Implementasi kegiatan Pramuka Sebagai Sarana Meningkatkan Kedisiplinan Pada Peserta Didik
Keywords:
Implementasi, Kegiatan Pramuka, KedisiplinanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan pramuka sebagai sarana meningkatkan kedisiplinan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, pengkodean (coding), penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kegiatan pramuka sebagai sarana meningkatkan kedisiplinan secara umum sudah cukup baik dilaksanakan. Pelatih memberikan materi kepada peserta didik, setelah penyajian materi, peserta didik memiliki kesempatan untuk menerapkannya dalam praktek. Kegiatan-kegiatan pramuka dapat meningkatkan kedisiplinan melalui latihan baris berbaris, Upacara, kegiatan berkemah, lomba keterampilan pramuka, gerak jalan, penugasan kelompok dan kegiatan lainnya. Hal tersebut dapat dilihat dari disiplin dalam waktu bahwa peserta didik harus bisa mengelola waktu dengan baik di sekolah maupun diluar sekolah. Disiplin berpakaian bahwa peserta didik harus menggunakan pakaian sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh sekolah. Disiplin belajar bahwa peserta didik harus lebih termotivasi untuk belajar secara tekun dan disiplin dalam lingkungan bahwa harus selalu menja lingkungan sekolah agar menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif.
References
A. Tabrani Rusyan. 2013. Membangun Disiplin
Karakter Anak Bangsa. Jakarta: PT.
Pustaka Dinamika.
Anton Kristiadi. 2014. Ensiklopedia PrajaMuda
Karana Indonesia: Mengenal
GerakanPramuka dan Kepanduan.
Surakarta: PT. Borobudur Inspira
Nusantara
Asmani. 2016. Panduan InternalisasiPendidikan
Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva
Press.
Daryanto & Darmiatun, S. 2013. Implementasi
Pendidikan Karakter di Sekolah.
Yogyakarta: Gava Media.
Firmansyah, Agus Zuli. 2015. Panduan Resmi
Pramuka. Jakarta selatan: wahyu media.
Meolong, J Lexy. 2017. Metode Penelitian
Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif
untuk Penelitian yang Bersifat
Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan
Konstruktif. Bandung: Alfabeta.
Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu
Pendidikan Teologi. Sekolah Tinggi
Theologia Jaffray.
Yusuf, Jaenudin dan Rustini, Tini. 2016.
Panduan Wajib Pramuka. Jakarta
Selatan: Bmedia.
JURNAL
Alam, D. R., & Jaedun, A. (2017). Pengaruh
Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka
Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Xi
Jurusan Teknik Gambar Bangunan Di
Smknegeri 2 Wonosari. Jurnal
Elektronik Pendidikan Teknik Sipil
(JEPTS), 5(5), 8-14.
Arista, S Aprilia. 2021. Manajemen
Ekstrakurikuler Pramuka dalam
Membentuk Kedisiplinan Peserta didik
di SMP Negeri 35 Medan. Skripsi.
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Medan.
Koti, S. 2020. Implementasi Kegiatan
Ekstrakurikuler Pramuka dalam
Membentuk Karakter Disiplin Siswa di
Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Kota
Malang (Doctoral dissertation,
Universitas Islam Malang).
Kwarnas Gerakan Pramuka, Keputusan
Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka
Tentang Anggaran Rumah Tangga
(ART). (Semarang:2013)
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa (JMKB)
Vol. 3 No. 9 Tahun (2023)
p-ISSN 2809-5154
e-ISSN 2809-5057
Lutfiatuzaahroh. 2018. Peran Kegiatan
Kepramukaan dalam Meningkatkan
Kedisiplinan Peserta didik di Man 1
Kota Bogor. Skripsi. Universitas Islam
Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mahardhika, Y. (2017). Implementasi Nilai
Kedisiplinan dalam Pendidikan
Karakter melalui Ekstrakulikuler
Pramuka di SMA N 7 Surakarta.
SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend.
Sos Ant, 5(2).
Monika, N A Febby. 2020. Implementasi
Program Pramuka
dalam Meningkatkan
Disiplin Peserta didik Pada Kegiatan
Pramuka SMP Islam Sinar Cendekia
Serpong Tangsel Banten. Skripsi.
Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Muhammad Rifa’i. 2018. ManajemenPeserta
Didik (Pengelolaan Peserta Didik
Untuk
Efektivitas
Pembelajaran). Medan: CV. Widya
Puspita.
Mukhlis, M Imam. 2016. Implementasi
Kegiatan Pramuka
dalam Membentuk
Katakter Disiplin Peserta didik
Anggota Gerakan Pramuka di Sekolah
Dasar Negeri Sukun 3 Malang.
Skripsi. Universitas Islam Negeri
Maulana Malik Ibrahim Malang.
Noviyanti, D Rizki. 2021. Implementasi
sikap toleransi antar umat beragama
di Pasar Sentiong. Skripsi,
Universitas Pamulang.
Putra, P. A., Ginanjar, M. H., &
Heriyansyah, H. (2021).
Implementasi manajemen
ekstrakulikuler pramuka dalam
meningkatkan kedisiplinan peserta
idik di SMK IT nurul huda cianjur.
Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah
Rismayanti. 2015. Peran Upacara Tradisi
Keagamaan dalam Pengembangan
Solidaritas Sosial. Publikasi Ilmiah.
Universitas Pendidikan Indonesia.
Saona, S. 2022. Implementasi Kegiatan
Pramuka Dalam Membentuk
Karakter Disiplin Siswa Anggota
Gerakan Pramuka MAN 3 Kabupaten
Cirebon Buntet Pesantren. Edunity:
Social and Educational Studies,
(01), 18-26.
SUMBER HUKUM
Kwartir Nasional Nomor 178 Tahun 1979
yaitu tentang
Petunjuk
Penyelenggaraan Upacara dalam
Gerakan Pramuka
Kwartir Nasional Pasal 9 ayat (1) menjelaskan
Metode kepramukaan
Peraturan Menteri dan kebudayaan Nomor
tahun 2014 tentang Pendidikan
Kepramukaan Sebagai Kegiatan
Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar
dan PendidikanMenengah.
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010
Tentang Gerakan Pramuka.
Undang-Undang Nomor. 20 Tahun 2003
Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Robiah Adawiyah, Endang Prastini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.