Implementasi Norma Kesopanan Pada Peserta Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Abstract
Norma kesopanan merupakan bagian yang paling penting dalam kehidupan
bermasyarakat, begitu pula dalam lingkungan sekolah, karena norma kesopanan
merupakan salah satu sikap sosial yang sangat penting ditanamkan kepada peserta didik
sesuai dengan tujuan pendidikan yang tidak hanya mempelajari ilmu pengetahuan saja
tetapi juga membangun karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
Implementasi Norma Kesopanan Peserta Didik dalam berperilaku dilingkungan MTS Nur
As Sholihat Serpong Kota Tangerang Selatan. Mengingat norma kesopanan ini penting
untuk ditanamkan pada peserta didik agar terciptanya nilai kesopanan pada lingkungan
sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dan yang
menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PPKn dan Peserta Didik
kelas VII. Adapun teknik dan instrument pengumpulan data dilakukan Observasi,
wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
dengan proses coding. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan informasi terkait masalah
yang sedang diteliti.
Kata-kata kunci : Implementasi; Norma Kesopanan; dan PPKn
References
Arifin dan Zainal (2011), Metode deskriptif
Bandung : 2011. Remaja Rosdakarya Yusuf, S.
L.N & N. M. Sugandhi.
Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Moral Tujuh Kebajikan Utama Agar Anak Bermoral Tinggi, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Daroeso, Bambang. 1998.Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila Semarang: Aneka Ilmu.
Depdikbud. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Darmadi, Hamid. (2007). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum KTSP Kelas IV SD. Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas, 2010. Kamus Besar Bahasa indonesia Edisi kedua,(Jakarta : Balai Pustaka)
Moleong,Lexy J.2016.Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya Rizky Agassy Sihombing, Jennie Febrina Hutagalung, Pristi Suhendro Lukitoyo Volume 18, Nomor 1 (2021): Maret 2021 Pemahaman dan Pembinaan Norma Sopan Santun Volume 18.
Samsuri. (2011). Pendidikan Karakter Warga Negara, Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia.
Zulfikar, M. F. and Dewi, D. A. (2021) ‘Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa’, JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arik Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.