Peran Guru PPKn Dalam Penanganan Permasalahan Kedisiplinan Siswa
Keywords:
Peran guru, kedisiplinan, tantanganAbstract
Pendidikan kedisiplinan melalui mata pelajaran PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) dilakukan untuk membentuk dan memberikan pengarahan terhadap sikap peserta didik yang mengalami permasalahan kedisiplinan. Penelitian ini memfokuskan untuk mengkaji pada Peran guru PPKn dalam penangangan permasalahan kedisiplinan siswa serta di SMK Informatika Ciputat, serta faktor tantangan peran guru PPKn dalam penanganan permasalahan kedisiplinan siswa di SMK Informatika Ciputat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang terjun kelapangan untuk menemukan dan melakukan observasi, sehingga dapat mengetahui langsung keadaan sebenarnya mengenai keterlibatan guru PPKn dalam pelaksanakan bimbingan konseling di SMK Informatika Ciputat. Hasil penelitian ini menunjukkan permasalahan kedisiplinan siswa dan peran guru PPKn yang telah dilaksanakan dalam penanganan permasalahan kedisiplinan siswa tersebut meliputi Pengembangan pendidikan Moral atau Pendidikan karakter siswa, Menanamkan sikap kebaikan siswa, menanamkan nilai nilai dan moralitas siswa, dan mendorong siswa agar terbentuk karakter yang menjunjung nilai nilai Pancasila dan nilai nilai moral hingga temuan efektifitasnya. serta uraian tantangan peran guru PPKn dalam penanganan permasalahan kedisiplinan siswa yang mencakup faktor internal dan eksternal di SMK Informatika Ciputat.
References
Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan dalam
Pembentukan Karakter Peserta Didik
di Sekolah Dasar. Jurnal
Kewarganegaraan, 19(2), 113.
https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.369
Imron, A. (2012). Manajemen Peserta
Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT
Bumi Aksara
Lestari. (2021). Peran Guru PPKn Dalam
Meningkatkan Kedisiplinan Peserta
Didik Di SMK YPK Pengharapan
Kabupaten Sorong. Journal of
Economics and Sustainability,
(Number 1).
https://doi.org/10.32890/jes2021.2.1
Mendikbud RI. (2016). Peraturan Menteri
Pendidikan Dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 75 Tahun
Tentang Komite Sekolah.
Journal of Chemical Information and
Modeling, 53(9), 1–11.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya Offset
RI, M. (2015). Peraturan Menteri
pendidikan dan kebudayaan Nomor
Republik Indonesia. 2013–2015.
Zendrato,TLN and Lase. BP (2022) “Peran
Guru PPKn Dalam Menumbuhkan
Kesadaran Diri Siswa Terhadap Tata
Tertib Sekolah.” Educativo: Jurnal
Pendidikan 1 no.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 andriandipa adiyaksa, Sugiyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.