Implementasi Materi Bhinneka Tunggal Ika dalam Keberagaman
Keywords:
Implementasi, Bhinneka Tunggal Ika, KeberagamanAbstract
Dalam materi bhineka tunggal ika itu peserta didik diajarkan banyak hal untuk saling menghargai, cinta tanah air, rasa kesatuan dan persatuan, dan toleransi, dengan adanya materi pembelajaran tersebut agar mendidik siswa menjadi makhluk yang saling bertoleransi. Karena banyak sekarang siswa yang melakukan pembullyan dengan mengejek warna kulit, dan perbedaan budaya yang menyebabkan terjadinya perpecahan antara siswa yang lain. Manfaat materi bhineka tunggal ika dalam keberagaman itu untuk mempersatukan bangsa Indonesia, mempertahankan kesatuan bangsa, mengurangi konflik antar masyarakat yang berbeda budaya, dan agar terciptanya cita-cita negara Indonesia. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
References
Buku
Ahmad Suriansyah. Landasan Pendidikan
(Banjarmasin: Comdes, 2011), hlm.14
Dewantara, K. H. (1967). Ki hadjar dewantara.
Jogjakarta: Majelis Leluhur Taman
Siswa
Nurdin Usman, Konteks Implementasi
Berbasis Kurikulum, Yogyakarta: Insan
Media, 2002, hal. 70
Pendidikan Nasional, M. (2010).
Undang-Undang No 20 Tahun 2003
Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Skripsi / Jurnal
Arifin, Z. (2019). Membangun
Persatuan Dalam Keberagaman
Dalam Perspektif
Islam. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan,
(02).
Dan, P. D. D. S. P. (2017).
Kebudayaan,". Statistik PAUD, 2018.
Giri, I. M. A. (2020). Pendidikan
Karakter Berbasis Budaya Sebagai Solusi
Degradasi Bangsa. Purwadita: Jurnal
Agama dan Budaya, 4(1), 59-66
Iasha, C. (2022). Analysis of the
Implementation of Regent's Regulation
Number 115 of 2017 concerning
Technical Guidelines for the
Implementation of Village Head Elections
in Banyuasin Regency (Case Study:
Kenten Laut Village, Talang Kelapa
District, Banyuasin Regency). Jurnal iso,
(1), 45-54.
Iswari, H. T., Sumardi, S., & Giyartini,
R. Studi Literatur: Peta sebagai Media
Pembelajaran Keragaman Budaya
Indonesia. PEDADID AKTIKA: Jurnal
Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, 8(2), 265-275.
Janice, A. (2014). studi tentang
pelaksanaan tugas dan fungsi badan
Pemberdayaan masyarakat desa (bpmd)
dalam Pembangunan desa di desa tanjung
lapang Kecamatan malinau barat
kabupaten malinau. Jurnal Ilmu
Pemerintahan, 3(3), 20015
Moch. Unis Yadri Kurnia Aji, Titsa
Raky Andjani, Iftah Rohmatul Ummayah
Februari (2016)“Poster indahnya
keberagaman di Indonesia”
Murtafiah,W.(2017). Profil kemampuan
berpikir kreatif mahasiswadalam
mengajukan masalah persamaan
diferensial. JIPM (Jurnal Ilmiah
Pendidikan Matematika), 5(2), 73- 81.
Nilamsari, N. (2014). Memahami studi
dokumen dalam penelitian kualitatif.
Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu
Komunikasi, 13(2), 177-181
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa
Vol. 4 No. 1 Maret 2024
p-issn 2809-5154
e-issn 2809-5057
Pasaribu, M. H. (2021). Implementasi Sebuah
Program Berbasis Riset Aksi Dalam
Meningkatkan Kualitas Program.
Education Achievement: Journal of
Science and Research, 38-46.
Pendidikan Nasional, M. (2010). Undang
Undang No 20 tahun 2003 tentang system
pendidikan Nasional
Pertiwi, A. D., & Dewi, D. A. (2021).
Implementasi Nilai Pancasila sebagai
Landasan Bhinneka Tunggal Ika. Jurnal
Kewarganegaraan, 5(1) , 212-221.
Prakas, e. Y. (2021). Penerapan
keselamatan kerja kn. Sar sadewa 231
dalam upaya penyelamatan man over
board pada badan sar nasional (basarnas)
semarang. Karya tulis.
Puspita, R., & Arif, D. B. (2014).
Implementasi Nilai- Nilai Bhinneka
Tunggal Ika di SMA Muhammadiyah
Yogyakarta. Jurnal Citizenship, 4(1), 69.
Putri, faddhila. 2022. “komunikasi antar
budaya dalam mempertahankan
identitas suku melayu di babusalam
kabupaten langkat.”
Ramadhan, fahrudin. N.d. “kajian
sosiolinguistik.”
Rizki amaliani,d. E. B.Y. (2020).
Implementasi materi pembelajaran
tari munalo berbasisblended
learning untuk meningkatkan hasil belajar
siswa di sma negeri 8 takengon
kabupaten ace tengah (doctoral
dissertation, universitas negeri medan).
Rosad, A. M. (2019). Implementasi pendidikan
karakter melalui managemen sekolah.
Tarbawi: Jurnal Keilmuan
Manajemen Pendidikan, 5(02), 173-190.
Rosana, E. (2017). Dinamisasi
kebudayaan dalam realitas sosial. Al
Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 12(1),
30
Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019).
Metode penelitian kualitatif di bidang
pendidikan. Journal of Chemical
Information and Modeling, 53(9), 1-228.
Sita, P. S. (2013). Pengaruh
Kebudayaan Asing Terhadap Kebudayaan
Indonesia Di Kalangan Remaja. Surabaya:
its.
Soendari, T. (2012). Metode Penelitian
Deskriptif. Bandung, UPI.
Stuss, Magdalena & Herdan, Agnieszka, 17.
Suasta, I. W. (2021). Moderasi
beragama dalam keberagaman
dimasa covid-19 “pandangan pendidikan
hindu”. JAPAM (Jurnal Pendidikan
Agama), 1(2), 84-93.
Sugiyono, “Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D” Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nindya Oktaviani setiawan, Nindya Oktaviani Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.