Pengaruh Pembelajaran Moral Reasoning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Authors

  • Ayu Listiyani ayuhadid20@gmail.com
  • Nurdiana Universitas Pamulang

Abstract

Dalam upaya meningkatkan proses pembelajaran di dalam kelas tidak terlepas adanya pengaruh pemilihan pendekatan pembelajaran yang di gunakan atau dipakai oleh seorang guru guna untuk dapat mengaktifkan siswa dalam suatu proses pembelajaran. Dengan demikian dalam menentukan model, metode dan pendekatan pembelajaran pada setiap mata pelajaran terutama dalam pendidikan PPKn tidak dapat dilakukan secara sembarangan, banyak faktor yang dapat mempengaruhi dan harus di pertimbangkan dalam upaya meningkatkan pengetahuan, nilai, keaktifan dan karakter siswa. Pendidikan PPKn beresensikan pada pendidikan nilai, yang terfokus pada pengembangan moral dan sikap prilaku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui Pengaruh Pembelajaran Moral Reasoning Terhadap Hasil Belajar PPKn Kelas XI di SMA Dua Mei. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen semu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dapat dilihat dari output dari Uji Independent sample T-test untuk data homogen menggunakan nilai Equal variances assumed. Dari tabel 4.5 maka dapat dilihat bahwa nilai (Sig(2-tailed) adalah 0,000 kemudian dengan tingkat signifikansi 5% atau 0.05. Maka 0,000 < 0,05 dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai selisih Mean difference = 19.088 antara kelompok belajar eksperimen dengan model moral reasoning dan kelompok belajar kontrol dengan model ceramah artinya ada perbedaan nilai hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka berdasarkan hasil tersebut menandakan bahwa hasil hipotesis yang diajukan peneliti bahwa terdapat pengaruh moral reasoning terhadap hasil belajar PPKn kelas XI diterima.
Kata Kunci : Moral Reasoning, PPKn, Hasil Belajar

References

John W. 2021. Santrock, Psikologi Pendidikan,

Tri Wibowo B, Edisi Kedua,

Jakarta:Prenadamedia Group.

Larry P.Nucci & Darcia Narvaez. 2018.

Handbook Pendidikan Moral dan

Karakter.Bandung: Penerbit Nusa

Media.

Otib Satibi H. 2018. Materi Pokok Metode

Pengembangan Moral Dan Nilai-Nilai

Agama. (1): 3

Raehang, 2018. Pembelajaran Aktif Sebagai

Induk Pembelajaran Koomperensif, 7

(1): 154.

Rika Rihadatul Ais. 2019. Pengaruh Model

Pembelajaran Treffinger Terhadap

Motivasi Dan Hasil Belajar

Matematika Siswa Kelas Vii Smpn 1

Gondang Tahun Pelajaran 2018/2019.

Tulungagung: Skripsi IAIN

Tulungagung.

Robert E. Slavin & Johns Hopkins University.

Pisikologi Pendidikan Teori

danPraktik Jilid, Drs. Marianto

Samosir, S.H., Edisi Kesepuluh.

Jakarta Barat: PT Indeks.

Rosma Hartiny.2020. Model Penelitian

Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras

S Margono. 2019. Metodologi Penelitian

Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Siti Maesaroh. 2019. Peranan Metode

Pembelajaran Terhadap Minat Dan

Prestasi Belajar Pendidikan Agama

Islam. (1): 155

Sugiyono.2019. metode Penelitian pendidikan:

pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaiful Bahri Djamarah. 2018. Pisikologi

Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Veronica Lusiana. 2019. Pengaruh Metode

Make A Match Terhadap Motivasi Dan

Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP

Santo Aloysius Turi Sleman Pada

Materi Kimia Dalam Kehidupan.

Yogyakarta: Skripsi USD Yogyakarta

William M. Kurtines & Jacob L. Gerwitz.

Moralitas Perilaku Moral, dan

Perkembangan Moral. Jakarta: Penerbit

Universitas Indonesia

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Listiyani, A., & Nurdiana. (2024). Pengaruh Pembelajaran Moral Reasoning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 4(1), 70–76. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/38193