Persepsi Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Tentang Penggunaan ChatGPT Dalam Proses Pembelajaran

Authors

  • Duanita Oktaviandari Harini Universitas Pamulang
  • Setiawati

Abstract

ChatGPT merupakan salah satu teknologi kecerdasan buatan yang mampu menghasilkan prosa dalam waktu yang sangat singkat, hal ini sangat membantu mahasiswa dalam mengerjakan tugas akademik. Disamping pemanfaatan ChatGPT dalam pembelajaran, ternyata terdapat kecemasan terkait penggunaan ChatGPT yang dapat melanggar etika akademis. Dalam hal ini maka peneliti menemukan hal yang perlu diteliti dengan judul "Persepsi Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Tentang Penggunaan ChatGPT Dalam Proses Pembelajaran". Maka tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan tentang penggunaan ChatGPT dalam proses pembelajaran di Universitas Pamulang. Menggunakan pendekatan kualitatif, data deskriptif dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memahami ChatGPT sebagai alat berbasis kecerdasan buatan yang dapat membantu dalam mencari ide, menyelesaikan masalah, dan mengembangkan materi perkuliahan. ChatGPT dianggap mampu memberikan jawaban yang cepat, relevan, dan efisien dalam berbagai aspek pembelajaran. Namun, beberapa mahasiswa khawatir bahwa penggunaan ChatGPT dapat mengurangi minat dalam literasi dan kemampuan berpikir kritis. Mahasiswa menyadari pentingnya memverifikasi informasi yang diberikan oleh ChatGPT dengan sumber lain untuk memastikan keakuratannya. Penggunaan ChatGPT juga dianggap mampu meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar, meskipun terdapat kekhawatiran terkait potensi penyalahgunaan yang dapat melanggar etika akademis. Maka, dengan panduan dan kebijakan yang tepat, ChatGPT memiliki potensi besar dalam mendukung proses pembelajaran, meningkatkan pemahaman konsep, dan memotivasi mahasiswa untuk belajar lebih aktif.

Author Biography

Duanita Oktaviandari Harini, Universitas Pamulang

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

References

Arifdarma, I. (2023). Pengaruh Teknologi ChatGPT Terhadap Dunia Pendidikan: Potensi dan Tantangan. Jurnal AgriWidya, 4(1). https://repository.pertanian.go.id/items/7911bf51-8ac7-4933-bb3f-6eb05d138c01

Baker, P. (2023). ChatGPT for Dummies. For Dummies.

Brian, B., Albert, G., Gerald, C. J., Gulo, Y. R. W., Wijaya, A. C. R., Pratama, M., Fransiska, Shandira, M. N., Sari, T. S. N., & Ningsih, D. E. (2023). ChatGPT Dalam Pembelajaran. Siega.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1), 456–463. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779

Hadian, T., & Rahmi, E. (2023). Berteman dengan ChatGPT: Sebuah Transformasi dalam Pendidikan. Jakarta: Penerbit Edu Publisher.

Rachbini, W., Evi, T., & Suyanto. (2023). Pengenalan ChatGPT: Tips dan Trik bagi Pemula. Banten: Penerbit CV. AA. Rizky.

Rudolph, J., Tan, S., & Tan, S. (2023). ChatGPT: Bullshit spewer or the end of traditional assessments in higher education? Journal of Applied Learning and Teaching, 6(1), 342–363. https://doi.org/10.37074/jalt.2023.6.1.9

Sudirman. (2022). Peranan Pembelajaran PPKn dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa. Jurnal Edukasi.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta, CV.

Suwardani, N. P. (2020). Pendidikan Karakter: dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat (I Wayan Wahyudi, Ed.; 1st ed.). UNHI Press.

Salmi, J., & Setiyanti, A. A. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan ChatGPT di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 399–406. https://doi.org/10.5281/zenodo.8403233

Tsoraya, N. D., Khasanah, I. A., Asbari, M., & Purwanto, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan.

Wahid, R., Hikamudin, E., & Hendriani, A. (2023). Analisis Penggunaan Chat-GPT Oleh Mahasiswa Terhadap Proses Pendidikan di Perguruan Tinggi. Jurnal Pedagogik Indonesia, 1(2), 112–117.

Yeadon, W., Inyang, O.-O., Mizouri, A., Peach, A., & Testrow, C. (2022). The Death of the Short-Form Physics Essay in the Coming AI Revolution. https://doi.org/10.1088/1361-6552/acc5cf

Downloads

Published

2024-09-04

How to Cite

Harini, D. O., & Setiawati. (2024). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Tentang Penggunaan ChatGPT Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 4(2), 170–182. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/42627