Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa

Authors

  • Amanda Lukstianin Putri Fakultas Keguruan Ilmu pengetahuan

Keywords:

Profil pelajar Pancasila, : Penerapan, Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, PPKN

Abstract

Pembangunan nasional bidang pendidikan guru dituntut memiliki peranan aktif, kreatif, mandiri,
bertanggung jawab, berilmu pengetahuan, serta memiliki potensi yang dapat mempengaruhi maju
nya pendidikan yang berkualitas. Dimana potensi yang menciptakan anak didiknya cerdas dan
mampu berperilaku baik dalam kehidupan yang akan datang. Implementasi dari hal tersebut guru
harus menjadi model untuk menjadikan pendidikan yang berbasis karakter yaitu tidak
meninggalkan kearifan budaya lokal nasional. Penerapan pendidikan karakter merupakan usaha
untuk menumbuhkan akhlak yang baik seperti memperbaiki tata cara bersikap, berbicara dan
bertindak. Disebut pendidikan karakter apabila kegiatan ini dilakukan melalui beberapa tahapan
yang menciptakan proses dimulai dari pembiasaan sederhana yang diterapkan dalam peraturan
sekolah, siswa di ajarkan untuk selalu beriman kepada tuhan YME, mencintai lingkungan nya,
dapat disiplin dan bertanggung jawab. Untuk itu mata pelajaran PPKn sangat penting dipelajari
untuk membentuk siswa yang memiliki jiwa pancasila. Program kurikulum merdeka yaitu Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang diterapkan di sekolah ini sangat memberikan wawasan
luas terkait pengembangan pendidikan karakter di sekolah. Pendekatan penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan, mengungkapkan dan menegaskan data dalam 3 teknik
yaitu adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya
projek penguatan profil pelajar pancasila di SMP Negeri 2 Bojong Gede sangat membentuk
karakter siswa. Perkembangannya ke arah lebih baik juga sudah berjalan. Hal ini terlihat dari
kesadaran mereka mengenai penting nya berkarakter mulia untuk di gunakan pada kehidupan yang
akan datang. Adapun implementasi terealisasikannya program ini dilihat dari beberapa kegiatan
yang sudah dilakukan dengan semangat nya mereka berpartisipasi pada program sekolah yang di
terapkan seperti mengusungkan tema, beriman kepada tuhan YME, kearifan lokal, gaya hidup
berkelanjutan, dan adawiyata menuju terciptanya kesejahteraan manusia. Adapun hal tersebut
merupakan upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk mengenalkan keenam kunci dalam projek
penguatan profil pelajar pancasila

Author Biography

Amanda Lukstianin Putri, Fakultas Keguruan Ilmu pengetahuan

Pendidikan

References

Badan standar kurikulum dan asesmen

pendidikan kemeterian pendidikan

kebudayaan riset dan teknologi republik

Indonesia. “ dimensi elemen dan

subelemen profil pelajar pancasila pada

kurikulum merdeka”

By Imran Tululi, S.Pd, M.Pd 24 Nov 2022,

:32:24 “ Profil Pelajar Pancasila “

Guru Penggerak hlm. 01

Dalmeri Pendidikan Untuk Pengembangan

Karakter Universitas Indraprasta PGRI

Jakarta, hlm.03

Dini Irawati1 , Aji Muhamad Iqbal2 , Aan

Hasanah3 , Bambang Samsul Arifin4 *

Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya

Mewujudkan Karakter Bangsa,

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung

Djati Bandung, Indonesia hlm. 1

Djam‟an Satori dan Aan Komariah,

Metodologi Penelitian Kualitatif,

(Bandung: Alfabeta, 2010), hal. 22

Iman Gunawan, Metode Penellitian Kualitatif

Teori dan Praktik, (Jakarta: PT Bumi

Aksara, 2013), hal. 88

Iskandar, Metode Penelitian Pendidikan dan

Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif)

(Jakarta: Gaung Persada Press, 2009),h.

-218

Maksudin.PendidikanKarakterNon-Dikotomik

(Yogyakarta:Pustaka Pelajar.2013), hlm.

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian

Pendidikan(Cet II: Bandung : Remaja Rosda

Karya, 2006),h.220

Jito Subianto LPPG (Lembaga Peningkatan

Profesi Guru), Jawa Tengah, Indonesia

Vol. 8 No. 2, Agustus 2013 hlm. 05

Peraturan Kemendikbud No 22 Tahun

Saifurrohman 2014, Pendidikan Berbasis

Karakter Vol. II. No. 2. Jull - Desember

hlm. 02

Sanapiah Faisal, Penelitian Kualitatif DasarDasar dan Aplikasinya

(Malang:IKIP, 1990), hlm. 74

Sarah Wulan, S. Ag, M.Pd Hakikat

PendidikanKarakter

Sintong Silaban (ed.). 1993. Pendidikan

Indonesia Dalam Pandangan Lima

BelasTokoh Pendidikan Swasta, Bagian

IV, Jakarta: Dasamedia Utama, h., 65

pendidikan

Sukandarrumidi, Metodologi Petunjuk Praktis

untuk Peneliti Pemula, (Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press,

,hal.280

Tertuang dalam Permendikbudristek Nomer.

/H/KR/2022 tentang profil pelajar

pancasila

Undang-undang No.20 Tahun 2003

Wahdi Sayuti, Selayang Pandang Civic

Education 2009 hlm. 1

Bakri uma Tahapan Pengembangan Karakter

di Indonesia di Universitas Medan Area,

diakses pada 11 Juni 2023 pukul

30

Bentuk Penyimpang Pancasila diakses dari

https://radarjambi.co.id/read/2021/07/19/

/minimnya-pendidikankarater-siswa/, pada tanggal 15 Mei 2019

pukul 13.15

Faozan Tri Nugroho, Pengertian Wawacara

dan jenis – jenis nya. Diakses pada

Bola.com.Jakarta diakses pada tanggal 9

juli 2023

Ibid"

Nilai Karakter dalam PPKn, diakses dari

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Amanda Lukstianin Putri. (2024). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 4(1), 88–101. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/34119