Pengaruh Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di SMK Letris Indonesia 2 Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Nur Laila Ratnawati Universitas Pamulang
  • Roni Rustandi Universitas Pamulang

Abstract

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan satu-satunya organisasi kesiswaan yang berada di lingkungan sekolah. Tujuan didirikannya Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah untuk melatih siswa dalam berorganisasi dengan baik dalam menjalankan kegiatan sekolah yang berhubungan dengan siswa. Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) berperan penting dalam meningkatkan kemampuan keorganisasian, dengan melatih siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan sekolah dalam rangka mengembangkan kedisiplinan didasarkan kepada kepatuhan peraturan yang merupakan ciri dari kedewasaan siswa. Maka dari itu, kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dapat menjadi pengembangan potensi yang dimiliki oleh peserta didik SMK Letris 2 Kota Tangerang Selatan melalui berbagai kegiatan- kegiatan. Kedisiplinan siswa adalah suatu bentuk kesediaan untuk patuh terhadap peraturan atau tata tertib yang telah diberlakukan di sekolah, karena berkualitas atau tidaknya belajar siswa sangat dipengaruhi oleh faktor kedispilan siswa, disamping faktor yang lain. Disiplin sekolah berfungsi mendukung terlaksananya proses dan kegiatan pendidikan agar berjalan lancar dan memberi pengaruh bagi terciptanya sekolah sebagai lingkungan pendidikan yang kondusif bagi kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) terhadap kedisiplinan peserta didik di SMK Letris 2 Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan koefisiensi korelasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) terhadap kedisiplinan peserta didik di SMK Letris 2 Kota Tangerang Selatan dapat dilihat dari hasil uji t (parsial) ditemukan jika nilai Sig 0,001 < 0,05 dan nilai t-hitung 3.739 > t-tabel 1.66864 dan pada uji f ditemukan jika nilai Sig 0,004 < 0,05 dan nilai f-hitung 9.230 > f-tabel 3,14 maka variabel kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) menyatakan adanya pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kedisiplinan peserta didik.

Kata-kata kunci: Kegiatan OSIS, Kedisiplinan, PPKn

References

Arif, M. (2011). Pendidikan kewarganegaraan. Jailani, S. A. P., Saputra, J. A., & SHI, M. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan. Prenada Media. Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al Ulya: Jurnal Pendidikan

Islam, 4(1), 16-28. Musbikin, I. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin. Nusamedia. SLEMAN, S. S. N. T. PENGEMBANGAN BUKU KENDALI KEDISIPLINAN TATA TERTIB. Sujarweni, V. Wiratna. 2023. METODOLOGI PENELITIAN Lengkap, Praktis, dan Mudah

Dipahami. PUSTAKABARUPRESS. 114 (62-63). Yasin, F. (2011). Penumbuhan kedisiplinan sebagai pembentukan karakter peserta didik di

madrasah. el-hikmah, (1). Daftar Jurnal

Abdul, M. (2018). PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM ORGANISASI SISWA INTRA

SEKOLAH (OSIS) TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI MTs MIFTAHUL

ULUM NGEMPLAK Kec. MRANGGEN Kab. DEMAK TAHUN PELAJARAN

2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Wahid Hasyim Semarang). Emilda, A., Khairiah, K., & Asiyah, A. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Pada Generasi

Muda di Dunia Pendidikan Melalui Kegiatan Organisasi Intra Sekolah. JPT: Jurnal

Pendidikan Tematik, 2(1), 114-121. HAYATI, N. (2019). PENGARUH KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH

TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS AL-KAUTSAR TELAGASARI

BLUMBUNGAN PAMEKASAN TAHUN 2018. Julia, I. (2021). Peranan OSIS Dalam Meningkatkan Kedisplinan Siswa dan Lulusan Bermutu di

SMP PGRI 285 Jonggol (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah

Jakarta). Lutfitasari, Y. (2009). Pengaruh aktivitas dalam organisasi siswa intra sekolah (OSIS) dan

kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar pengurus OSIS Periode 2008/2009 dalam

mata pelajaran PKn di tingkat SMA-MA Se kecamatan Subah Kabupaten Batang. Perwira, A. N. P., Fitriana, S., & Mujiyono, M. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi

Kedisplinan Siswa di SMA Negeri 1 Brebes. Jurnal Pendidikan dan Konseling

(JPDK), 4(4), 1393-1396.

PRIMA MELATI, V. I. V. I. (2017). PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM

ORGANISASI INTRA SEKOLAH (OSIS) DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP

HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 KOTA

JAMBI. PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM ORGANISASI INTRA SEKOLAH

(OSIS) DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA

KELAS XI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. Putri, A. T. (2019). Hubungan Aktivitas OSIS dengan Karakter Disiplin Pengurus di SMP N 92

Jakarta. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2). Sakti, W. N. (2008). Hubungan Keaktifan Berorganisasi Intra Sekolah dan Kohesivitas Peer

Group dengan Kedisiplinan Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah

Pusat). Setiawan, O. (2018). Pengaruh Aktivitas Siswa Dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)

Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PKN Di SMA Utama 2 Bandar Lampung. Toni, I. A. (2019). Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Dalam Membentuk Karakter

Siswa di SMK Negeri 2 Salatiga (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan

Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP-UKSW). Widya, I. G. A. N. T., Lasmawan, I. W., & Suastika, I. N. (2020). Upaya Pembentukan Karakter

Siswa Melalui Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Di SMP Negeri 6

Singaraja. Jurnal Media K

Downloads

Published

2025-03-21

How to Cite

Ratnawati, N. L., & Roni Rustandi. (2025). Pengaruh Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di SMK Letris Indonesia 2 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 5(1), 102–111. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JMKB/article/view/48395