Analisis Transformasi Pendidikan dan Kompetensi Guru Melalui Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar
Abstract
Kurikulum Merdeka menekankan pada pengembangan siswa melalui pembelajaran yang fleksibel dan berbasis pada kemampuan kognitif, sosial, serta keterampilan. Implementasi kurikulum ini memerlukan adaptasi yang signifikan dari para guru, termasuk dalam hal pemahaman, keterampilan pedagogis, dan akses ke sumber daya. Platform Merdeka Mengajar (PMM), yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), hadir untuk mendukung guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka dengan menyediakan berbagai fitur digital. Platform ini menawarkan alat bantu ajar, asesmen, video inspirasi, dan ide praktik yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi guru serta mempermudah sosialisasi dan pelatihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka untuk mengevaluasi efektivitas PMM dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Temuan menunjukkan bahwa PMM sangat efektif dalam memberikan dukungan kepada guru, membantu mereka dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang berkualitas. PMM juga mendorong penggunaan teknologi dalam pendidikan, memperbaiki manajemen pembelajaran, dan meningkatkan kreativitas serta efisiensi guru. Pelatihan mandiri yang tersedia melalui platform ini memberikan guru akses yang lebih luas dan fleksibel untuk pengembangan profesional mereka. Kesimpulannya, PMM berperan penting dalam meningkatkan kompetensi guru dan keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka, sehingga berdampak positif pada kualitas pendidikan di Indonesia.
References
Anita Debora Simangunsong, Marthin Fransisco Manihuruk, Golda Novatrasio Sauduran, Sahat Taruli Siahaan, & Lastri Lastri. (2023). Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka Berdasarkan Pengenalan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Nusantara Berbakti, 1(1), 80–87. https://doi.org/10.59024/jnb.v1i1.62
Ardiantoro, L., Rudiyanto, M. A., Muslimin, M., & S, F. R. (2024). Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk Meningkatkan Disiplin Positif Bagi Guru Penggerak di Mojokerto. ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.36815/abdimasnusantara.v6i1.3353
Arnes, A., Muspardi, M., & Yusmanila, Y. (2023). Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4647
Aulia, D., Murni, I., & Desyandri, D. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 800–807. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1310
Hakim, M. N., & Abidin, A. A. (2024). Platform Merdeka Mengajar: Integrasi Teknologi dalam Pendidikan Vokasi dan Pengembangan Guru. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 68–82. https://doi.org/10.59373/kharisma.v3i1.47
Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Implementasi Merdeka Belajar Sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 765–777. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620
Pawartani, T., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Pengembangan Kompetensi Guru untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2182–2191. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3478
Pranata, D. C., Sukmayadi, Y., & Budiman, N. (2024). Pengembangan kompetensi guru dalam menghadapi masa peralihan Kurikulum Merdeka. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 8(1), 10. https://doi.org/10.20961/jdc.v8i1.80164
Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Rahmadani, F. B., & Kamaluddin, K. (2023). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3, 113–122. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3ise.2929
Ramdani, M., Yuliyanti, S. Y., Rahmatulloh, I. T., & Suratman, S. (2022). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Guru Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 2(6), 248–254. https://doi.org/10.53621/jider.v2i6.201
Sutjipto, S. (2016). Pentingnya Pelatihan Kurikulum 2013 Bagi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 235–260. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i2.771
Utomo, U., & Kusumawati, D. (2024). Implementasi Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 4(1), 61–72. https://doi.org/10.35878/guru.v4i1.1089
Yunaini, Y., & Suryani, L. (2024). Penerapan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dalam Mengembangkan Kemampuan Mengajar Guru pada TK Mekar Jaya di Kabupaten Pesisir Barat Lampung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5450–5455. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4560
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bregas Parikesit, Desy Kasparian, Tantan Bustanul Arifin, Octavia Sri Rezeki, Fokky Fuad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.