Eksplorasi Sekolah Yang Efektif Dalam Mengelola Perubahan
Abstract
Dalam era perubahan teknologi dan sosial yang cepat, sekolah menghadapi tantangan besar untuk tetap relevan dan efektif Tinjauan kritis ini mengeksplorasi efektivitas sekolah dalam mengelola perubahan, dengan fokus pada inovasi, pengembangan profesional, keterlibatan pemangku kepentingan, dan keberlanjutan inisiatif perubahan. Tinjauan ini menggunakan studi empiris dan model teoritis untuk mengeksplorasi faktor-faktor kunci yang berkontribusi terhadap keberhasilan atau kegagalan manajemen perubahan di lembaga pendidikan. Hasil tinjauan mengungkapkan beberapa indikator sekolah efektif dalam mengelola perubahan, faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas sekolah dan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas sekolah dalam mengelola perubahan.
References
Andry B, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Inklusif: Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Ramah Bagi Semua Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 12–19. https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.10
Dinn Wahyudin, Edy Subkhan, Abdul Malik, Moh. Abdul Hakim, Elih Sudiapermana, LeliAlhapip, Maisura, Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, Lukman Solihin, Nur Berlian Venus Ali, F. N. K. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Kemendikbud, 1–143.
Hadi, Y. D. (2020). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 187–207. https://doi.org/10.21274/dinamika.2019.19.2.187-207
Indrati, B., Abdullah, T., & Retnowati, R. (2022). Meningkatkan Produktivitas Kerja Melalui Penguatan Kepemimpinan Visioner, Iklim Organisasi dan Kreatifitas. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 5(2), 101. https://doi.org/10.32493/frkm.v5i2.19233
Indy, R. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–18. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466
Iqbal, M. (2020). Gerakan Literasi Sekolah : Program Gerakan Literasi Sekolah dalam Rangka Bench Marking. In INA-Rxiv. Center for Open Science. https://doi.org/10.31227/osf.io/k2vmq
Kasmawati, Y. (2021). Kepemimpinan Kolaboratif : Sebuah Bentuk Kepemimpinan Untuk Sekolah. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(2), 197–207. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.5120
Nanda, V. P., Huljannah, M., Yantoro, Y., & Setiyadi, B. (2023). Sekolah Efektif pada SDN 34/1 Teratai. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5584–5591. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2544
Nuraeni, R., Rahayu, R. N., Rusmana, N., & Nur, L. (2022). Penerapan Manajemen Kepala Sekolah dalam Mengelola Tim Yang Efektif. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5361–5372. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2904
Oktavianingsih. (2020). Blanded Learning Metode Pembelajaran Efektif Masa Pandemi Covid-19 (p. 6). Center for Open Science. https://doi.org/10.31219/osf.io/9bruq
Rachman, N. Y. (2023). Kolaborasi Pembelajaran Efektif dengan Pemanfaatan Artifical Intelligence. Center for Open Science. https://doi.org/10.31219/osf.io/26cgv
Webster, K., & Litchka, P. (2020). Planning for Effective School Leadership: Teachers’ Perceptions of the Leadership Skills and Ethical Behaviors of School Principals . Educational Planning , 27(1), 31–47. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1250500.pdf%0Ahttps://eric.ed.gov/?id=EJ1250500
Widialistuti, R., Gistituati, N., & Bentri, A. (2022). Hambatan Guru Matematika Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. In Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 11, Issue 6, p. 1912). Program Studi PGSD FKIP Universitas Riau. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9255
Zhao, L., & Lythgoe, K. A. (2023). The social role of defective viral genomes in chronic viral infections: a commentary on Leeks et al. 2023. Journal of Evolutionary Biology, 36(11), 1577–1581. https://doi.org/10.1111/jeb.14244
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gunawan Langgeng Prasetyo, Muhamad Subkhan, Aceng Romdoni, Esih Sukaesih, Suryamin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.