Pengaruh Game Online Terhadap Nilai-nilai Kesopanan Remaja Di RT 003 RW 008 Kel. Parung Serab

Authors

  • Angga Firdaus Mu Zijat Universitas Pamulang
  • Sulastri Universitas Pamulang

Abstract

Game online menjadi permainan yang sangat digamari oleh banyak pengguna, game online dapat dilakukan oleh 2 orang tanpa bertemu, dengan menggunakan jaringan internet dan perangkat elektronik lainnya. Tidak sedikit pemain bermain game online secara berulang-ulang sehingga dapat dikatakan sebagai kecanduan game online. Penggunaan game online banyak terjadi dikalangan remaja. Jika dilakukan secara berlebihan game online akan mempengaruhi beberapa aspek kehidupan manusia, salah satunya kesopanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Game Online Terhadap Nilai-nilai Kesopanan Remaja Di RT003 RW008 Kel. Parung Serab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dan teknik analisis menggunakan regresi linear sederhana untuk menguji hipotesis. Sample pada penelitian ini adalah 30 remeja RT003 RW008 Kel. Parung Serab. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan kuesioner berupa angket. Hasil uji f secara simultan dengan nilai F hitung > F tabel atau 37,750 > 3,354, hal ini juga diperkuat dengan ρ value < Sig. 0,05 atau 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis diterima, artinya secara simultan intensitas bermain game online berpengaruh signifikan terhadap kesopanan remaja di RT003 RW008 Kel. Parung Serab. Hasil uji t secara parsial diperoleh nilai t hitung > t tabel atau 6,144 > 2,048, hal ini juga di perkuat dengan ρ value < Sig. 0,05 atau 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis diterima, artinya secara parsial intensitas bermain game online berpengaruh signifikan terhadap kesopanan remaja di RT003 RW008 Kel. Parung Serab. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0,574 maka variabel intensitas bermain game online terhadap kesopanan remaja berpengaruh positif sebesar 57,4% sedangkan sisanya 42,6% dipengaruhi faktor lain yang tidak dilakukan dalam penelitian ini. 

References

Abadi, T. W. (2016). Aksiologi: antara etika, moral, dan estetika. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 187-204.

Andri Arif Kustiawan. 2019. Jangan Suka Game Online, Magetan: Cv. Ac Media Grafik.

Febriandari, Dona and Fathra Annis Nauli, ‘Hubungan kecanduan bermain game online terhadap identitas diri remaja’, Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, vol. 4, no. 1, 2016, hlm. 50–6.

Ismi, Nurul, Akmal. 2020. Jurnal: Dampak game online terhadap perilaku siswa dilingkungan SMA Negri 1 Bayang. Universitas Negeri Padang.

K. Bertens. 2007. Etika, Seri Filsafat Atma Jaya, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Rini, Ayu. 2011. Menanggulangi Kecanduan Game On-Line Pada Anak. Jakarta: Pustaka Mina.

Sujarweni, V. Wiratna. 2023. METODOLOGI PENELITIAN Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. PUSTAKABARUPRESS. 114 (62-63).

Ulfa, Mimi and Risdayati Risdayati, Pengaruh kecanduan game online terhadap perilaku remaja di mabes game center jalan hr. subrantas kecamatan tampan pekanbaru, Riau University, 2017.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Mu Zijat, A. F., & Sulastri. (2024). Pengaruh Game Online Terhadap Nilai-nilai Kesopanan Remaja Di RT 003 RW 008 Kel. Parung Serab. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 4(2), 128–137. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/40853