Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intelectual) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Authors

  • Shania Dwi Sandi Universitas Pamulang
  • Ahmad Nana Mahmur Mulyana Universitas Pamulang

Keywords:

Model Pembelajaran SAVI, Hasil Belajar, PPKn

Abstract

Pada dasarnya Pendidikan setiap Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta
kuantitas guna mencapai aspek perbaikan untuk kemajuan secara berkelanjutan dengan mengelola sistem
untuk mengetahui potensi yang dimiliki oleh peserta didik yang selanjutnya apabila terdapat permasalahan
yang terjadi maka akan dilakukan evaluasi sebagai bahan untuk perbaikan dan akan dikembangkan
Kembali untuk meningkatkan mutu dalam Pendidikan kedepannya. Berdasarkan pengamatan peneliti
pada salah satu lembaga Pendidikan SMA ISLAM AL-MUKHLISHIN terdapat cukup banyak peserta
didik yang masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), Peserta didik masih pasif dalam
proses kegiatan belajar mengajar, Proses kegiatan belajar mengajar yang monoton Padahal sebenarnya
dalam pelajaran PPKn ini akan membantu untuk berpikir kritis, sadar tanggung jawab, juga sebagai ajang
untuk melatih serta menambah pengetahuan tentang Indonesia juga dapat membentuk karakter yang lebih
bertanggung jawab, disiplin, dan dapat menumbuhkan rasa nasionalisme. Tujuan penelitian ini adalah
untuk dapat menigkatkan hasil belajar untuk dapa mencapai kriteria ketuntasan minimum. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian pendekatan semu dengan menggunakan
Post-Test Only Control Design. dengan jumlah populasi yang digunakan sebanyak 194 peserta didik dan
sampel sebanyak 38 peserta didik, dengan Teknik penelitian menggunakan Instrumen Tes. Instrumen tes
yang digunakan yaitu kisi-kisi soal dan soal tes Sebelum digunakan, ketiga instrumen tersebut harus valid
dan reliabel dengan dihitung uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya bedanya. Teknik
analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan analisis data inferensial dengan uji prasyarat dan hipotesis
sebagai analisis data pemahaman menggunakan Independent sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa Berdasarkan hasil uji prasyarat pada tabel Independent sampel test untuk uji levene’s test for
equality of varians menunjukan kedua data dengan nilai sig 0.928 > 0.05. sehingga menunjukan data
posttest hasil belajar homogen (Aqual variance assumed). Selanjutnya untuk uji t test for equality of means
menggunakan data equal variances assumed dengan nilai t 2.303, df =36 dengan tingkat Sig.(2 tailed =
0.027). karena nilai 0.027 < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. maka model pembelajaran SAVI yang
diterapkan kepada siswa dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan
kewarganegaraan di SMA Islam Al-Mukhlishin.

Author Biography

Shania Dwi Sandi, Universitas Pamulang

Universitas PamulangProdi PPKN

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Sandi, S. D., & Mulyana, A. N. M. (2023). Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intelectual) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 3(2), 198–204. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/33734