Implementasi kegiatan Pramuka Sebagai Sarana Meningkatkan Kedisiplinan Pada Peserta Didik

Authors

  • Robiah Adawiyah Universitas Pamulang
  • Endang Prastini Universitas Pamulang

Keywords:

Implementasi, Kegiatan Pramuka, Kedisiplinan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan pramuka sebagai sarana meningkatkan kedisiplinan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, pengkodean (coding), penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kegiatan pramuka sebagai sarana meningkatkan kedisiplinan secara umum sudah cukup baik dilaksanakan. Pelatih memberikan materi kepada  peserta didik, setelah  penyajian  materi,  peserta didik  memiliki  kesempatan  untuk  menerapkannya dalam praktek. Kegiatan-kegiatan pramuka dapat meningkatkan kedisiplinan melalui latihan baris berbaris, Upacara, kegiatan berkemah, lomba keterampilan pramuka, gerak jalan, penugasan kelompok dan  kegiatan  lainnya. Hal tersebut dapat dilihat dari disiplin dalam waktu bahwa peserta didik harus bisa mengelola waktu dengan baik di sekolah maupun diluar sekolah. Disiplin berpakaian bahwa peserta didik harus menggunakan pakaian sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh sekolah. Disiplin belajar bahwa peserta didik harus lebih termotivasi untuk belajar secara tekun dan disiplin dalam lingkungan bahwa harus selalu menja lingkungan sekolah agar menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif.

Author Biography

Robiah Adawiyah, Universitas Pamulang

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

References

A. Tabrani Rusyan. 2013. Membangun Disiplin

Karakter Anak Bangsa. Jakarta: PT.

Pustaka Dinamika.

Anton Kristiadi. 2014. Ensiklopedia PrajaMuda

Karana Indonesia: Mengenal

GerakanPramuka dan Kepanduan.

Surakarta: PT. Borobudur Inspira

Nusantara

Asmani. 2016. Panduan InternalisasiPendidikan

Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva

Press.

Daryanto & Darmiatun, S. 2013. Implementasi

Pendidikan Karakter di Sekolah.

Yogyakarta: Gava Media.

Firmansyah, Agus Zuli. 2015. Panduan Resmi

Pramuka. Jakarta selatan: wahyu media.

Meolong, J Lexy. 2017. Metode Penelitian

Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif

untuk Penelitian yang Bersifat

Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan

Konstruktif. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu

Pendidikan Teologi. Sekolah Tinggi

Theologia Jaffray.

Yusuf, Jaenudin dan Rustini, Tini. 2016.

Panduan Wajib Pramuka. Jakarta

Selatan: Bmedia.

JURNAL

Alam, D. R., & Jaedun, A. (2017). Pengaruh

Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka

Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Xi

Jurusan Teknik Gambar Bangunan Di

Smknegeri 2 Wonosari. Jurnal

Elektronik Pendidikan Teknik Sipil

(JEPTS), 5(5), 8-14.

Arista, S Aprilia. 2021. Manajemen

Ekstrakurikuler Pramuka dalam

Membentuk Kedisiplinan Peserta didik

di SMP Negeri 35 Medan. Skripsi.

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Medan.

Koti, S. 2020. Implementasi Kegiatan

Ekstrakurikuler Pramuka dalam

Membentuk Karakter Disiplin Siswa di

Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Kota

Malang (Doctoral dissertation,

Universitas Islam Malang).

Kwarnas Gerakan Pramuka, Keputusan

Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka

Tentang Anggaran Rumah Tangga

(ART). (Semarang:2013)

Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa (JMKB)

Vol. 3 No. 9 Tahun (2023)

p-ISSN 2809-5154

e-ISSN 2809-5057

Lutfiatuzaahroh. 2018. Peran Kegiatan

Kepramukaan dalam Meningkatkan

Kedisiplinan Peserta didik di Man 1

Kota Bogor. Skripsi. Universitas Islam

Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mahardhika, Y. (2017). Implementasi Nilai

Kedisiplinan dalam Pendidikan

Karakter melalui Ekstrakulikuler

Pramuka di SMA N 7 Surakarta.

SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend.

Sos Ant, 5(2).

Monika, N A Febby. 2020. Implementasi

Program Pramuka

dalam Meningkatkan

Disiplin Peserta didik Pada Kegiatan

Pramuka SMP Islam Sinar Cendekia

Serpong Tangsel Banten. Skripsi.

Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Muhammad Rifa’i. 2018. ManajemenPeserta

Didik (Pengelolaan Peserta Didik

Untuk

Efektivitas

Pembelajaran). Medan: CV. Widya

Puspita.

Mukhlis, M Imam. 2016. Implementasi

Kegiatan Pramuka

dalam Membentuk

Katakter Disiplin Peserta didik

Anggota Gerakan Pramuka di Sekolah

Dasar Negeri Sukun 3 Malang.

Skripsi. Universitas Islam Negeri

Maulana Malik Ibrahim Malang.

Noviyanti, D Rizki. 2021. Implementasi

sikap toleransi antar umat beragama

di Pasar Sentiong. Skripsi,

Universitas Pamulang.

Putra, P. A., Ginanjar, M. H., &

Heriyansyah, H. (2021).

Implementasi manajemen

ekstrakulikuler pramuka dalam

meningkatkan kedisiplinan peserta

idik di SMK IT nurul huda cianjur.

Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah

Rismayanti. 2015. Peran Upacara Tradisi

Keagamaan dalam Pengembangan

Solidaritas Sosial. Publikasi Ilmiah.

Universitas Pendidikan Indonesia.

Saona, S. 2022. Implementasi Kegiatan

Pramuka Dalam Membentuk

Karakter Disiplin Siswa Anggota

Gerakan Pramuka MAN 3 Kabupaten

Cirebon Buntet Pesantren. Edunity:

Social and Educational Studies,

(01), 18-26.

SUMBER HUKUM

Kwartir Nasional Nomor 178 Tahun 1979

yaitu tentang

Petunjuk

Penyelenggaraan Upacara dalam

Gerakan Pramuka

Kwartir Nasional Pasal 9 ayat (1) menjelaskan

Metode kepramukaan

Peraturan Menteri dan kebudayaan Nomor

tahun 2014 tentang Pendidikan

Kepramukaan Sebagai Kegiatan

Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar

dan PendidikanMenengah.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010

Tentang Gerakan Pramuka.

Undang-Undang Nomor. 20 Tahun 2003

Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Adawiyah, R., & Prastini, E. (2024). Implementasi kegiatan Pramuka Sebagai Sarana Meningkatkan Kedisiplinan Pada Peserta Didik. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 4(1), 55–62. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/33998