Peran Guru PPKn Dalam Penanganan Permasalahan Kedisiplinan Siswa

Authors

  • Andriandipa Adiyaksa Universitas Pamulang
  • Sugiyanto Universitas Pamulang

Keywords:

Peran guru, kedisiplinan, tantangan

Abstract

Pendidikan kedisiplinan melalui mata pelajaran PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) dilakukan untuk membentuk dan memberikan pengarahan terhadap sikap peserta didik yang mengalami permasalahan kedisiplinan. Penelitian ini memfokuskan untuk mengkaji pada Peran guru PPKn dalam penangangan permasalahan kedisiplinan siswa serta di SMK Informatika Ciputat, serta faktor tantangan peran guru PPKn dalam penanganan permasalahan kedisiplinan siswa di SMK Informatika Ciputat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang terjun kelapangan untuk menemukan dan melakukan observasi, sehingga dapat mengetahui langsung keadaan sebenarnya mengenai keterlibatan guru PPKn dalam pelaksanakan bimbingan konseling di SMK Informatika Ciputat. Hasil penelitian ini menunjukkan permasalahan kedisiplinan siswa dan peran guru PPKn yang telah dilaksanakan dalam penanganan permasalahan kedisiplinan siswa tersebut meliputi Pengembangan pendidikan Moral atau Pendidikan karakter siswa, Menanamkan sikap kebaikan siswa, menanamkan nilai nilai dan moralitas siswa, dan mendorong siswa agar terbentuk karakter yang menjunjung nilai nilai Pancasila dan nilai nilai moral hingga temuan efektifitasnya. serta uraian tantangan peran guru PPKn dalam penanganan permasalahan kedisiplinan siswa yang mencakup faktor internal dan eksternal di SMK Informatika Ciputat.

References

Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru

Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan dalam

Pembentukan Karakter Peserta Didik

di Sekolah Dasar. Jurnal

Kewarganegaraan, 19(2), 113.

https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.369

Imron, A. (2012). Manajemen Peserta

Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT

Bumi Aksara

Lestari. (2021). Peran Guru PPKn Dalam

Meningkatkan Kedisiplinan Peserta

Didik Di SMK YPK Pengharapan

Kabupaten Sorong. Journal of

Economics and Sustainability,

(Number 1).

https://doi.org/10.32890/jes2021.2.1

Mendikbud RI. (2016). Peraturan Menteri

Pendidikan Dan Kebudayaan

Republik Indonesia Nomor 75 Tahun

Tentang Komite Sekolah.

Journal of Chemical Information and

Modeling, 53(9), 1–11.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya Offset

RI, M. (2015). Peraturan Menteri

pendidikan dan kebudayaan Nomor

Republik Indonesia. 2013–2015.

Zendrato,TLN and Lase. BP (2022) “Peran

Guru PPKn Dalam Menumbuhkan

Kesadaran Diri Siswa Terhadap Tata

Tertib Sekolah.” Educativo: Jurnal

Pendidikan 1 no.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Adiyaksa, A., & Sugiyanto. (2024). Peran Guru PPKn Dalam Penanganan Permasalahan Kedisiplinan Siswa . Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 4(1), 30–37. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/38424