Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Peserta Didik Kelas X
Keywords:
Guru PPKn, Sikap NasionalismeAbstract
Sikap Nasionalisme yaitu sebuah sikap cinta terhadap tanah air dan sadar akan keberagaman adat dan budaya yang ada di Indonesia. Karena banyaknya permasalahan yang terjadi saat ini pada kalangan peserta didik mengenai sikap nasionalisme yang mulai memudar seperti tidak khidmat pada saat pelaksanaan upacara bendera, tidak hafal lagu-lagu nasional, tidak hafal Pancasila, kurangnya rasa hormat terhadap orang lain contohnya orang tua dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang meningkatkan sikap nasionalisme peserta didik pada mata pelajaran PPKn, apa saja sikap nasionalisme peserta didik yang sudah diterapkan, bagaimana cara meningkatkan sikap nasionalisme peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas X di SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil penelitian di SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. Narasumber dalam penelitian ini adalah wakasek bidang kurikulum, guru PPKn, dan peserta didik kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap nasionalisme pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan secara keseluruhan sudah tumbuh dikalangan peserta didik, hal ini dapat dilihat dari rasa cinta terhadap tanah air, menjunjung tinggi bangsa Indonesia, bangga sebagai bangsa Indonesia, menggunakan produk dalam negeri, mengikuti upacara bendera dengan khidmat. Meskipun masih ada sebagian peserta didik yang masih kurang mempunyai sikap nasionalisme. Peran guru PPKn dalam meningkatkan sikap nasionalisme peserta didik adalah dengan selalu membimbing dan memberikan nilai nasionalisme serta pesan moral nasionalisme dalam proses belajar mengajar.
References
Sumber Buku :
Arifatul, Etin dan Agus. 2014. "Peran Guru PKn Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa." Jurnal PPKn UNJ Online Vol. 2.
Arifatul, Etin dan Agus. 2014. "Peran Guru PKn Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa." Jurnal PPKn UNJ Online Vol. 2.
Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Budiati, I, and dkk. 2018. Profil Generasi Millennial Indonesia. Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Creswell, J. W. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar.
Dewi, Ita Mutiara. 2008. "Nasionalisme dan Kebangkitan Dalam Teropong." Vol. 3 No. 3:1907-6126.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. "Guru dan Anak Didik." 280. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2001. "Proses Belajar Mengajar." 123-127. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2013. "Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran." Yogyakarta: Pustaka Belajar Offset.
Margono. 2010. "Metodologi Penelitian Pendidikan, Cet. Kedelapan." Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, Lexy. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain System Pembelajaran. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.
Sugiono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Winarno. 2013. "Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan." Jakarta: Sinar Grafika.
Yamin, Martini. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Sumber Jurnal :
Alfaqi, M. Z. 2015. "Memahami Indonesia Melalui Prespektif Nasionalisme, Politik Identitas, Serta Solidaritas." Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 28(2).
Berra, Emellia D. 2018. "“Menanamkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran PKn di SDN 08 Rejang Lebong." Skripsi.
Oktavia, and Sumanto. 2018. "Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Sekolah." Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 2(2): 20-30. https://doi.org/10.31571/PKN.V2I2.955.
Rachman, F, and M Hijran. 2017. Kajian Keteladanan Dalam Memperkuat Pendidikan Indonesia. The 5th University Research Colloquium: Cinta Negeriku,. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan
Rista. 2014. "Peran Guru Dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa “Suatu Penelitian di SMA Negeri 1 Tolangohulaâ€." Universitas Negeri Gorontalo.
Trisandi, Relligius Aprilia. 2013. "PERAN GURU SEJARAH DALAM MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 SLAWI TAHUN AJARAN 2012/2013." Skripsi.
Wuryandani, Wuri. 2010. "Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Untuk Menanamkan Nasionalisme di Sekolah Dasar." Proceding seminar nasional lembaga penelitian UNY.
Sumber Website :
SK Dirjen Dikti No. 38/DIKTI/Kep/2003, Tujuan Pendidikan Pancasila. Accessed Oktober 16, 2022. https://bpip.go.id/berita/1035/571/tujuan-pendidikan pancasila-di-perguruan-tinggi-ketahui-landasannya.html.
SK Dirjen Dikti No. 43/DIKTI/Kep/2006 Tentang Matakuliah Pengembangan Kepribadian. Accessed Oktober 16, 2022. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/SKDirjen43-DIKTI-Kep-2006.pdf
Undang-Undang No.2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://www.bphn.go.id/data/documents/89uu002.pdf.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005.. http://erlinaputrifebriani.blog.unesa.ac.id/undang--undang-tentang -guru atau-dosen.