Pengaruh Pembelajaran Moral Reasoning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Abstract
Dalam upaya meningkatkan proses pembelajaran di dalam kelas tidak terlepas adanya pengaruh pemilihan pendekatan pembelajaran yang di gunakan atau dipakai oleh seorang guru guna untuk dapat mengaktifkan siswa dalam suatu proses pembelajaran. Dengan demikian dalam menentukan model, metode dan pendekatan pembelajaran pada setiap mata pelajaran terutama dalam pendidikan PPKn tidak dapat dilakukan secara sembarangan, banyak faktor yang dapat mempengaruhi dan harus di pertimbangkan dalam upaya meningkatkan pengetahuan, nilai, keaktifan dan karakter siswa. Pendidikan PPKn beresensikan pada pendidikan nilai, yang terfokus pada pengembangan moral dan sikap prilaku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui Pengaruh Pembelajaran Moral Reasoning Terhadap Hasil Belajar PPKn Kelas XI di SMA Dua Mei. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen semu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dapat dilihat dari output dari Uji Independent sample T-test untuk data homogen menggunakan nilai Equal variances assumed. Dari tabel 4.5 maka dapat dilihat bahwa nilai (Sig(2-tailed) adalah 0,000 kemudian dengan tingkat signifikansi 5% atau 0.05. Maka 0,000 < 0,05 dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai selisih Mean difference = 19.088 antara kelompok belajar eksperimen dengan model moral reasoning dan kelompok belajar kontrol dengan model ceramah artinya ada perbedaan nilai hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka berdasarkan hasil tersebut menandakan bahwa hasil hipotesis yang diajukan peneliti bahwa terdapat pengaruh moral reasoning terhadap hasil belajar PPKn kelas XI diterima.
Kata Kunci : Moral Reasoning, PPKn, Hasil Belajar
References
John W. 2021. Santrock, Psikologi Pendidikan,
Tri Wibowo B, Edisi Kedua,
Jakarta:Prenadamedia Group.
Larry P.Nucci & Darcia Narvaez. 2018.
Handbook Pendidikan Moral dan
Karakter.Bandung: Penerbit Nusa
Media.
Otib Satibi H. 2018. Materi Pokok Metode
Pengembangan Moral Dan Nilai-Nilai
Agama. (1): 3
Raehang, 2018. Pembelajaran Aktif Sebagai
Induk Pembelajaran Koomperensif, 7
(1): 154.
Rika Rihadatul Ais. 2019. Pengaruh Model
Pembelajaran Treffinger Terhadap
Motivasi Dan Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas Vii Smpn 1
Gondang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Tulungagung: Skripsi IAIN
Tulungagung.
Robert E. Slavin & Johns Hopkins University.
Pisikologi Pendidikan Teori
danPraktik Jilid, Drs. Marianto
Samosir, S.H., Edisi Kesepuluh.
Jakarta Barat: PT Indeks.
Rosma Hartiny.2020. Model Penelitian
Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras
S Margono. 2019. Metodologi Penelitian
Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Siti Maesaroh. 2019. Peranan Metode
Pembelajaran Terhadap Minat Dan
Prestasi Belajar Pendidikan Agama
Islam. (1): 155
Sugiyono.2019. metode Penelitian pendidikan:
pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaiful Bahri Djamarah. 2018. Pisikologi
Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Veronica Lusiana. 2019. Pengaruh Metode
Make A Match Terhadap Motivasi Dan
Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP
Santo Aloysius Turi Sleman Pada
Materi Kimia Dalam Kehidupan.
Yogyakarta: Skripsi USD Yogyakarta
William M. Kurtines & Jacob L. Gerwitz.
Moralitas Perilaku Moral, dan
Perkembangan Moral. Jakarta: Penerbit
Universitas Indonesia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ayu Listiyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.