Implementasi Materi Bhinneka Tunggal Ika dalam Keberagaman

Authors

  • Nindya Oktaviani Setiawan
  • Mas Fierna Janvierna Lusie Putri Universitas Pamulang

Keywords:

Implementasi, Bhinneka Tunggal Ika, Keberagaman

Abstract

Dalam materi bhineka tunggal ika itu peserta didik diajarkan banyak hal untuk saling menghargai, cinta tanah air, rasa kesatuan dan persatuan, dan toleransi, dengan adanya materi pembelajaran tersebut agar mendidik siswa menjadi makhluk yang saling bertoleransi. Karena banyak sekarang siswa yang melakukan pembullyan dengan mengejek warna kulit, dan perbedaan budaya yang menyebabkan terjadinya perpecahan antara siswa yang lain. Manfaat materi bhineka tunggal ika dalam keberagaman itu untuk mempersatukan bangsa Indonesia, mempertahankan kesatuan bangsa, mengurangi konflik antar masyarakat yang berbeda budaya, dan agar terciptanya cita-cita negara Indonesia. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

References

Buku

Ahmad Suriansyah. Landasan Pendidikan

(Banjarmasin: Comdes, 2011), hlm.14

Dewantara, K. H. (1967). Ki hadjar dewantara.

Jogjakarta: Majelis Leluhur Taman

Siswa

Nurdin Usman, Konteks Implementasi

Berbasis Kurikulum, Yogyakarta: Insan

Media, 2002, hal. 70

Pendidikan Nasional, M. (2010).

Undang-Undang No 20 Tahun 2003

Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Skripsi / Jurnal

Arifin, Z. (2019). Membangun

Persatuan Dalam Keberagaman

Dalam Perspektif

Islam. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan,

(02).

Dan, P. D. D. S. P. (2017).

Kebudayaan,". Statistik PAUD, 2018.

Giri, I. M. A. (2020). Pendidikan

Karakter Berbasis Budaya Sebagai Solusi

Degradasi Bangsa. Purwadita: Jurnal

Agama dan Budaya, 4(1), 59-66

Iasha, C. (2022). Analysis of the

Implementation of Regent's Regulation

Number 115 of 2017 concerning

Technical Guidelines for the

Implementation of Village Head Elections

in Banyuasin Regency (Case Study:

Kenten Laut Village, Talang Kelapa

District, Banyuasin Regency). Jurnal iso,

(1), 45-54.

Iswari, H. T., Sumardi, S., & Giyartini,

R. Studi Literatur: Peta sebagai Media

Pembelajaran Keragaman Budaya

Indonesia. PEDADID AKTIKA: Jurnal

Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, 8(2), 265-275.

Janice, A. (2014). studi tentang

pelaksanaan tugas dan fungsi badan

Pemberdayaan masyarakat desa (bpmd)

dalam Pembangunan desa di desa tanjung

lapang Kecamatan malinau barat

kabupaten malinau. Jurnal Ilmu

Pemerintahan, 3(3), 20015

Moch. Unis Yadri Kurnia Aji, Titsa

Raky Andjani, Iftah Rohmatul Ummayah

Februari (2016)“Poster indahnya

keberagaman di Indonesia”

Murtafiah,W.(2017). Profil kemampuan

berpikir kreatif mahasiswadalam

mengajukan masalah persamaan

diferensial. JIPM (Jurnal Ilmiah

Pendidikan Matematika), 5(2), 73- 81.

Nilamsari, N. (2014). Memahami studi

dokumen dalam penelitian kualitatif.

Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu

Komunikasi, 13(2), 177-181

Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Vol. 4 No. 1 Maret 2024

p-issn 2809-5154

e-issn 2809-5057

Pasaribu, M. H. (2021). Implementasi Sebuah

Program Berbasis Riset Aksi Dalam

Meningkatkan Kualitas Program.

Education Achievement: Journal of

Science and Research, 38-46.

Pendidikan Nasional, M. (2010). Undang

Undang No 20 tahun 2003 tentang system

pendidikan Nasional

Pertiwi, A. D., & Dewi, D. A. (2021).

Implementasi Nilai Pancasila sebagai

Landasan Bhinneka Tunggal Ika. Jurnal

Kewarganegaraan, 5(1) , 212-221.

Prakas, e. Y. (2021). Penerapan

keselamatan kerja kn. Sar sadewa 231

dalam upaya penyelamatan man over

board pada badan sar nasional (basarnas)

semarang. Karya tulis.

Puspita, R., & Arif, D. B. (2014).

Implementasi Nilai- Nilai Bhinneka

Tunggal Ika di SMA Muhammadiyah

Yogyakarta. Jurnal Citizenship, 4(1), 69.

Putri, faddhila. 2022. “komunikasi antar

budaya dalam mempertahankan

identitas suku melayu di babusalam

kabupaten langkat.”

Ramadhan, fahrudin. N.d. “kajian

sosiolinguistik.”

Rizki amaliani,d. E. B.Y. (2020).

Implementasi materi pembelajaran

tari munalo berbasisblended

learning untuk meningkatkan hasil belajar

siswa di sma negeri 8 takengon

kabupaten ace tengah (doctoral

dissertation, universitas negeri medan).

Rosad, A. M. (2019). Implementasi pendidikan

karakter melalui managemen sekolah.

Tarbawi: Jurnal Keilmuan

Manajemen Pendidikan, 5(02), 173-190.

Rosana, E. (2017). Dinamisasi

kebudayaan dalam realitas sosial. Al

Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 12(1),

30

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019).

Metode penelitian kualitatif di bidang

pendidikan. Journal of Chemical

Information and Modeling, 53(9), 1-228.

Sita, P. S. (2013). Pengaruh

Kebudayaan Asing Terhadap Kebudayaan

Indonesia Di Kalangan Remaja. Surabaya:

its.

Soendari, T. (2012). Metode Penelitian

Deskriptif. Bandung, UPI.

Stuss, Magdalena & Herdan, Agnieszka, 17.

Suasta, I. W. (2021). Moderasi

beragama dalam keberagaman

dimasa covid-19 “pandangan pendidikan

hindu”. JAPAM (Jurnal Pendidikan

Agama), 1(2), 84-93.

Sugiyono, “Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D” Alfabeta

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Setiawan, N. O., & Mas Fierna Janvierna Lusie Putri. (2024). Implementasi Materi Bhinneka Tunggal Ika dalam Keberagaman. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 4(1), 30–37. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/35053