Penanaman Sikap Nasionalisme Melalui Pembelajaran PPKn Pada Siswa SMA
Abstract
Sikap nasionalisme merupakan sikap yang sangat penting dimiliki oleh siswa maupun guru, sikap nasionalisme juga dapat menjaga keutuhan bangsa Indonesia. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap nasionalisme siswa dalam lingkungan sekolah SMA Triguna Utama sudah berjalan dengan baik dilihat dari hasilnya yaitu; peserta didik dapat menyerap pembelajaran yang diberikan oleh guru PPKn, serta mampu menerapkannya dilingkungan kelas, sekolah dan di masyarakat. Dari hasil penelitian ternyata mata pembelajaran PPKn lebih berperan aktif dalam membangun sikap nasionalisme dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penanaman sikap nasionalisme melalui pembelajaran PPKn sudah cukup baik dapat dibuktikan dari peserta didik yang menerapkan sikap nasionalisme dalam kegiatannya sehari hari, namun masih terdapat beberapa siswa yang masih belum mampu menerapkan sikap nasionalisme dikarenakan belum adanya motivasi yang kuat dan malu untuk menerapkan sikap tersebut.
References
Dr. Nursapia Harahap, M. . (2020). Penelitian Kualitatif. Dr. Yatim Riyanto, M. P. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif. In Metodologi
Penelitian Pendidikan Kualitatif. Nasution, W. N. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN. Medan: Perdana Publishing. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif. Metode Penelitian, 32–41.
Adhari, P. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Nilai- nilai Nasionalisme Masyarakat Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7351–7356. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2149
Agus, E. (2021). Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai Nasionalisme Generasi Muda. Iuris Studia:
Jurnal Kajian Hukum, 2, 26–33. https://doi.org/10.55357/is.v2i1.75
Andajani, K. (2022). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan
Profesi Guru, 2. Asril, Jaenam, Syahrizal, Armalena, & Yuherman. (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Demokrasi
dan Nasionalisme Pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1300–1309. https://jim.usk.ac.id/sejarah
Aswidar, R., & Saragih, S. Z. (2022). Karakter Religius,Toleransi, dan Disiplin pada Siswa
Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 134. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43373
Brahma, I. A. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata
Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97. https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.97- 102.2020
DJ, N., & Jumardi, J. (2022). Peran Guru dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme terhadap
Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8341–8348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3775
Fadil, K. (2023). Peran Guru Dalam Penanaman Sikap Anti Bullying Verbal Dalam Pembelajaran
PKN di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 123–
133. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.411
Indriati, K. I., Muchlas, M., & Syuti, M. (2023). Kebiasaan Belajar Siswa Sekolah Menengah
Kejuruan Saat Pandemi Covid-19 Di SMK Muhammadiyah Purwodadi Purworejo. JIM:
Jurnal Ilmiah Mahasiswa …, 8(3). http://jim.usk.ac.id/sejarah/article/view/25117%0Ahttps://jim.usk.ac.id/sejarah/article/viewFi
le/25117/11893
Junanto, S., Wahid, A., & Wahyuningsih, R. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam
Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 43. Najib, M., Imtiyaz, A., & Najicha, F. U. (2022). Indonesia Dalam Menangkal Budaya Asing Di
Era Globalisasi. Journal Unnes, 7(2), 140–144. Putri, Y., & Hamdan, S. R. (2021). Sikap dan Kompetensi Guru Pada Pendidikan Inklusi di
Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 138. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p138-152
Rachman, F., Taufika, R., Kabatiah, M., Batubara, A., Pratama, F. F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Pelaksanaan Kurikulum PPKn pada Kondisi Khusus Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5682–5691. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1743
Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa
Vol. 5 No. 1 Maret 2025
p-issn 2809-5154
e-issn 2809-5057
78
Ratih, L. D., & Najicha, F. U. (2021). Wawasan Nusantara Sebagai Upaya Membangun Rasa Dan
Sikap Nasionalisme Warga Negara : Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Global Citizen : Jurnal
Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 59–64. https://doi.org/10.33061/jgz.v10i2.5755
Rismayani, L. D., Kertih, I. W., & Sendratari, L. P. (2020). Penanaman Sikap Sosial Melalui
Pembelajaran Ips Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan IPS
Indonesia, 4(1), 8–15. https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.3164
Rizky Amalia, F., & Ulfatun Najicha, F. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam
Mengatasi Lunturnya Nilai Nasionalisme Dan Cinta Nkri Di Era Globalisasi. Jurnal
Kewarganegaraan, 6(1), 1–8. Salamah, U., & Muhibban, A. (2019). Pengaruh kredibilitas komunikator dalam sosialisasi P4GN
(Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Pengedaran Gelap Narkoba) terhadap
sikap anak. Jurnal Komunikasi Universitas Garut, 1(2), 3–13. journal.uniga.ac.id
Saputra, I. A. A., & Najicha, F. U. (2024). Pengaruh Lingkungan Terhadap Tumbuhnya Jiwa
Nasionalisme. Konstruksi Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.56393/konstruksisosial.v2i1.893
Sholihatin, E., Kusnarto, K., & Warsiman, W. (2020). Harmonisasi Nilai-Nilai Bela Negara
Dengan Sistem Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Untuk Meningkatkan Nasionalisme. Public
Administration Journal of Research, 2(2), 139–151. https://doi.org/10.33005/paj.v2i2.43
Sinaga, R., Silaban, P., & Sipayung, R. (2020). Pengaruh Sikap Guru Terhadap Kompetensi Guru
Sekolah Dasar Budi Murni 2 Medan Tahun. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 356–362. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.500
Sukesih, S., Usman, U., Budi, S., & Sari, D. N. A. (2020). Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa
Kesehatan Tentang Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan
Kebidanan, 11(2), 258. https://doi.org/10.26751/jikk.v11i2.835
Sumartini, S., & Maretha, V. (2020). Efektifitas Peer Education Method dalam Pencegahan
HIV/AIDS terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja. Jurnal Pendidikan Keperawatan
Indonesia, 6(1), 77–84. https://doi.org/10.17509/jpki.v6i1.21130
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andri Kurniawan, Rachmatulloh Rusli SAg, M.Pd.I

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.