Penerapan Sistem Poin Pelanggaran Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik

Authors

  • Yeti Yetnasari Universitas Pamulang

Abstract

Sistem poin pelanggaran adalah peraturan yang dibuat sekolah untuk mengurangi tingkat pelanggaran tata tertib yang dilakukan oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kedisiplinan peserta didik melalui pemberian poin pelanggaran dan mengetahui faktor pendukung dan penyebab dalam penerapan sistem poin pelanggaran di SMP kebangsaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem poin pelanggaran dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Kebangsaan mengalami peningkatan. Peningkatan ini dapat dilihat pada perilaku peserta didik, kelengkapan atribut seragam yang dipakai, dan juga dari buku catatan pemberian poin bagi siswa yang melanggar, yang mana dalam catatan tersebut setiap hari nya selalu mengalami penurunan pelanggaran tata tertib.

Author Biography

Yeti Yetnasari, Universitas Pamulang

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

References

Adiningtiyas, Sri Wahyuni. 2017. “Program Bimbingan Pribadi Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa (Personal Guidance Program To Improve Student Dicipline Behavior).” Jurnal KOPASTA. Vol.4 No.2. Hal 55–63. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/kopastajournal/article/view/1438

Akhmad Rizkon. 2019. “Pengaruh Metode Islah Mubasyir Terhadap Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren Al-Basyariyah Kabupaten Bandung.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia. Vol.4 No.1. Hal 23–29. https://www.ojs.pps-ibrahimy.ac.id/index.php/jpii/article/view/167

Annas., dan Annisa Nuraisyah. 2017. “Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan.” Manajemen Pendidikan Islam. Vol.5 No.2. Hal 42-132. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/399

Firdaus, M. R. 2015. "Efektifitas Penerapan Poin Pelanggaran dalam Mengurangi Tingkat Pelanggaran Santri Pada Ponpes Al Mizan Muhammadiyah Lamongan". Thesis. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya. https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1385

Irwansa, A., dan M. A Maf’ul. 2018. “Analisis Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Pada Siswa Di Smk Negeri 1 Makassar.” Open Journal System. Vol.2 Hal. 1-13. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=420807&val=6076&title=ANALISIS%20PELAKSANAAN%20TATA%20TERTIB%20SEKOLAH%20PADA%20SISWA%20DI%20SMK%20NEGERI%201%20MAKASSAR

Ghifari, Faris Abyan., dan Agus Umar Hamdani. 2018. “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Poin Pelanggaran Pada SMA Cendrawasih II Tangerang Selatan Dengan Metodologi Object Oriented.” Jurnal Idealis. Vol.1 No.5. Hal 40-133. https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/996

Karmelia, Rosa., Muhammad Nasirun., dan Indrawati. 2019. “Pelaksanaan Kedisiplinan Guru PAUD Di Gugus Asoka.” Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol.4 No.2. Hal 70-161. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/7445Kristian, A. 2022. "Penerapan Sistem Poin Pelanggaran Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 5 Tana Toraja". Pinisi Journal of Education. Vol.2 No.2. Hal 1–7. https://eprints.unm.ac.id/23624/

Lasaka, N. F., Ngiu, Z., dan Hamim, U. 2023. Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Normalita (Jurnal Pendidikan). Vol.10 No.3. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/JN/article/view/1832

Nugraheni, Surya. 2019. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa.” Journal for Lesson and Learning Studies. Vol.2 No.1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/17317

Setianingsih, Ajeng., dan Nicky Antika Putri. 2017. “Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Perilaku Personal Hygiene Mentruasi.” Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat. Vol.5 No.4. Hal 15–23. https://journals.stikim.ac.id/index.php/jikm/article/view/310

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfa Beta.

Pasal 1 UU RI No. 20 Tahun. 2003. “Udang Udang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003.” UU Sisdiknas: 1–21. www.hukumonline.com.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Yetnasari, Y. (2024). Penerapan Sistem Poin Pelanggaran Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 4(2), 148–154. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/42499