Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Dalam Meningkatkan Literasi

Authors

  • Rahayu Universitas Pamulang
  • Setiawati

Abstract

Kampus Mengajar adalah suatu kegiatan pengabdian kepada Masyarakat yang melibatkan

Mahasiswa aktif mulai dari Semester 4 penerapan kegiatan tersebut berada di kawasan 3T

(Terdepan, Tertinggal, Terpencil), sedangkan Literasi merupakan suatu kegiatan atau

kemampuan membaca, menulis, menyimak dan berbicara yang harus dikuasai Peserta

Didik. Dalam hal ini peneliti menemukan hal yang perlu diteliti dengan judul

“Implementasi Kampus Mengajar Angkatan 6 Dalam Meningkatkan Literasi (Studi

Desktiptif Kualitatif di SMP Falatehan)”. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui

penerapan program kampus mengajar angkatan 6 dalam meningkatkan literasi di SMP

Falatehan, dengan menggunakan pendekatan Kualitatif, data Deskriptif dikumpulkan

dengan Obeservasi, Wawancara, Dokumentasi. Penelitian ini, menghabiskan waktu kurang

lebih 6 bulan mulai dari pengajuan judul Skripsi, Berdasarkan hasil penelitian Literasi

peserta didik ada peningkatan dilihat dari nilai Pretest-Postest AKM Kelas dan nilai raport.

Bahkan pembiasaan kegiatan Literasi selama 15 menit sebelum memasuki kelas yang

dibuat untuk memfasilitasi untuk meningkatkan Literasi Peserta Didik mereka mulai

terbiasa mengikuti kegiatan tersebut.

Kata Kunci : Implementasi Kampus Mengajar, Literasi, Peserta Didik.

References

Annisa, A. A., Kirana, H., Ristanury, T. S., Hilman, D. R., Angreini, A., Melisa, P., & Ardianto, F. (2022). Literasi, Numerasi Dan Adaptasi Teknologi Kampus Mengajar 2 Di Sekolah Dasar

Negeri 1 Sumbawa Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Suluh Abdi, 4(1), 55. https://doi.org/10.32502/sa.v4i1.4585

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar

Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Khotimah, N. R., Riswanto, & Udayati. (2021). Pelaksanaan program kampus mengajar di sd

negeri 014 palembang sumatera selatan. Sinar Sang Surya (Jurnal Pusat Pengabdian Kepada

Masyarakat), 5(2), 194–204. Nizam. (2020). MBKM Guidebook. 1–42. Rahmadani, A., Syariful, S., & Restavia, O. (2022). Dampak Program Kampus Mengajar

Terhadap Keterampilan Pemberian Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar: Studi

Kualitatif pada Mahasiswa BKI Universitas Al-azhar Indonesia. JURNAL Al-AZHAR

INDONESIA SERI HUMANIORA, 7(1), 66. https://doi.org/10.36722/sh.v7i1.996

Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Waldi, A., Putri, N. M., Indra, I., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran

Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi Peserta

Didik Sekolah Dasar di Sumatera Barat. Journal of Civic Education, 5(3), 284–292. https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.725

Wati, M. L. K., Vera Wardani, S., Sulistyaningrum, S., Widianti, N., Sb, N. S., Sabbardi, M., Susetyo, A. M., Fahmy, Z., & Rahman, H. (2024). PERKEMBANGAN BARU DALAM

PENDIDIKAN LITERASI. Alinea Edumedia. https://books.google.co.id/books?id=HmIREQAAQBAJ

Downloads

Published

2025-03-21

How to Cite

Rahayu, & Setiawati. (2025). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Dalam Meningkatkan Literasi. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 5(1), 19–25. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/42636