Pengaruh Model Pembelajaran Contextual And Learning ( CTL ) Terhadap Hasil Belajar PPKn

Authors

  • Deltta Melinda Universitas Pamulang
  • Sri Utaminingsih Universitas Pamulang

Abstract

Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan sebuah model pembelajaran yang menekankan pada konteks atau kaitan antara materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas VII di SMP Islam Alfajar Ciputat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Responden penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan pemgambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran CTL, sementara kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran direct instruction. Hasil penelitian menunjukkan nilai pretest kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata yakni 53,43. Kemudian post-test kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata yakni 81,86, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata yakni 65.83. Sementara hasil uji normalitas menggunakan hasil belajar kelompok eksperimen normal (Sig = 0.200 > 0.05). Demikian pula, hasil belajar kelompok kontrol (Sig = 0.200 > 0.05). Kemudian hasil pengujian uji homogenitas bahwa kedua data  homogen mengingat nilai signifikansi (Sig. = 0.078). Hasil pengujian uji Independet Sample T-test menunjukkan adanya perbedaan signifikan (Sig. 0.000 < 0.05). Kemudian nilai t hitung adalah 4.742, sementara nilai t tabel dengan derajat kebebasan (df) = 69 adalah 1.99495. Karena nilai t hitung (4.742) lebih besar dari nilai t tabel (1.99495), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok yang diuji. Temuan ini mengindikasikan bahwa hipotesis peneliti yang menyatakan terdapat pengaruh Pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap hasil belajar PPKn kelas VII SMP Islam Al Fajar diterima.

Kata kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, PPKn

References

braham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain

Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan:

Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala

Education, 8(3), 2476–2482.

https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Hidayah, M., & Listyaningsih, L. (2023).

Pengaruh Metode Probing Promting

Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada

Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di

Sma Negeri 17 Surabaya. Kajian Moral

Dan Kewarganegaraan, 11(3), 661–674.

Idi Warsah, & Habibullah. (2022).

IMPLEMENTASI EVALUASI HASIL

BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA

ISLAM DI MADRASAH. JOEAI (Journal

of Education and Instruction), 5(8.5.2017),

–225. www.aging-us.com

Kartikasari, A. D. (2022). Pengaruh Model

Contextual Teaching and Learning

Terhadap Hasil Belajar Siswa Mapel Ipa

Materi Perubahan Wujud Benda. SITTAH:

Journal of Primary Education, 1(1), 57–66.

https://doi.org/10.30762/sittah.v1i1.2074

Kusumawati, I., Lestari, N. C., Sihombing,

C., Purnawanti, F., P. Soemarsono,

D. W., Kamadi, L., . . . Hanafi, S.

(2022). Pengantar Pendidikan.

Batam: CV. Rey Media Grafika.

Manurung, A. S. (2020). Pengaruh Model

Pembelajaran Contextual Teaching Dan

Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar

Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma

Negeri 31 Jakarta. Jurnal Guru Kita PGSD,

(3), 1.

https://doi.org/10.24114/jgk.v4i3.19454

Natalia, L., Saingo, Y. A., Agama, I., & Kupang,

K. N. (2023). 10 Pentingnya Pendidikan

Pancasila. Jurnal Ilmiah Multidisipline,

(10), 266–272.

https://doi.org/10.5281/zenodo.10109883

Nurhasanah, Remiswal, & Sabri, A. (2023).

Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik

sebagai Objek Evaluasi Hasil Belajar. Jenis

dan Model Evaluasi Pendidikan, Serta

Implikasinya Dalam Pendidikan Islam.

Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 28204–

Rahmawati, S., & Nurachadija, K. (2023).

Inovasi Pendidikan Dalam Meningkatkan

Strategi Mutu Pendidikan. Bersatu:Jurnal

Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5),

–12.

https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.303

Rina Novitri, & Silvia Roza. (2022).

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN

CONTEXTUAL TEACHING AND

LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL

BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V

SDN 12 2x11 ENAM LINGKUNG. Jurnal

Pendidikan Nasional, 2(1), 29–35.

https://doi.org/10.55249/jpn.v2i1.21

Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021).

Metodologi Penelitian Kuantitatif.

Tangerang : Pusaka Indigo.

Setiawan, A. (2020). Pengaruh Model

Pembelajaran CTL (Contextual Teaching

and Learning) Terhadap Hasil Belajar

Siswa Pada Subtema 1 Tema 2 Kelas V SD

N 1 Nusa Bakti Kecamatan Belitang III

Kabupaten OKU Timur. JEMARI (Jurnal

Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(2), 108–

https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.575

Sitorus, S. A., Purba, N. A., & Purba, N. (2022).

Pengaruh Model Contextual Teaching and

Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar

Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Vol.4 No.1 Maret 2024

p-issn 2809-5154

e-issn 2809-5057

pada Subtema Organ Gerak Hewan Siswa

Kelas V UPTD SD Negeri 124386

Pematangsiantar. Jurnal

Kewarganegaraan, 6(3), 5947–5952.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi

(Mixed Methods). Bandung: CV.

ALFABETA.

Susilawati, Ananda, R., & Putra, K. E. (2023).

Penerapan Model Contextual Teaching and

Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan

Pemahaman Konsep Siswa Kelas Iv Sdn

Gunung Sari. Jurnal Penelitian Ilmu

Pendidikan Indonesia, 2(3), 272–285

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Deltta Melinda, & Sri Utaminingsih. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual And Learning ( CTL ) Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 4(1), 25–35. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/38421