Penanaman Sikap Nasionalisme Melalui Pembelajaran PPKn Pada Siswa SMA

Authors

  • Andri Kurniawan Student
  • Rachmatulloh Rusli SAg, M.Pd.I Teacher

Abstract

Sikap nasionalisme merupakan sikap yang sangat penting dimiliki oleh siswa maupun guru, sikap nasionalisme juga dapat menjaga keutuhan bangsa Indonesia. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap nasionalisme siswa dalam lingkungan sekolah SMA Triguna Utama sudah berjalan dengan baik dilihat dari hasilnya yaitu; peserta didik dapat menyerap pembelajaran yang diberikan oleh guru PPKn, serta mampu menerapkannya dilingkungan kelas, sekolah dan di masyarakat. Dari hasil penelitian ternyata mata pembelajaran PPKn lebih berperan aktif dalam membangun sikap nasionalisme dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penanaman sikap nasionalisme melalui pembelajaran PPKn sudah cukup baik dapat dibuktikan dari peserta didik yang menerapkan sikap nasionalisme dalam kegiatannya sehari hari, namun masih terdapat beberapa siswa yang masih belum mampu menerapkan sikap nasionalisme dikarenakan belum adanya motivasi yang kuat dan malu untuk menerapkan sikap tersebut.

References

Dr. Nursapia Harahap, M. . (2020). Penelitian Kualitatif. Dr. Yatim Riyanto, M. P. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif. In Metodologi

Penelitian Pendidikan Kualitatif. Nasution, W. N. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN. Medan: Perdana Publishing. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif. Metode Penelitian, 32–41.

Adhari, P. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Nilai- nilai Nasionalisme Masyarakat Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7351–7356. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2149

Agus, E. (2021). Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai Nasionalisme Generasi Muda. Iuris Studia:

Jurnal Kajian Hukum, 2, 26–33. https://doi.org/10.55357/is.v2i1.75

Andajani, K. (2022). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan

Profesi Guru, 2. Asril, Jaenam, Syahrizal, Armalena, & Yuherman. (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Demokrasi

dan Nasionalisme Pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1300–1309. https://jim.usk.ac.id/sejarah

Aswidar, R., & Saragih, S. Z. (2022). Karakter Religius,Toleransi, dan Disiplin pada Siswa

Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 134. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43373

Brahma, I. A. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata

Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97. https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.97- 102.2020

DJ, N., & Jumardi, J. (2022). Peran Guru dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme terhadap

Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8341–8348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3775

Fadil, K. (2023). Peran Guru Dalam Penanaman Sikap Anti Bullying Verbal Dalam Pembelajaran

PKN di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 123–

133. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.411

Indriati, K. I., Muchlas, M., & Syuti, M. (2023). Kebiasaan Belajar Siswa Sekolah Menengah

Kejuruan Saat Pandemi Covid-19 Di SMK Muhammadiyah Purwodadi Purworejo. JIM:

Jurnal Ilmiah Mahasiswa …, 8(3). http://jim.usk.ac.id/sejarah/article/view/25117%0Ahttps://jim.usk.ac.id/sejarah/article/viewFi

le/25117/11893

Junanto, S., Wahid, A., & Wahyuningsih, R. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam

Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 43. Najib, M., Imtiyaz, A., & Najicha, F. U. (2022). Indonesia Dalam Menangkal Budaya Asing Di

Era Globalisasi. Journal Unnes, 7(2), 140–144. Putri, Y., & Hamdan, S. R. (2021). Sikap dan Kompetensi Guru Pada Pendidikan Inklusi di

Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 138. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p138-152

Rachman, F., Taufika, R., Kabatiah, M., Batubara, A., Pratama, F. F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Pelaksanaan Kurikulum PPKn pada Kondisi Khusus Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5682–5691. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1743

Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa

Vol. 5 No. 1 Maret 2025

p-issn 2809-5154

e-issn 2809-5057

78

Ratih, L. D., & Najicha, F. U. (2021). Wawasan Nusantara Sebagai Upaya Membangun Rasa Dan

Sikap Nasionalisme Warga Negara : Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Global Citizen : Jurnal

Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 59–64. https://doi.org/10.33061/jgz.v10i2.5755

Rismayani, L. D., Kertih, I. W., & Sendratari, L. P. (2020). Penanaman Sikap Sosial Melalui

Pembelajaran Ips Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan IPS

Indonesia, 4(1), 8–15. https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.3164

Rizky Amalia, F., & Ulfatun Najicha, F. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam

Mengatasi Lunturnya Nilai Nasionalisme Dan Cinta Nkri Di Era Globalisasi. Jurnal

Kewarganegaraan, 6(1), 1–8. Salamah, U., & Muhibban, A. (2019). Pengaruh kredibilitas komunikator dalam sosialisasi P4GN

(Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Pengedaran Gelap Narkoba) terhadap

sikap anak. Jurnal Komunikasi Universitas Garut, 1(2), 3–13. journal.uniga.ac.id

Saputra, I. A. A., & Najicha, F. U. (2024). Pengaruh Lingkungan Terhadap Tumbuhnya Jiwa

Nasionalisme. Konstruksi Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.56393/konstruksisosial.v2i1.893

Sholihatin, E., Kusnarto, K., & Warsiman, W. (2020). Harmonisasi Nilai-Nilai Bela Negara

Dengan Sistem Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Untuk Meningkatkan Nasionalisme. Public

Administration Journal of Research, 2(2), 139–151. https://doi.org/10.33005/paj.v2i2.43

Sinaga, R., Silaban, P., & Sipayung, R. (2020). Pengaruh Sikap Guru Terhadap Kompetensi Guru

Sekolah Dasar Budi Murni 2 Medan Tahun. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 356–362. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.500

Sukesih, S., Usman, U., Budi, S., & Sari, D. N. A. (2020). Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa

Kesehatan Tentang Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan

Kebidanan, 11(2), 258. https://doi.org/10.26751/jikk.v11i2.835

Sumartini, S., & Maretha, V. (2020). Efektifitas Peer Education Method dalam Pencegahan

HIV/AIDS terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja. Jurnal Pendidikan Keperawatan

Indonesia, 6(1), 77–84. https://doi.org/10.17509/jpki.v6i1.21130

Downloads

Published

2025-03-21

How to Cite

Andri Kurniawan, & Rachmatulloh Rusli SAg, M.Pd.I. (2025). Penanaman Sikap Nasionalisme Melalui Pembelajaran PPKn Pada Siswa SMA . Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 5(1), 72–78. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/48326