Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa
Keywords:
Profil pelajar Pancasila, : Penerapan, Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, PPKNAbstract
Pembangunan nasional bidang pendidikan guru dituntut memiliki peranan aktif, kreatif, mandiri,
bertanggung jawab, berilmu pengetahuan, serta memiliki potensi yang dapat mempengaruhi maju
nya pendidikan yang berkualitas. Dimana potensi yang menciptakan anak didiknya cerdas dan
mampu berperilaku baik dalam kehidupan yang akan datang. Implementasi dari hal tersebut guru
harus menjadi model untuk menjadikan pendidikan yang berbasis karakter yaitu tidak
meninggalkan kearifan budaya lokal nasional. Penerapan pendidikan karakter merupakan usaha
untuk menumbuhkan akhlak yang baik seperti memperbaiki tata cara bersikap, berbicara dan
bertindak. Disebut pendidikan karakter apabila kegiatan ini dilakukan melalui beberapa tahapan
yang menciptakan proses dimulai dari pembiasaan sederhana yang diterapkan dalam peraturan
sekolah, siswa di ajarkan untuk selalu beriman kepada tuhan YME, mencintai lingkungan nya,
dapat disiplin dan bertanggung jawab. Untuk itu mata pelajaran PPKn sangat penting dipelajari
untuk membentuk siswa yang memiliki jiwa pancasila. Program kurikulum merdeka yaitu Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang diterapkan di sekolah ini sangat memberikan wawasan
luas terkait pengembangan pendidikan karakter di sekolah. Pendekatan penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan, mengungkapkan dan menegaskan data dalam 3 teknik
yaitu adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya
projek penguatan profil pelajar pancasila di SMP Negeri 2 Bojong Gede sangat membentuk
karakter siswa. Perkembangannya ke arah lebih baik juga sudah berjalan. Hal ini terlihat dari
kesadaran mereka mengenai penting nya berkarakter mulia untuk di gunakan pada kehidupan yang
akan datang. Adapun implementasi terealisasikannya program ini dilihat dari beberapa kegiatan
yang sudah dilakukan dengan semangat nya mereka berpartisipasi pada program sekolah yang di
terapkan seperti mengusungkan tema, beriman kepada tuhan YME, kearifan lokal, gaya hidup
berkelanjutan, dan adawiyata menuju terciptanya kesejahteraan manusia. Adapun hal tersebut
merupakan upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk mengenalkan keenam kunci dalam projek
penguatan profil pelajar pancasila
References
Badan standar kurikulum dan asesmen
pendidikan kemeterian pendidikan
kebudayaan riset dan teknologi republik
Indonesia. “ dimensi elemen dan
subelemen profil pelajar pancasila pada
kurikulum merdeka”
By Imran Tululi, S.Pd, M.Pd 24 Nov 2022,
:32:24 “ Profil Pelajar Pancasila “
Guru Penggerak hlm. 01
Dalmeri Pendidikan Untuk Pengembangan
Karakter Universitas Indraprasta PGRI
Jakarta, hlm.03
Dini Irawati1 , Aji Muhamad Iqbal2 , Aan
Hasanah3 , Bambang Samsul Arifin4 *
Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya
Mewujudkan Karakter Bangsa,
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung
Djati Bandung, Indonesia hlm. 1
Djam‟an Satori dan Aan Komariah,
Metodologi Penelitian Kualitatif,
(Bandung: Alfabeta, 2010), hal. 22
Iman Gunawan, Metode Penellitian Kualitatif
Teori dan Praktik, (Jakarta: PT Bumi
Aksara, 2013), hal. 88
Iskandar, Metode Penelitian Pendidikan dan
Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif)
(Jakarta: Gaung Persada Press, 2009),h.
-218
Maksudin.PendidikanKarakterNon-Dikotomik
(Yogyakarta:Pustaka Pelajar.2013), hlm.
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian
Pendidikan(Cet II: Bandung : Remaja Rosda
Karya, 2006),h.220
Jito Subianto LPPG (Lembaga Peningkatan
Profesi Guru), Jawa Tengah, Indonesia
Vol. 8 No. 2, Agustus 2013 hlm. 05
Peraturan Kemendikbud No 22 Tahun
Saifurrohman 2014, Pendidikan Berbasis
Karakter Vol. II. No. 2. Jull - Desember
hlm. 02
Sanapiah Faisal, Penelitian Kualitatif DasarDasar dan Aplikasinya
(Malang:IKIP, 1990), hlm. 74
Sarah Wulan, S. Ag, M.Pd Hakikat
PendidikanKarakter
Sintong Silaban (ed.). 1993. Pendidikan
Indonesia Dalam Pandangan Lima
BelasTokoh Pendidikan Swasta, Bagian
IV, Jakarta: Dasamedia Utama, h., 65
pendidikan
Sukandarrumidi, Metodologi Petunjuk Praktis
untuk Peneliti Pemula, (Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press,
,hal.280
Tertuang dalam Permendikbudristek Nomer.
/H/KR/2022 tentang profil pelajar
pancasila
Undang-undang No.20 Tahun 2003
Wahdi Sayuti, Selayang Pandang Civic
Education 2009 hlm. 1
Bakri uma Tahapan Pengembangan Karakter
di Indonesia di Universitas Medan Area,
diakses pada 11 Juni 2023 pukul
30
Bentuk Penyimpang Pancasila diakses dari
https://radarjambi.co.id/read/2021/07/19/
/minimnya-pendidikankarater-siswa/, pada tanggal 15 Mei 2019
pukul 13.15
Faozan Tri Nugroho, Pengertian Wawacara
dan jenis – jenis nya. Diakses pada
Bola.com.Jakarta diakses pada tanggal 9
juli 2023
Ibid"
Nilai Karakter dalam PPKn, diakses dari
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amanda Lukstianin Putri Lukstiani putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.