Pengaruh Segmenting, Targeting, dan Positioning terhadap Keputusan Pembelian pada Iga Pochie the ICON BSD Tangerang Se-latan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jmw.v5i3.52928Keywords:
Segmenting; Targeting; Positioning; Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Segmenting, Targeting, dan Positioning terhadap Keputusan Pembelian pada Iga Pochie The Icon BSD Tangerang Selatan, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang diperoleh menggunakan rumus Rao Purba. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dan analisis data menggunakan SPSS versi 27. Pengujian data dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel Segmenting (X₁) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) (t hitung 12,897 > t tabel 1,661), Targeting (X₂) juga berpengaruh signifikan (t hitung 10,177 > t tabel 1,661), dan Positioning (X₃) memberikan pengaruh signifikan (t hitung 16,079 > t tabel 1,661). Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (F hitung 101,417 > F tabel 2,699). Dengan demikian, strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Iga Pochie The Icon BSD Tangerang Selatan.
References
Aaker, D. A., & Shansby, J. G. (2018). Po-sitioning your product. Business Ho-rizons, 25(3), 56-62. https://doi.org/10.1016/0007-6813(82)90130-6
Armstrong, G., & Kotler, P. (2020). Princi-ples of marketing (18th ed.). Pearson.
Badan Pusat Statistik. (2020). Distribusi perdagangan komoditas daging sapi di Indonesia 2019.
Dibb, S., & Simkin, L. (2016). Market seg-mentation and segment strategy. In M. Baker & S. Hart (Eds.), The marketing book (7th ed., pp. 251-280). Routledge.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multi-variate dengan program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hooley, G., Piercy, N. F., & Nicoulaud, B. (2017). Marketing strategy and com-petitive positioning (6th ed.). Pearson Education.
Kasali, R. (2018). Segmentasi, targeting, dan positioning. PT Gramedia Pustaka Utama.
Kotler Phillip, & Keller, K. L. (2018). Mar-keting Management (15th ed.). Pear-son. (15 ed).
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0: Technology for humanity. John Wiley & Sons.
Kusjono, G., & Sunarsi, D. (2020). The ef-fect of work discipline and organiza-tional commitment on employee per-formance at PT. Indah Logistik Cargo. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(1), 98-107.
Lovelock, C., & Wirtz, J. (2016). Services marketing: People, technology, strate-gy (8th ed.). World Scientific Publish-ing.
Meyliana Mega Putri Nareswari, Hartirini Warnaningtyas, Muhammad Imron, & Sudaryono. (2022).
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2018). Consum-er behavior and marketing strategy (10th ed.). McGraw-Hill Education.
Referensi Tambahan yang Relevan untuk Penelitian STP:
Ries, A., & Trout, J. (2001). Positioning: The battle for your mind (20th anni-versary ed.). McGraw-Hill.
Safitra, R. (2017). Analisis Pengaruh Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning Terhadap Keputusan Pelanggan Membeli Nu Green Tea. 6(1).
Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer behavior (12th ed.). Pear-son Education.
Solomon, M. R. (2020). Consumer behav-ior: Buying, having, and being (13th ed.). Pearson.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.
Sumarwan, U. (2017). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran (Edisi 2). Ghalia Indone-sia.
Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran: Prinsip dan penerapan (Edisi 4). Andi Offset.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, quality & satisfaction (Edisi 4). Andi Offset.
Weinstein, A. (2021). Strategic market seg-mentation: Strategies for success in modern marketing. Routledge.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.




.png)