Implementasi Pendidikan Pancasila dan Kewaarganegaraan Dalam Membentuk Kecerdasan Sosial
Keywords:
IMPLEMENTASI, KECERDASAN MORAL, PESERTA DIDIKAbstract
Untuk kemajuan sebuah pendidikan dan akademik di masa sekarang tentunya dibutuhkan suatu penelitian yang dapat mengembangkan pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP ANNUR. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana guru menanamkan kecerdasan moral dan mengimplementasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian adalah implementasi kecerdasan moral di SMP ANNUR perlu dimaksimalkan lagi agar setiap peserta didik mampu beradaptasi dengan baik dimasa depan. Kecerdasan moral peserta didik di SMP ANNUR sudah baik dan masih harus dikembangkan dengan menanamkan kecerdasan moral disekolah dan juga lingkungan keluarga dan masyarakat yang mendukung, agar pembentukan kecerdasan moral peserta didik memiliki kecerdasan moralitas dikehidupan masa depan yang baik dan teratur. Upaya sekolah dalam membentuk kecerdasan moral peserta didik di SMP ANNUR, sekolah berupaya dengan memaksimalkan pada saat pembelajaran formal didalam kelas dengan guru PPKn dan melauli kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang diwajibkan sekolah untuk diikuti peserta didik sebagai upaya dalam pembentukan kecerdasan moral peserta didik diluar jam formal di kelas.
Kata-kata kunci: Implementasi, Kecerdasan Moral, Peserta Didik
Abstract
For the advancement of education and academics in the present, of course, research is needed that can develop education. This research was conducted at ANNUR Middle School. The purpose of this research is to find out how far the teacher instills moral intelligence and implements it. The method used in this study uses a qualitative approach with data collection methods of observation, interviews and documentation. The results of the research are that the implementation of moral intelligence at ANNUR Middle School needs to be maximized again so that each student is able to adapt well in the future. The moral intelligence of students at ANNUR Middle School is good and still needs to be developed by instilling moral intelligence in schools and also a supportive family and community environment, so that the formation of moral intelligence of students has a good and orderly future life. The school's efforts in forming the moral intelligence of students at ANNUR Middle School, the school seeks to maximize formal learning in the classroom with Civics teachers and through extracurricular activities that are required by the school to be followed by students as an effort to form the moral intelligence of students outside formal hours in class.
Keywords: Implementation, Moral Intelligence, Students
References
Boehari, A., & Nurjanah, A. F. (2020). Peran Gru PPKn dalam Membangun Kecerdasan Moral (Moral Quotient) Peserta Didik di SMKN 5 Kota Serang ( studi kasus Deskriptif pada kelas X TBSM 2 dalam Mata Pelajaran PPKn). Pelita Bumi Pertiwi, 1(01), 06-15.
ENCASWATI, R. (2016). UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGRAN PADA PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI)(Penelitian tindakan kelas pada Materi Pancasila sebagai Ideologi terbuka di kelas XII IPS-4 SMA Negeri Jatinangor) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS
Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter. Bandung: alfabeta, 2(1).
Muchtarom, M., Winarno, W., & Suryono, H. (2019). Implementasi penguatan pendidikan karakter untuk mengembangkan kecerdasan moral di Sekolah Menengah Atas. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 4(3), 47-61.
Rahayu, Ani Sri. 2017. Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (PPKn).Jakarta : PT Bumi Aksara.
Agustina, Nora. 2018. PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. Yogyakarta : DEEPUBLISH.
Abidin, R. F., Pitoewas, B., & Adha, M. M. (2015). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi, 3(1).
Rifa, M. A. (2017). Strategi pengembangan kecerdasan moral peserta siswa di sekolah berbasis islamic boarding school. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III p-ISSN, 2598, 5973.
John w. Creswell, “Research Design Pendekatan Kualitatatif, Kuantitatif, dan Mixed†Pustaka Belajar, cet.ke-2, Yogyakarta.
Nurrochman, M.F., D., & Noperman, F. (2014). Hubungan Antara Kecerdasan Moral Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Va Sd Negeri 81 Kota Bengkulu. Universitas Bengkulu.
Mashun, M., and Wahyuni,S. (2022). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAN (PPKN) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI SMK NMTEMBENG PUTIK TAHUN PELAJARAN 2012/2022. AT-TABIR: Jurnal Managemen Pendidikan Islam,2(1), 39-49.
Gulo,R.P., Sisi, S., & Zega, Y. A. (2023). Upaya Edukatif-Pedagogis Tentang Signifikansi Pendidikan Kecerdasan Moral Bagi Anak Usia Dini di Dusun Meramun. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2023, 2.2: 55-67.
Sudirman, S. (2022). Peranan Pembelajaran PPKn dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa. Jurnal Edukasi, 2022, 2(1) : 10-20.
Bhughe, K.I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalamPembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 2022, 19.2: 113-125.
Setiawan, D. (2013). Peran pendidikan karakter dalam mengembangkan kecerdasan moral. Jurnal Pendidikan Karakter, 2013, 4.1.
Rahman, A. (2019). Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Peserta Didik. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2019, 3.2: 13-26