Pengaruh Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di SMK Letris Indonesia 2 Kota Tangerang Selatan
Abstract
Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan satu-satunya organisasi kesiswaan yang berada di lingkungan sekolah. Tujuan didirikannya Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah untuk melatih siswa dalam berorganisasi dengan baik dalam menjalankan kegiatan sekolah yang berhubungan dengan siswa. Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) berperan penting dalam meningkatkan kemampuan keorganisasian, dengan melatih siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan sekolah dalam rangka mengembangkan kedisiplinan didasarkan kepada kepatuhan peraturan yang merupakan ciri dari kedewasaan siswa. Maka dari itu, kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dapat menjadi pengembangan potensi yang dimiliki oleh peserta didik SMK Letris 2 Kota Tangerang Selatan melalui berbagai kegiatan- kegiatan. Kedisiplinan siswa adalah suatu bentuk kesediaan untuk patuh terhadap peraturan atau tata tertib yang telah diberlakukan di sekolah, karena berkualitas atau tidaknya belajar siswa sangat dipengaruhi oleh faktor kedispilan siswa, disamping faktor yang lain. Disiplin sekolah berfungsi mendukung terlaksananya proses dan kegiatan pendidikan agar berjalan lancar dan memberi pengaruh bagi terciptanya sekolah sebagai lingkungan pendidikan yang kondusif bagi kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) terhadap kedisiplinan peserta didik di SMK Letris 2 Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan koefisiensi korelasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) terhadap kedisiplinan peserta didik di SMK Letris 2 Kota Tangerang Selatan dapat dilihat dari hasil uji t (parsial) ditemukan jika nilai Sig 0,001 < 0,05 dan nilai t-hitung 3.739 > t-tabel 1.66864 dan pada uji f ditemukan jika nilai Sig 0,004 < 0,05 dan nilai f-hitung 9.230 > f-tabel 3,14 maka variabel kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) menyatakan adanya pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kedisiplinan peserta didik.
Kata-kata kunci: Kegiatan OSIS, Kedisiplinan, PPKn
References
Arif, M. (2011). Pendidikan kewarganegaraan. Jailani, S. A. P., Saputra, J. A., & SHI, M. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan. Prenada Media. Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al Ulya: Jurnal Pendidikan
Islam, 4(1), 16-28. Musbikin, I. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin. Nusamedia. SLEMAN, S. S. N. T. PENGEMBANGAN BUKU KENDALI KEDISIPLINAN TATA TERTIB. Sujarweni, V. Wiratna. 2023. METODOLOGI PENELITIAN Lengkap, Praktis, dan Mudah
Dipahami. PUSTAKABARUPRESS. 114 (62-63). Yasin, F. (2011). Penumbuhan kedisiplinan sebagai pembentukan karakter peserta didik di
madrasah. el-hikmah, (1). Daftar Jurnal
Abdul, M. (2018). PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM ORGANISASI SISWA INTRA
SEKOLAH (OSIS) TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI MTs MIFTAHUL
ULUM NGEMPLAK Kec. MRANGGEN Kab. DEMAK TAHUN PELAJARAN
2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Wahid Hasyim Semarang). Emilda, A., Khairiah, K., & Asiyah, A. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Pada Generasi
Muda di Dunia Pendidikan Melalui Kegiatan Organisasi Intra Sekolah. JPT: Jurnal
Pendidikan Tematik, 2(1), 114-121. HAYATI, N. (2019). PENGARUH KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH
TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS AL-KAUTSAR TELAGASARI
BLUMBUNGAN PAMEKASAN TAHUN 2018. Julia, I. (2021). Peranan OSIS Dalam Meningkatkan Kedisplinan Siswa dan Lulusan Bermutu di
SMP PGRI 285 Jonggol (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah
Jakarta). Lutfitasari, Y. (2009). Pengaruh aktivitas dalam organisasi siswa intra sekolah (OSIS) dan
kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar pengurus OSIS Periode 2008/2009 dalam
mata pelajaran PKn di tingkat SMA-MA Se kecamatan Subah Kabupaten Batang. Perwira, A. N. P., Fitriana, S., & Mujiyono, M. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Kedisplinan Siswa di SMA Negeri 1 Brebes. Jurnal Pendidikan dan Konseling
(JPDK), 4(4), 1393-1396.
PRIMA MELATI, V. I. V. I. (2017). PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM
ORGANISASI INTRA SEKOLAH (OSIS) DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP
HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 KOTA
JAMBI. PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM ORGANISASI INTRA SEKOLAH
(OSIS) DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA
KELAS XI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. Putri, A. T. (2019). Hubungan Aktivitas OSIS dengan Karakter Disiplin Pengurus di SMP N 92
Jakarta. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2). Sakti, W. N. (2008). Hubungan Keaktifan Berorganisasi Intra Sekolah dan Kohesivitas Peer
Group dengan Kedisiplinan Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah
Pusat). Setiawan, O. (2018). Pengaruh Aktivitas Siswa Dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PKN Di SMA Utama 2 Bandar Lampung. Toni, I. A. (2019). Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Dalam Membentuk Karakter
Siswa di SMK Negeri 2 Salatiga (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP-UKSW). Widya, I. G. A. N. T., Lasmawan, I. W., & Suastika, I. N. (2020). Upaya Pembentukan Karakter
Siswa Melalui Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Di SMP Negeri 6
Singaraja. Jurnal Media K
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Laila Ratnawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.