Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Dalam Meningkatkan Literasi
Abstract
Kampus Mengajar adalah suatu kegiatan pengabdian kepada Masyarakat yang melibatkan
Mahasiswa aktif mulai dari Semester 4 penerapan kegiatan tersebut berada di kawasan 3T
(Terdepan, Tertinggal, Terpencil), sedangkan Literasi merupakan suatu kegiatan atau
kemampuan membaca, menulis, menyimak dan berbicara yang harus dikuasai Peserta
Didik. Dalam hal ini peneliti menemukan hal yang perlu diteliti dengan judul
“Implementasi Kampus Mengajar Angkatan 6 Dalam Meningkatkan Literasi (Studi
Desktiptif Kualitatif di SMP Falatehan)”. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui
penerapan program kampus mengajar angkatan 6 dalam meningkatkan literasi di SMP
Falatehan, dengan menggunakan pendekatan Kualitatif, data Deskriptif dikumpulkan
dengan Obeservasi, Wawancara, Dokumentasi. Penelitian ini, menghabiskan waktu kurang
lebih 6 bulan mulai dari pengajuan judul Skripsi, Berdasarkan hasil penelitian Literasi
peserta didik ada peningkatan dilihat dari nilai Pretest-Postest AKM Kelas dan nilai raport.
Bahkan pembiasaan kegiatan Literasi selama 15 menit sebelum memasuki kelas yang
dibuat untuk memfasilitasi untuk meningkatkan Literasi Peserta Didik mereka mulai
terbiasa mengikuti kegiatan tersebut.
Kata Kunci : Implementasi Kampus Mengajar, Literasi, Peserta Didik.
References
Annisa, A. A., Kirana, H., Ristanury, T. S., Hilman, D. R., Angreini, A., Melisa, P., & Ardianto, F. (2022). Literasi, Numerasi Dan Adaptasi Teknologi Kampus Mengajar 2 Di Sekolah Dasar
Negeri 1 Sumbawa Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Suluh Abdi, 4(1), 55. https://doi.org/10.32502/sa.v4i1.4585
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar
Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Khotimah, N. R., Riswanto, & Udayati. (2021). Pelaksanaan program kampus mengajar di sd
negeri 014 palembang sumatera selatan. Sinar Sang Surya (Jurnal Pusat Pengabdian Kepada
Masyarakat), 5(2), 194–204. Nizam. (2020). MBKM Guidebook. 1–42. Rahmadani, A., Syariful, S., & Restavia, O. (2022). Dampak Program Kampus Mengajar
Terhadap Keterampilan Pemberian Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar: Studi
Kualitatif pada Mahasiswa BKI Universitas Al-azhar Indonesia. JURNAL Al-AZHAR
INDONESIA SERI HUMANIORA, 7(1), 66. https://doi.org/10.36722/sh.v7i1.996
Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Waldi, A., Putri, N. M., Indra, I., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran
Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi Peserta
Didik Sekolah Dasar di Sumatera Barat. Journal of Civic Education, 5(3), 284–292. https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.725
Wati, M. L. K., Vera Wardani, S., Sulistyaningrum, S., Widianti, N., Sb, N. S., Sabbardi, M., Susetyo, A. M., Fahmy, Z., & Rahman, H. (2024). PERKEMBANGAN BARU DALAM
PENDIDIKAN LITERASI. Alinea Edumedia. https://books.google.co.id/books?id=HmIREQAAQBAJ
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahayu, Setiawati S.Pd. M.H

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.