Implementasi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Nilai Demokratis Peserta Didik

Authors

  • Cucu Ariyanti UNIVERSITAS PAMULANG
  • Eti Hayati Universitas Pamulang

Keywords:

implementasi, pembelajaran ppkn, nilai demokratis

Abstract

Pembelajaran ppkn dalam membentuk karakter nilai nilai demokratis peserta didik di smk sasmita jaya 2 tangerang selatan dalam mencetak generasi yang humanis serta terampil ber ahlak mulia merupakan tugas sekolah melalui proses pembelajaran ppkn untuk membentuk karakter peserta didik diantaranya (a).sikap demokratis jujur,(b).sikap demokratis adil (c).sikap demokratis disiplin (d) sikap demokratis tanggung jawab (e).sikap demokratis bebas mengemukakan pendapat (f).sikap demokratis bermusyawarah (g)sikap demokratis gotong royong (h).sikap demokratis toleransi (i) sikap demokratis percaya diri merupakan karakter yang tertanam sejak dini agar kelak menjadi tauladan bagi calon generasi yang akan datang.serta menjadi budaya sekolah untuk melestarikan sikap demokratis dari generasi ke generasi dalam penelitian ini bertujuan untuk menguraikan implementasi pembelajaran ppkn dalam membentuk karakter nilai demokratis peserta didik penelitian ini dilakukan di sekolah smk sasmita jaya 2 dengan menggunakan metode naratif deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data primer yaitu bidang kurikulum dan guru bidang studi ppkn serta peserta didik dan data skunder yakni berupa dokumen dokumen yang berkaitan dengan penelitian teknik pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi interview dokumentasi dalam teknik menjamin keabsahan data menggunakan triangulasi hasil pembahasan Implementasi Pendidikan Pancasila sudah diterapkan dengan prosedur baik dari proses pembelajaran melalu PPKN dan penerapan melalui contoh langsung sehingga peserta didik mampu menerapkan sikap nilai demokratis di dalam kehidupan nyata.

Author Biography

Cucu Ariyanti, UNIVERSITAS PAMULANG

penulis pemula

References

Angga, Angga, Et Al. Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka DiSekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 2022, 6.4: 5877-5889.diunduh agustus 2023

Aulawi, Anton; Srinawati, Srinawati. Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pengambilan Keputusan Organisasi Untuk Meningkatkan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Di Smk Darus Syifa Kota Cilegon. Pro Patria: Jurnal Pendidikan,Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 2019, 2.1: 38-50.. diunduh agustus 2023

Agustin, Serlina; Dewi, Dinie Anggraeni. Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan DemokrasiPada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Situraja. Journal On Education, 2021, 3.3: 223-229.diunduh agustus 2023

ANANDA, Rusydi; AMIRUDDIN, Amiruddin. Perencanaan pembelajaran. 2019Hadi, Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen pengumpulan data.

.(BABIILANDASANTEORI,n.d.;DEMOKRASI_DAN_HAK_ASASI_MANUSIA_DALAM_PANDANGAN_IS, n.d.; Demokrasi-Wasino, n.d.; Panoyo, P., Riyanto, Y., & Handayaningrum, W. (2019). Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Pada Sekolah Menengah Atas. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(2), 111-117. Hal.112

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Ariyanti, C., & Eti Hayati. (2024). Implementasi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Nilai Demokratis Peserta Didik . Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 4(1), 1–11. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/38116