Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam membentuk kedisiplinan Peserta Didik Kelas VII di SMP Annur Kota Tangerang Selatan
Keywords:
Guru, PPKN, Kedisiplinan, Peserta DidikAbstract
Kedisiplinan belajar peserta didik di sekolah merupakan kunci yang dapat mewujudkan kondisi belajar menjadi lebih optimal dan kondusif. Idealnya peserta didik yang mengikuti pembelajaran mempunyai perhatian yang baik pada saat belajar, misalnya seperti mematuhi tata tertib sekolah, menepati jadwal atau waktu, dapat berpartisipasi aktif, memiliki kesopanan dalam belajar, dan memiliki kehadiran yang baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta didik Kelas Vll di SMP ANNUR agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal oleh peserta didik di SMP ANNUR. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu guru pendidikan kewarganegaraan, dan sepuluh peserta didik kelas VII SMP ANNUR. Dalam proses untuk mendapatkan data yaitu mengenai Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VII di SMP ANNUR, peneliti menggunakan instrumen observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Guru pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) sudah memenuhi kewajibannya dalam perannya.Downloads
Published
2023-09-25
How to Cite
Nurmala, V. (2023). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam membentuk kedisiplinan Peserta Didik Kelas VII di SMP Annur Kota Tangerang Selatan. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 3(2), 171–177. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/33693
Issue
Section
Articles