Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP PARAMARTA KOTA TANGERANG SELATAN
Abstract
Kurikulum merdeka belajar merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam dimana kontennya akan lebih optimal sehingga peserta didik memiliki cukup waktu untuk memperdalam konsep dan memperkuat kompetensi. Dalam pelaksanaannya, guru memiliki keleluasaan dalam memilih berbagai perangkat pembelajaran sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik pada setiap jenjang pendidikan. Selain mewujudkan pembelajaran berbasis kebutuhan peserta didik, Kurikulum Merdeka juga menambahkan nilai-nilai karakter yaitu yang disebut dengan Profil Siswa Pancasila. Dengan demikian, kurikulum ini merupakan kelanjutan dari kurikulum 2013 dan dapat dilaksanakan sebagai salah satu pilihan. Pada masa pra pandemi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan kebijakan tentang penggunaan Kurikulum 2013, kemudian Kurikulum 2013 disederhanakan menjadi kurikulum darurat yang memudahkan satuan pendidikan dalam mengelola pembelajaran dengan materi yang esensial. Kurikulum Merdeka pada SD/SMP/SMK-PK menjadi angin segar dalam upaya perbaikan dan pemulihan pembelajaran yang pertama kali dicanangkan pada tahun 2021. Pemulihan pembelajaran tahun 2022 menuju tahun 2022. Pada tahun 2024, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan kebijakan bahwa sekolah yang belum siap menggunakan Kurikulum Merdeka tetap dapat menggunakan Kurikulum 2013 sebagai basis pengelolaan pembelajaran, begitu pula Kurikulum Darurat yang merupakan modifikasi dari Kurikulum 2013 tetap dapat digunakan oleh satuan pendidikan tersebut. Kurikulum Merdeka menjadi pilihan bagi seluruh satuan pendidikan yang dalam proses pendataan merupakan satuan pendidikan yang telah siap menerapkan Kurikulum Merdeka. Tahun 2024 menjadi tahun penetapan kebijakan kurikulum nasional yang didasarkan pada evaluasi kurikulum pada masa pemulihan pembelajaran. Evaluasi ini.
References
Agus Setiawan, Shofi Syifa’ul Fuadiyah Ahla Dan H. Husna (2022). Konsep Model Inovasi Kurikulum Kbk, Kbm, Ktsp, K13, Dan Kurikulum Merdeka (Literature Review)
Buku Dokumen 1 Kurikulum Merdeka (Kosp)
Dewa Nyoman Redana Dan I Nyoman Suprapta(2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sma Negeri 4 Singaraja.Https://Doi.Org/10. 37637/Locus.V15i1.1239
Hendra Susanti, Fadriati, Iman Asroa. B.S (2023)
Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Smp Negeri 5 Padang Panjanghttps://Doi.Org/10.58 578/Alsys.V3i1.766
Https://Doi.Org/10.21092/Ag.Jippi.
V1i1.Xxxx
Ineu Sumarsih1, Teni Marliyani, Yadi Hadiyansah, Asep Herry Hernawan, Prihantini (2022). Jurnal Basicedu Volume 6 Nomor 5 Tahun 2022
Halaman 8248 - 8258 Research & Learning In Elementary Education Https://Jbasic.Org/Index.Php/ Basiceduanalisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar
Kenya Swawikanti (2022). Kupas Tuntaskurikulum Merdeka, Beginikonsep&Implementasi nya.Kupas Tuntas Kurikulum Merdeka, Begini Konsep & Implementasinya (Ruangguru.Com)
Muchlisinriadi(2023).Pembelajaran berdiferensiasihttps://Www.K ajianpustaka.Com/2023/08/Pe mbelajaran- Berdiferensiasi.Html#:~:Text
=Berikut%20definisi%20dan
%20pengertian%20pembelaja ran%20berdiferensiasi%20da ri%20beberapa,Agar%20terc apai%20peningkatan%20hasi l%20belajar.%20...%20more
%20items
Nikita Rosa (2023). Pengertian, Latar Belakang Dan Karakteristik Kurikulum Merdeka.
Https://Www.Detik.Com/Edu
/Sekolah/D-6818335/Apa-Itu- Kurikulum-Merdeka-Ini- Pengertian-Prinsip- Pembelajarannya#:~:Text=K urikulum%20merdeka%20me rupakan%20kurikulum%20te rbaru%20yang%20tengah%2 0disosialisasikan,Telah%20di adopsi%20oleh%20300%20ri bu%20sekolah%20di%20ind onesia.
Pipit Novita Sari (2023) Pengertian Dan Perbedaannyakurikulum Merdeka Dengan K13https://Www.Kompasian a.Com/Pipitnovitasari/657964 14de948f4fd307a7d2/Apa- Itu-Kurikulum-Merdeka-Ini- Pengertian-Perbedaannya- Dengan-K13
Risa Fajar Kusuma, (2023). Prinsippengembangankurikul um Merdeka.Https://Tirto.Id/Urut an-Tahapan-Pengembangan- Kurikulum-Merdeka-Dan- Prinsipnya-Gfpg
Sandra Desi Caesaria, Albertus Adit (2022). Kelebihan Kurikulum Merdekahttps://Www.Kompa s.Com/Edu/Read/2022/10/16/ 161136471/4-Kelebihan- Kurikulum-Merdeka-Apa- Saja?Page=All#Page2.
Shinta Maidieta (2022). Kendala Belajardengankurikulum Merdeka Belajarhttps://Www.Kompasi ana.Com/Shintamaidieta1337
/639acb188b80332a891788b
2/Kendala-Belajar-Dengan- Kurikulum-Merdeka-Belajar
Tri Wulandari (2023). Pengaruh Dan Peran Penting Kurikulum Merdeka Terhadap Kecerdasan Motivasi Belajar Siswa Https://Www.Kompasiana.Co m/Trwulandri9404/65745124 c57afb5ccc2c4992/Pengaruh- Dan-Peran-Penting- Kurikulum-Merdeka- Terhadap-Kecerdasan- Motivasi-Belajar-Siswa
Tujuan Kurikulum Merdeka, Dasar Hukum Dan Regulasi Dalam Pelaksanaan Kurikulum
Merdeka Dan Tahapan Implementasi Kurikulum Merdekahttps://Id.Wikipedia. Org/Wiki/Kurikulum_Merde ka
Wilman Juniardi (2022). Mengenalprinsippengembang ankurikulum Dan Implementasinya Https://Www.Quipper.Com/I d/Blog/Info-Guru/Prinsip- Pengembangan-Kurikulum/
Wilman Juniardi (2023). Pilihankurikulum Merdeka Https
://Www.Quipper.Com/Id/Blo g/Info-Guru/Pilihan- Kurikulum-Merdeka/
Romanti (2023). Memahami Lebih Lanjut Tentang Peran Guru Dalam Kurikulum Merdeka - Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek (Kemdikbud.Go.Id) Https://Itjen.Kemdikbud.Go.I d/Web/Memahami-Lebih- Lanjut-Tentang-Peran-Guru- Dalam-Kurikulum-Merdeka/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dhea Dhea Damayanti, Amrizal Siagian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.