Peran Guru Dalam Pembentukan Disiplin Pada Peserta Didik
Abstract
Berdasarkan hasil observasi, peneliti melihat masih ada beberapa peserta didik di SMP Muhammadiyah 3 Kota Tangerang yang masih kurang disiplin. Sehingga peneliti ingin meneliti penyebab hal tersebut. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka yang menjadi rumusan pada masalah penelitian ini yaitu melihat bagaimana peran guru dalam pembentukan disiplin pada peserta didik di SMP Muhammadiyah 3 Kota Tangerang dan kendala apa sajakah dalam pembentukan disiplin pada peserta didik di SMP Muhammadiyah 3 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PPKn, guru kelas 7, 8 dan 9, guru bidang kesiswaan, serta perserta didik kelas 7,8, dan 9. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui disiplin pada peserta didik di SMP Muhammadiyah 3 Kota Tangerang. Teknis analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Wawancara dilakukan untuk mengetahui apa saja peran yang dilakukan guru serta kendala yang dialami guru dalam membentuk disiplin pada peserta didik di SMP Muhammadiyah 3 Kota Tangerang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru di SMP Muhammadiyah 3 Kota Tangerang sudah menerapkan perannya dalam pembentukan disiplin pada peserta didik. Kendala dalam pembentukan disiplin pada peserta didik cenderung dari faktor internal pada diri peserta didik. Adapun solusinya yaitu dengan menerapkan pembinaan dan pendekatan dalam membentuk disiplin pada peserta didik yang dilakukan oleh sekolah.
Kata-kata kunci: Peran Guru 1; Pembentukan 2; Disiplin 3
References
Berpikirkritis, K., Vertebrata, M., & Siswa, P. (2018). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN
BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIRKRITIS MATERI VERTEBRATA
PADA SISWA SMA Dzaalika Aldeirre 1) , Ratna Komala 2) , Erna Heryanti 3) 1). 5(2), 110–116. https://doi.org/10.25273/florea.v5i
Frisela, E. (2021). DAMPAK METODE CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) TERHADAP
HASIL BELAJAR PPKn Siswa. Universitas Pamulang. Hapudin, Soleh, M. (2021). TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. KENCANA. Jusra, H., & Rahmadiana, S. (2020). Penerapan Metode Brainstorming Berbantu Alat Peraga
terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. 4(2), 263–273. Kadir, A. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan (A. Kadir (ed.); 1st ed.). PRENADAMEDIA GROUP. Kusumastuti, A., Khoiron, Mustamil, A., & Achmadi, Ali, T. (2020). metode penelitian kuantitatif
(pertama). Deepiblis. Nurafriani, Novi, S. (2012). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING (CURAH
GAGASAN) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN
MATEMATIKA. Siregar, E., & Nara, H. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran (A. Jamaludin (ed.); 4th ed.). Ghalia
Indonesia. Suciono, W. (2021). BERPIKIR KRITIS (Kodri (ed.); 1st ed.). Penerbit Adab. Suryono, & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelaran, Teori dan Konsep Dasar (S. Wardan, Anang
(ed.); 4th ed.). PT REMAJA ROSDAKARYA. Utami, D. (2003). Pengruh Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada
Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. 20. Vonitasari, Maili, S. (2022). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI
MTS N 3 TEGAL. Universitas Pamulang. Widianti, Savira. (2022). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP
KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJRAN PPKn
DI SMPN 12 TANGGERANG SELATAN. Universitas Pamulang. Widianti, Savitri. (2022). pengaruh metode pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan
memecahkan masalah peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMPN 12 Tanggerang Selatan. Widiastuti, Eka, N. (2021). Lunturnya Sikap Nasionalisme Generasi Milenial Terhadap Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan. Indonesia Journal of Siciology, Education, and Development, 3(2), 80–86.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nabila Auliana, Endang Prastini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.