Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Nasionalisme Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Authors

  • Laras Dwi Tiffany Alyschiara Universitas Pamulang
  • Hendri Universitas Pamulang

Abstract

Implementasi penguatan pendidikan karakter (ppk) nasionalisme melalui mata pelajaran PPKn diperlukan untuk meningkatkan karakter nasionalisme peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi penguatan pendidikan karakter (PPK) nasionalisme melalui mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi penguatan pendidikan karakter (PPK) nasionalisme melalui mata pelajaran PPKn yaitu menyisipkan menyanyikan lagu nasional di dalam RPP untuk pembelajaran PPKn serta diperkuat melalui materi pembelajarannya. Kemudian didukung oleh partisipasi khususnya dari guru PPKn dan semua pihak terkait di sekolah dalam memberikan pengaruh positif melalui sikap keteladanan dan pembiasaan yang diterapkan, lingkungan dan budaya sekolah, serta kegiatan sekolah, sehingga peserta didik dapat memperoleh pemahaman yang mendalam tentang karakter nasionalisme. Adapun faktor pendukung yaitu pihak sekolah yang telah membantu dalam proses pembelajaran sehingga dapat dibuktikan implementasi penguatan pendidikan karakter (PPK) nasionalisme meningkatkan kesadaran peserta didik untuk menjaga dan mempertahankan semangat nasionalisme demi kebanggaan identitas nasional. Tetapi adapun faktor penghambatnya dalam meningkatkan karakter nasionalisme dari peserta didik seperti di tengah arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang canggih maka mudah diakses oleh berbagai usia.

Kata-kata kunci: Penguatan Pendidikan Karakter (PPK); Karakter Nasionalisme; PPKn

References

Arif, D. B. (2012). Kontribusi Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Pengembangan Karakter Bangsa: Prospek Dan Tantangan Di Tengah Masyarakat Yang Multikultural. Didaktika 1 (1), 85-98.

Fauziah, I. N. N., & Dewi, D. A. (2021). Membangun Semangat Nasionalisme Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(02), 93–103.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Budaya Nomor 20 Tahun 2018 Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. Pada Pasal 1 ayat 1 bahwa Penguatan Pendidikan Karakter yang selanjutnya disingkat PPK. (2018). https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud20-2018PenguatanPendidikanKarakter.pdf

Putra, M. A. (2016). Internet Membuat Lagu Wajib Nasional “Luntur.” CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20160817083551-227-151905/internet-membuat-lagu-wajib-nasional-luntur

Rahayu, P. R. (2023). Fenomena K-Pop: Dampak Positif dan Tantangan Bagi Budaya Indonesia.Kumparan.https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/royalesun000/fenomena-k-pop-dampak-positif-dan-tantangan-bagi-budaya-indonesia-20a2KgfPdNU

Samho, B. (2013). VISI PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA Tantangan dan Relevensi (Dwiko (Ed.)). PT KANISIUS

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfa Beta.

Teta, M. K. (2021). Pengaruh Pelaksanan Pendidikan Karakter pada Pelajaran PKn terhadap Sikap Nasionalisme Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(Januari), 25–31.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 37 (1) Kurikulum pendidikan dasar dan menengah. (2003). https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1, (2003). https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf

Wardani, Intan Sri., Formen, Ali., dan M. (2020). Perbandingan Konsepsi Thomas Lickona dan Ki Hadjar Dewantara dalam Nilai Karakter Pada Ranah Pendidikan Anak Usia Dini Serta Relevansinya di Era Globalisasi. Universitas Negeri Semarang, 469.

Warsono, D. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PKn di MTs Negeri Ngemplak. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wasilah, & Siminto. (2023). Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP IT Al-Manar Bun Kobar. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidika

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Dwi Tiffany Alyschiara, L., & Hendri. (2024). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Nasionalisme Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 4(2), 190–198. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/42621