Peran Guru PPKn Dalam Peningkatan Literasi Belajar Siswa Kelas Viii Smp An-Najiyah Pondok Aren Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Kurniawan Dwi Yanto Universitas Pamulang
  • Lina Marlina Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Guru PPKn dalam peningkatkan literasi belajar
siswa kelas VIII di SMP An-Najiyah Pondok Aren Kota Tangerang Selatan. Menggunakan metode
kualitatif, subjek penelitian meliputi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Guru PPKn, Guru
IPS, Guru PAI, dan siswa beragama Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, serta
Konghucu. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dianalisis dengan
teknik coding. Hasil penelitian menunjukkan gerakan literasi di SMP An-Najiyah berjalan baik,
dilakukan melalui strategi di dalam maupun luar kelas. Guru mendorong siswa memanfaatkan
waktu luang untuk membaca dan membawa beragam buku, seperti LKS, buku paket, cerita fabel,
dan dongeng, untuk meningkatkan minat baca siswa. Buku favorit siswa, seperti komik dan buku
bergambar, dinilai efektif menarik perhatian dan mempermudah pemahaman. Guru PPKn
memainkan peran penting melalui pembiasaan membaca di awal pembelajaran, tugas membaca di
rumah, serta pemanfaatan waktu luang. Selain itu, keberhasilan literasi didukung lingkungan
sekolah yang ramah literasi, seperti perpustakaan memadai dan sudut baca di kelas. Kolaborasi
antara sekolah, masyarakat, dan pihak terkait juga berkontribusi menciptakan lingkungan akademik
yang literat. Guru memiliki tanggung jawab besar membimbing, memotivasi, dan menyediakan
fasilitas belajar efektif demi perkembangan literasi siswa.
Kata Kunci : Guru PPKn, Peningkatan Literasi, Belajar Siswa

References

Abidin Yunus, Mulyat. T, Yunansyah, 2024. “Strategi Kemampuan Literasi Matematika,Sains, Membaca dan Menulis” Jakarta : Bumi Aksara. Ahmad Rijali. (2023). Analisis data kualitatif. UIN Antasari Banjarmasin. Budiharto, B. Triyono T, Suparman S, 2021. “Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pembayaran Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan” Jakarta :

Seuneurok Lada. Ahmadi, F, & Ibda, H, 2022. “ Media Literasi Sekolah “. Semarang : CV Pilar Nusantara. Alexandro R, & Misnawati, 2021. “Profesi keguruan ( Menjadi Guru Profesional )”. Palangkaraya : Guepedia. Anggraini, T., & Saputra, E. (2021). Kolaborasi Sekolah dan Orang Tua dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(2), 101-115. Anwar, S., & Cahyono, R. (2022). Peran Literasi dalam Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 15-24. Arifin, M., & Yuliana, D. (2023). Literasi Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi

Pembelajaran Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 10(3), 88-102. Budiharto, B. Triyono T, Suparman S, 2018. “Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan

Masyarakat Pembayaran Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan”

Jakarta : Seuneurok Lada. Cahyani, K., & Dewi, D. A. (2021). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam

Membentuk Karakter Peserta Didik agar Menciptakan Siswa yang Berkualitas. Jurnal

Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 268-280. Faizah, Dewi Utama, dkk. 2019. “ Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan

Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hamalik Oemar, 2022. “Psikolog Belajar dan Mengajar” Bandung : Sinar Baru Algesindo

Haryani, S.Pd. ,M.Pd. Ahmad Sulung S.Pd. ,M.Pd, dkk, 2024 “Teori dan Konsep Profesi

Keguruan Yang Propesional Untuk Menghasilkan Peserta Didikan Yang Unggul” Jambi :

Sonpedia Publishing Into 6-7. Hasan, S, 2018. “Profesi dan Profesionalisme Guru”, Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia. Herman,T, Akbar, A, dkk, 2023. “ Kecakapan abad 21 ( Literasi matematis, Berpikir

matematis, dan Berpikir Komputasi)”. Bandung : Indonesia Emas Grup. Hidayat, A., & Kurniawati, R. (2022). Optimalisasi Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Nusantara, 14(1), 23-32.

Ismail Nurdin, dan Hartati, Sri. (2021). Metodologi Penelitian sosial. Surabaya : Media Sahabat Cendikia

Kemendikbud 2022. Buku Saku : Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta : Direktorat Jendral

Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kusuma, R. N., & Hartanto, Y. (2023). Pemanfaatan Literasi Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pelajaran. Jurnal Pendidikan Visual, 9(1), 67-78. Masganti, 2018 “Perkembangan Peserta Didik”. Medan : Perdana Publishing. Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman. 1994. An Expanded Sourcebook: Qualitative

Data Analysis. London: Sage Publications. Nasrikin, H, & Seyowati, R 2022. Peran karang taruna dalam pembentukan sikap

nasionalisme remaja desa pulerejo Kecamatan Dawarblondong Kabupaten Mojokerto. Kajian Moral dan Kewaganegaraan, 1 (4), 1866-200. Nurhadi, M., & Lestari, S. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa

di Era Teknologi. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 9(2), 101-110

Nurihsan, A, J. 2020. “Membangun Peradaban Melalui Pendidikan”. Bandung : PT Refika

Aditama. Nurhadi. (2004). Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang Press. Prasetyo, H., & Wulandari, T. (2023). Implementasi Program Literasi Sekolah dalam

Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 12(3), 78-90. Putri, D. F., & Santoso, R. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(4), 56-68. Rima, P. Y., & Banda, Y. M. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Literasi Digital bagi Siswa Kelas X di SMA Swasta Adhyaksa. Ekspektasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(2), 123-135. Sari, D. K., & Wijaya, A. (2021). Pengaruh Kegiatan Literasi Terhadap Pemahaman Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Kebudayaan, 7(2), 45-58. Setiawan, A., & Wardhani, D. P. (2023). Hubungan Literasi dengan Pemahaman Informasi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 10(1), 56-67. Sugiyono, 2020. ’Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta. Suhendra, E., & Rahmawati, N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Literasi melalui Media Buku Cerita Bergambar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak Indonesia, 11(2), 34- 45. Surati, 2024.” Bata Musiman Sebagai Strategi gerakan Literasi Sekolah”. Lombok : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia. Syah, M. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Baca Mahasiswa

STAIN Parepare. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1-14. Tarigan, Henry Guntur, 2021. “Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa”. Bandung :Angkasa.

Tifani, A., & Timotius, Y. (2023). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Penguatan Literasi Digital Siswa dalam Proses Pembelajaran. Honai: Jurnal Pendidikan, 5(2), 45-60. Undang-Undang Dasar 1945. Tentang Setiap Warga Negara Berhak Mendapatkan Pendidikan. Undang-Undang Tahun 2005 Nomor 14 Pasal 1 Ayat (1), Tentang Guru dan Dosen. Wicaksono Anggit Grahito S.Pd. ,M.Pd. 2020. “Belajar dan Pembelajaran”. Surakarta :

Unistki Press. Widyastuti, A, 2020. “Kiat Jitu Anak Gemar Baca Tulis”. Jakarta : PT Elex Media

Komputindo. Widyaningrum, Lulut 2021. “ Membudayakan Literasi Berbasis Manajemen Sekolah”. Jurnal

Dimas. Wijaya, H. 2020. Ringkasan dan Ulasan Buku Analisis Data Penelitian Kualitatif (Prof. Burhan Bungin)

Downloads

Published

2025-03-21

How to Cite

Kurniawan Dwi Yanto, & Lina Marlina. (2025). Peran Guru PPKn Dalam Peningkatan Literasi Belajar Siswa Kelas Viii Smp An-Najiyah Pondok Aren Kota Tangerang Selatan. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 5(1), 86–101. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/48327