Pengaruh Model Pembelajaran Contextual And Learning ( CTL ) Terhadap Hasil Belajar PPKn
Abstract
Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan sebuah model pembelajaran yang menekankan pada konteks atau kaitan antara materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas VII di SMP Islam Alfajar Ciputat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Responden penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan pemgambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran CTL, sementara kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran direct instruction. Hasil penelitian menunjukkan nilai pretest kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata yakni 53,43. Kemudian post-test kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata yakni 81,86, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata yakni 65.83. Sementara hasil uji normalitas menggunakan hasil belajar kelompok eksperimen normal (Sig = 0.200 > 0.05). Demikian pula, hasil belajar kelompok kontrol (Sig = 0.200 > 0.05). Kemudian hasil pengujian uji homogenitas bahwa kedua data homogen mengingat nilai signifikansi (Sig. = 0.078). Hasil pengujian uji Independet Sample T-test menunjukkan adanya perbedaan signifikan (Sig. 0.000 < 0.05). Kemudian nilai t hitung adalah 4.742, sementara nilai t tabel dengan derajat kebebasan (df) = 69 adalah 1.99495. Karena nilai t hitung (4.742) lebih besar dari nilai t tabel (1.99495), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok yang diuji. Temuan ini mengindikasikan bahwa hipotesis peneliti yang menyatakan terdapat pengaruh Pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap hasil belajar PPKn kelas VII SMP Islam Al Fajar diterima.
Kata kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, PPKn
References
braham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain
Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan:
Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala
Education, 8(3), 2476–2482.
https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
Hidayah, M., & Listyaningsih, L. (2023).
Pengaruh Metode Probing Promting
Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada
Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di
Sma Negeri 17 Surabaya. Kajian Moral
Dan Kewarganegaraan, 11(3), 661–674.
Idi Warsah, & Habibullah. (2022).
IMPLEMENTASI EVALUASI HASIL
BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM DI MADRASAH. JOEAI (Journal
of Education and Instruction), 5(8.5.2017),
–225. www.aging-us.com
Kartikasari, A. D. (2022). Pengaruh Model
Contextual Teaching and Learning
Terhadap Hasil Belajar Siswa Mapel Ipa
Materi Perubahan Wujud Benda. SITTAH:
Journal of Primary Education, 1(1), 57–66.
https://doi.org/10.30762/sittah.v1i1.2074
Kusumawati, I., Lestari, N. C., Sihombing,
C., Purnawanti, F., P. Soemarsono,
D. W., Kamadi, L., . . . Hanafi, S.
(2022). Pengantar Pendidikan.
Batam: CV. Rey Media Grafika.
Manurung, A. S. (2020). Pengaruh Model
Pembelajaran Contextual Teaching Dan
Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma
Negeri 31 Jakarta. Jurnal Guru Kita PGSD,
(3), 1.
https://doi.org/10.24114/jgk.v4i3.19454
Natalia, L., Saingo, Y. A., Agama, I., & Kupang,
K. N. (2023). 10 Pentingnya Pendidikan
Pancasila. Jurnal Ilmiah Multidisipline,
(10), 266–272.
https://doi.org/10.5281/zenodo.10109883
Nurhasanah, Remiswal, & Sabri, A. (2023).
Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik
sebagai Objek Evaluasi Hasil Belajar. Jenis
dan Model Evaluasi Pendidikan, Serta
Implikasinya Dalam Pendidikan Islam.
Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 28204–
Rahmawati, S., & Nurachadija, K. (2023).
Inovasi Pendidikan Dalam Meningkatkan
Strategi Mutu Pendidikan. Bersatu:Jurnal
Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5),
–12.
https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.303
Rina Novitri, & Silvia Roza. (2022).
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN
CONTEXTUAL TEACHING AND
LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL
BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V
SDN 12 2x11 ENAM LINGKUNG. Jurnal
Pendidikan Nasional, 2(1), 29–35.
https://doi.org/10.55249/jpn.v2i1.21
Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021).
Metodologi Penelitian Kuantitatif.
Tangerang : Pusaka Indigo.
Setiawan, A. (2020). Pengaruh Model
Pembelajaran CTL (Contextual Teaching
and Learning) Terhadap Hasil Belajar
Siswa Pada Subtema 1 Tema 2 Kelas V SD
N 1 Nusa Bakti Kecamatan Belitang III
Kabupaten OKU Timur. JEMARI (Jurnal
Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(2), 108–
https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.575
Sitorus, S. A., Purba, N. A., & Purba, N. (2022).
Pengaruh Model Contextual Teaching and
Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa
Vol.4 No.1 Maret 2024
p-issn 2809-5154
e-issn 2809-5057
pada Subtema Organ Gerak Hewan Siswa
Kelas V UPTD SD Negeri 124386
Pematangsiantar. Jurnal
Kewarganegaraan, 6(3), 5947–5952.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi
(Mixed Methods). Bandung: CV.
ALFABETA.
Susilawati, Ananda, R., & Putra, K. E. (2023).
Penerapan Model Contextual Teaching and
Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan
Pemahaman Konsep Siswa Kelas Iv Sdn
Gunung Sari. Jurnal Penelitian Ilmu
Pendidikan Indonesia, 2(3), 272–285
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 delttameilinda deltta, Sri Utaminingsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.