Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dengan Tema Suara Demokrasi melalui Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Authors

  • Mia Jaenab Fauziah MJF
  • Suanto Universitas Pamulang

Abstract

Pendidikan diimplementasikan melalui kurikulum, kurikulum yang baik adalah kurikulum yang berkembang sesuai dengan zamannya,  salah satunya adalah penggunaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan karakter sesuai dengan silai-sila Pancasila yang dilalui dalam beberapa dimensi dalam pelaksanaan P5 yang bertemakan materi suara demokrasi. Pendidikan Pancasila menjadi salah satu pendidikan yang mengajarkan nilai-nilai demokrasi bagi masyarakat dalam meningkatkan logika kritis dan bertindak demokratis. Adapun penelitian ini dilakukan bertujuan untuk bisa mengelaborasikan narasi dalam menerapkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang bertemakan suara demokrasi dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila diiringi dengan faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan kualitatif dengan pendekatan naratif. Penelitian ini melibatkan kelas X SMKN 7 Tangerang Selatan tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian P5 dengan tema suara demokrasi melalui mata pelajaran pendidikan pancasila adalah dengan menggunakan metode pembelajaran interaktif, diskusi kelompok. Dengan mengangkat topik suara demokrasi akan memperluas siswa dalam turut aktif dan membantu dalam membangun budaya demokrasi dengan konteks lingkungan sekitar. 

References

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 3222–3229. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2581.

Wulandari, R., Choirun’nisa, F. M., Aisy, N. R., & Riduan. (2022). Pengelolaan Manajemen Kurikulum Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Bunda Rosa Desa Langkan 1 Banyuasin III. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(1), 164–174.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Cakra Books.

Sugiyono, P. D. (2018). METODE PENELITIAN KUALITATIF (Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif) (M. S. Sofia Yustiyani Suryandari, S.E. (ed.); Edisi keti). ALFABETA CV.

Ubaedillah, A. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan Pancasila, Demokrasi dan Pencegahan Korupsi. https://books.google.com/books?hl=en%5C&lr=%5C&id=gFc_DwAAQBAJ%5C&oi=fnd%5C&pg=PA47%5C&dq=kewarganegaraan%5C&ots=FxXybiuhHZ%5C&sig=bs0fsjJDl5wn3p7GzbOj8suEZM0.

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274.

Ulandari, S, & Dwi, D. (2023). Jurnal moral kemasyarakatan Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai. 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309.

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Jaenab Fauziah, M., & Suanto. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dengan Tema Suara Demokrasi melalui Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 4(2), 155–160. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/42577