Strategi Pendidikan Karakter Melalui Budaya 6S (Senyum,Salam,Sapa,Sopan,Santun,Silahturahmi) Sebagai Upaya Pembentukan Watak Kewarganegaraan
Authors
- Susilawati Susilawati Universitas Pamulang
Keywords:
Character Education, Citizenship Character, StudentsAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Guru PKn, kelas XI IPS, Data yang digunakan berupa data kualitatif dari peneliti berupa Strategi Pendidikan Karakter Melalui Budaya 6S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Silahturahmi) Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data. pada penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber data. Teknik analisis data pada penelitian ini melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pendidikan Karakter Melalui Budaya 6S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Silahturahmi) Sebagai Upaya Pembentukan Watak Kewarganegaraan di kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tangerang Selatan yang bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran Stategi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran Pkn terhadap siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tangerang Selatan serta memperbaiki sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran Pkn dan membiasakan menerapkan Budaya 6S di sekolah agar peserta didik mempunyai bekal dan kebiasaan yang positif dimana pun berada.
Hasil Penelitian ini menghasilkan berbagai perspektif dari peserta didik yang mana dalam stategi Pendidikan karakter melalui budaya 6S perlu dilakukan peningkatan tidak hanya dalam pembelajaran saja tetapi juga diluar proses pembelajaran, sehingga dapat mengoptimalkan penerapan budaya 6S disekolah dengan baik. Terutama pada kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tangerang Selatan .