Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Disiplin Peserta Didik
Keywords:
budaya sekolah, karakter disiplin, peserta didikAbstract
Karakter disiplin adalah sesuatu hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh peserta didik, baik dikeluarga, di lingkungan tempat tinggal, dan khususnya di lingkungan sekolah. Budaya sekolah merupakan himpunan norma- norma, nilai-nilai dan keyakinan, ritual dan upacara, simbol dan cerita yang membentuk persona sekolah. Permasalahan karakter disiplin seperti sudah mengakar didalam dunia pendidikan indonesia karena seringkali ditemui perilaku-perilaku indispliner peserta didik. Budaya sekolah secara tidak langsung dapat membentuk dan membiasakan siswa untuk hidup dan berprilaku sesuai dengan harapan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Budaya Sekolah terhadap Karakter Disiplin Peserta Didik. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode korelasional. Berdasarkan hasil analisa data menggunakan aplikasi IBM SPSS Ver. 22, nilai signifikansi pengaruh Budaya Sekolah (X) terhadap Karakter Disiplin Peserta Didik (Y) adalah 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 6,286 > nilai t tabel 1,665 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh antara Budaya Sekolah dan Karakter Disiplin Peserta Didik secara signifikan. Berdasarkan hasil pengujian koefisien korelasi antara Budaya Sekolah terhadap Karakter Disiplin Peserta Didik mempunyai pengaruh dan arah yang positif yaitu memiliki koefisien korelasi 0,472 dan signifikansi (Sig. 0,000 < 0,05). Artinya terdapat hubungan yang cukup kuat antara Budaya Sekolah dengan Karakter Disiplin Peserta Didik.
References
Arifin, B. &. (2014). Mengelola Sekolah Berbasis Enterpreneurship. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Efianingrum, A. (2016). Kultur Sekolah. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1), 19. https://doi.org/10.22146/jps.v2i1.23404
Gunawan, A. H. (2010). Pendidikan Suatu Analisis Sosiologi Tentang Berbagai Probelem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Haryono, S. (2016). Pengaruh kedisplinan siswa dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelejaran ekonomi. Jurnal ilmiah kependidikan, 256.
Hanum, F. (2013). Sosilologi Pendidikan Edisi Revisi. Yogyakarta: Kanwa Publisher.
Maksudin. (2013). Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.