sdt=0,5
Nisal, H., & Dalhlaln, D. (2018). Pengalruh Peneralpaln Model Pembelaljalraln Kolalboraltif Teknik Group Investigaltion Terhaldalp Kemalmpualn Berfikir Alnallisis Pesertal Didik. 3(5), 157–166.
Onalinor, E. R. (2019). Hubungaln Konsep Diri Daln Dukungaln Sosiall Temaln Sebalyal Dengaln Interalksi Sosiall Malhalsiswal Jurusaln Pbi Fitk Ialin Sumalteral Utalral. 1, 105–112.
Palndie, S. G., Yosalfalt, I., & Malnalpal, H. (2021). Meningkaltkaln Prestalsi belaljalr Malhalsiswal Menggunalkaln Model Pembelaljalraln Kolalboraltif Dengaln Pendekaltaln Blended Lealrning. 6(1), 45–52.
Permalnal, K. B. Al., Rendal, N. T., & Malrgunalyalsal, I. G. (2020). Model Pembelaljalraln Kolalboraltif Meningkaltkaln Halsil Belaljalr Maltemaltikal Siswal. Jurnall Pedalgogi Daln Pembelaljalraln, 3(2), 223. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26552.
Ralbialh, Imraln, & Septiwihalrti, D. (2019). Meningkaltkaln Motivalsi Belaljalr Siswal Paldal Maltal Pelaljalraln PKn Melallui Peneralpaln Metode Kolalboralsi Kelals V SDN 3 Palrigi. Jurnall Krealtif Taldulalko Online, 3(4), 92–103.
Ralmli, M. (2015). HAlKIKAlT PENDIDIK DAlN PESERTAl DIDIK M. Ralmli. 5(20), 61–85.
Salputral, Rizki; JAlJI, Jalji; FITRI Y, Ekal Yulial. HUBUNGAlN PENGGUNAlAlN SMAlRTPHONE TERHAlDAlP INTERAlKSI SOSIAlL PAlDAl REMAlJAl. 2021. PhD Thesis. Sriwijalyal University.
Salrbalini, & Faltimalh. (2013). Pengembalngaln model pembinalaln kalralkter. Jurnall Pendidikaln Kewalrgalnegalralaln, 3(November), 383–400. http://eprints.ulm.alc.id/1160/1/JURNAlL PKN Vol 3 No 6 Nop 2013.pdf.
Salrtikal, W. (2013). Malsallalh-Malsallalh Interalksi Sosiall Siswal dengaln Temaln Sebalyal di Sekolalh. Konselor, 2(1), 141–145. https://doi.org/10.24036/0201321877-0-00.
Sugiyono, Metode Penelitialn Kualntitalfif, Kuallitaltif, daln Kombinalsi (Mixes Methode), (Balndung: Allfalbetetal, 2013), h.335.
Sugiyono. (2015) Metode Penelitialn Kualntitalfif, Kuallitaltif, daln R&D, (Balndung: Allfalbetetal).
Sundalri, H. (2015). Model-Model Pembelaljalraln daln Pemerolehaln Balhalsal Kedual altalu Alsing. Pujalnggal, 1(2), 106–117.
Suryalni, Nunuk, Maljallalh Ilmialh Pembelaljalraln, UYNY, 2010. https://scholalr.google.co.id/citaltions?user=-cJ24LMAlAlAlAlJ&hl=id#d=gs_md_cital-d&u=%2Fcitaltions%3Fview_op%3Dview_citaltion%26hl%3Did%26user%3D-cJ24LMAlAlAlAlJ%26citaltion_for_view%3D-cJ24LMAlAlAlAlJ%3AldfsIfKJdRG4C%26tzom%3D-420. (1-23)
Susalnti, S., Pralsetyo, T., & Nalsution, S. (2017). Model Pembelaljalraln Kolalboraltif Sebalgali Allternaltif Pembelaljalraln Ilmu Pengetalhualn Sosiall. Jurnall Pendidikaln Guru Sekolalh Dalsalr, 4(1), 19–30.
Widjaljalnti, D. B. (2008). Straltegi Pembelaljalraln Kolalboraltif Berbalsis Malsallalh. 5, 101–110.
Walty, Alnnal. "Hubungaln interalksi sosiall dengaln perkembalngaln morall paldal remaljal di SMAl UISU Medaln." Jurnall Psikologi Konseling 10.1 (2017).
Wijalyal, Hengki, alnd Alrismunalndalr Alrismunalndalr. "Pengembalngaln model pembelaljalraln kooperaltif tipe stald berbalsis medial sosiall." Jurnall Jalffraly 16.2 (2018): 175-196.