Strategi Pembelajaran Afektif Dalam Menanamkan Sikap Sosial Peserta Didik

Authors

  • Sinta Sintian Universitas Pamulang
  • Abi Robian Universitas Pamulang

Keywords:

Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Sikap Sosial

Abstract

Berkembangnya strategi pembelajaran di sekolah menjadi suatu tantangan baru bagi guru atau tenaga pendidik dalam memahaminya. Tanpa adanya kemauan untuk mengembangkan strategi pembelajaran akan menjadi dampak menurunnya kualitas peserta didik di bidang akademik. Strategi pembelajaran afektif merupakan sebuah tantangan baru bagi guru untuk membuat peserta didik mengetahui lebih dalam akan sikap dan nilai-nilai sosial di kelas dan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran afektif yang mampu Menanamkan sikap sosial dari peserta didik. Peserta didik diharapkan mampu memiliki sikap sosial yang tinggi di dalam kelas ataupun luar kelas. Metode penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya strategi pembelajaran afektif membuat sikap sosial peserta didik berkembang. Peserta didik mulai mampu bekerja sama secara kelompok dan peserta didikmampu memahami nilai-nilai sosial dan norma di sekolah. Keberhasilan ini dapatsecara langsung membentuk karakter peserta didik lebih menghargai guru, dan teman sebayanya.

References

Ambarsari, D., Budyartati, S., & Chasanatun, T. W. (2020). Strategi pembelajaran afektif dalam membentuk karakter bertanggung jawab siswa kelas 4 SDN Kledokan 1 Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan Tahun ajaran 2019/2020. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 69–77.

Bambang, W. (2017). Model pembelajaran afektif dan psikomotorik al-islam dan kemuhammadiyahan; studi kasus di universitas muhammadiyah ponorogo 1. Prosiding Seminar Nasional Al-Islam Dan Kemuhammadiyah, 99–107. isbn:%0A978-602-361-188-1

Permana, D. S. (2014). Potret Sikap Toleransi Beragama Siswa ( Studi Kasus SMA Negeri 5 Jakarta Pusat Kelas XI ) Dany Setyo Permana , Noor Rachmat, Yusuf Ismail Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani, 10(2), 168–177.

Raya, D. (2020). Internalisasi Karakter Cinta Tanah Air Pada Pelaksanaan Ekstrakulikuler Hizbul Wathan Di SMK Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. S.Literate,J.Indonesia, 274–282.

Ambarsari, D., Budyartati, S., & Chasanatun, T. W. (2020). Strategi pembelajaran afektif dalam membentuk karakter bertanggung jawab siswa kelas 4 SDN Kledokan 1 Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan Tahun ajaran 2019/2020. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 69–77.

Bambang, W. (2017). Model pembelajaran afektif dan psikomotorik al-islam dan kemuhammadiyahan; studi kasus di universitas muhammadiyah ponorogo 1. Prosiding Seminar Nasional Al-Islam Dan Kemuhammadiyah, 99–107. isbn:%0A978-602-361-188-1

Permana, D. S. (2014). Potret Sikap Toleransi Beragama Siswa ( Studi Kasus SMA Negeri 5 Jakarta Pusat Kelas XI ) Dany Setyo Permana , Noor Rachmat, Yusuf Ismail Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani, 10(2), 168–177.

Raya, D. (2020). Internalisasi Karakter Cinta Tanah Air Pada Pelaksanaan Ekstrakulikuler Hizbul Wathan Di SMK Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. S.Literate,J.Indonesia, 274–282.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Sintian, S., & Robian, A. (2023). Strategi Pembelajaran Afektif Dalam Menanamkan Sikap Sosial Peserta Didik. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 3(1), 110–118. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/29395