Minat Peserta Didik Kelas XII SMA PGRI 83 Legok Kabupaten Tangerang Dalam Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi

Authors

  • Melisa Esmi Universitas Pamulang
  • Abd Chaidir Marasabessy Universitas Pamulang

Abstract

Perguruan tinggi adalah pendidikan dengan segala macam bentuk penyelenggaraannya yang bertujuan untuk mempersiapkan individu agar memiliki kemampuan akademik dan professional. Minat peserta didik dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi tentu cukup beragam. Ada peserta didik yang memiliki minat tinggi, rendah, bahkan ada yang sama sekali tidak berminat. Kondisi ini sebenarnya tidak terlepas dari berbagai macam faktor-faktor. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat peserta didik kelas xii SMA PGRI 83 legok kabupaten tangerang dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi, serta faktor pendorong dan penghambat apa saja yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitiannya yaitu studi kasus dengan teknik dan instrument pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data melalui triangulasi sumber. Didukung teknik analisis data melalui reduksi data, pengkodean data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minat peserta didik SMA PGRI 83 Legok Kabupaten Tangerang
dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi masih tergolong sangat rendah atau kurang, mengingat jumlah peserta didik yang tidak melanjutkan lebih banyak dari pada peserta didik yang melanjutkan pendidikannya. Dalam hal ini faktor penghambat peserta didik SMA PGRI 83 Legok Kabupaten Tangerang tidak melanjutkan studi ke perguruan yaitu karena keterbatasan ekonomi, yang dimana mereka lebih memilih bekerja untuk menghasilkan uang agar bisa membantu kehidupan orangtuanya. Bagi orang tua yang memiliki kondisi perekonomian berkecukupan mungkin tidak jadi masalah, tetapi berbeda dengan orang tua yang memiliki kondisi perekonomian rendah itu dapat menjadi kendala yang utama Adapun untuk faktor pendorong bagi peserta didik yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi yaitu umumnya karena kemauan peserta didik itu sendiri, dimana adanya cita-cita tertentu yang
ingin dicapai serta keinginan untuk memperdalam ilmu dan mengasah keterampilan agar dapat memperoleh pekerjaan yang mapan sesuai dengan keinginan peserta didik. Selain itu dalam hal ini lingkungan sekitar seperti keluarga, sekolah, dan teman selalu mendukung minat peserta didik dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Author Biographies

Melisa Esmi, Universitas Pamulang

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

Abd Chaidir Marasabessy, Universitas Pamulang

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

References

Republik Indonesia. (2003). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Nomor 66 Tahun 2010 Pasal 1 Ayat (13).

Alfurqon, H. S. (2012). Minat Siswa SMK Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2021. Jurnal Pendidikan.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Aziz, A., & Hartomo. (2004). Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dela, V. L., & Kholilah. (2019). Minat Remaja Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Ditinjau Dari Kondisi Ekonomi Keluarga Di Desa Manyabar Kecamatan Panyabungan. Jurnal Wahana Konseling.

Djaali. (2021). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djam'an, S., & Komariah, A. (2013). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Emzir. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo.

Fadillah, A., Sujana, & Sukartaatmadja, S. (2019). Kajian Minat Studi Lanjut Siswa SMK/SMA Kota Bogor Ke Perguruan Tinggi. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Indonesia.

Guci, F. A. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Untuk

Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Siswa SMA Dan Yang Sederajat Kelas XII Di Kecamatan Mepanga Tahun Ajaran 2020/2021. UNTAD Palu.

Hadi, S. (2003). Pendidikan Suatu Pengantar. Surakarta: UNS Pres.

Harsono. (2008). Pengelolaan Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hartono. (2010). Analisis Item Instrumen. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Husdarta, R. (2010). Metode Dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Indriyanti, N. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Melanjutkan

Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akutansi SMKN 6

Surakarta Tahun 2013. Jurnal Pendidikan UNS, 1-10.

Kamus Besar Bahasa Indonesia . (2008). Jakarta: Balai Pustaka.

Kartono, K. (1996). Pengantar Metide Riset Sosial. Bandung: PT Mandar Maju. Bandung: PT Mandar Maju.

Lilis, S. (2021). Analisis Minat Untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi

Prodi Pendidikan Ekonomi Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu. UIN SUSKA Riau.

Notodihardjo, H. (1990). Pendidikan Tinggi dan Tenaga kerja Tingkat Tinggi di

Indonesia. Jakarta: UI Press.

Pribadi, P. (2010). Hubungan Lingkungan Keluarga Dan Teman Sebaya Dengan Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Sedayu Tauhun Ajaran 2009/2010. Laporan Penelitian UNY.

Purnama, T. D. (2001). Perguruan Tinggi Bermutu. Jakarta: Gramedia.

Purnamasari, I., & Hayati, M. N. (2018). Analisis Deskriptif Pada Faktor-Faktor

Yang Mempengaruhi Minat Siswa Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Tingkat

Perguruan Tinggi. Jurnal Statistika, 114-118.

Republik Indonesia . (2003). Undang-undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 20 Ayat (1).

Republik Indonesia. (1999). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia tentang

Pendidikan Tinggi Nomor 60 Tahun 1999 Pasal 1 Ayat (2).

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat (1).

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 5 Ayat (1) dan (2).

Rini, E. S. (2021). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Prestasi

Belajar Siswa Dengan Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi

Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2011/2012. Universitas Negeri Yogyakarta.

Slameto. (1995). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieka Cipta.

Soekanto, S. (2010). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Suhirno. (2011). Minat Masuk Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Ototronik Di SMK Negeri 1 Seyegen. Universitas Negeri

Yogyakarta.

Sujanto, A. (2001). Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprapto, A. (2007). Minat Masuk Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas III Program Keahlian Teknik Instalasi Listrik Pada SMK Di Purworejo. Laporan Penelitian UNNES.

Suryosubroto. (2004). Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwarno, W. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. Probolinggo: Pakar Raya.

Tampubolon, D. P. (2001). Perguruan Tinggi Bermutu. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Yulianti, N. E. (2015). Minat Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Bolano Lambunu Untuk Melanjutkan Studi Ke Jenjang Perguruan Tinggi. Jurnal Geo Tadulako.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Esmi, M., & Marasabessy, A. C. (2024). Minat Peserta Didik Kelas XII SMA PGRI 83 Legok Kabupaten Tangerang Dalam Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 4(2), 161–169. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/34124