Strategi Laboratorium dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Mahasiswa (Studi Kasus Laboratorium PPKn FKIP Universitas Ahmad Dahlan)

Authors

  • Cecep Wijaya Universitas Negeri Yogyakarta
  • Ardi Afriansyah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkn.v10i2.y2023.p75-87

Keywords:

Kata-kata kunci, Laboratorium PPKn 1, Minat Literasi Kewarganegaraan 2, Strategi 3

Abstract

Laboratorium merupakan lembaga pendidikan untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran di sekolah maupun perguruan tinggi. Selain itu laboratorium juga digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan pengetahuan melalui gerakan literasi. Literasi kewarganegaraan merupakan sebuah kegiatan yang sifatnya positif dengan tujuan untuk menambah wawasan keilmuan serta memecahkan masalah dengan kemampuan berfikir kritis disuatu bidang, berdasarkan survei yang dilakukan oleh lembaga Program for International Student Assesment (PISA) yang dirilis oleh Organization for Economic Co-operation and Development (EOCD) pada 2019 Indonesia berada diurutan 62 dari 70 negara yang ikut serta literasi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh  dalam penelitian ini dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan/verifikasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Laboratorium PPKn UAD dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Mahasiswa terbagi menjadi 2 yaitu (1) Strategi pengelolaan laboratorium PPKn UAD melalui pemahaman tentang hakikat dari Laboratorium PPKn. perencanaan program kerja, pelaksanaan program kerja dan evaluasi program kerja. (2) Strategi laboratorium PPKn dalam meningkatkan minat literasi mahasiswa PPKn UAD yaitu dengan cara pengoptimalan program kerja laboratorium, adanya fasilitas yang mendukung literasi kewarganegaraan seperti adanya ruangan literasi yang tersedia berbagai jenis buku dan bacaan skripsi.

References

Barus, S. (2020). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca. Jurnal Literasi.

Beny Dwi Lukitoaji. (N.D.). Membangun Literasi Pancasila Untuk Pendidikan Indonesia Yang Berkarakter.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran (4Pilar Peningkatan Kompetensi Padagogis. In CV Kaaffah Learning Center.

Edukasi, S. (2020). Tugas Dan Fungsi Pengelola Perpustakaan Dan Pengelola Laboratorium.

Emda, A. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83.

Hadiansyah, F., Djumala, R., & Gani, S. (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya Dan Kewargaan. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 53(9), 1689–1699.

Kemendikbudristek. (2021). Modul Literasi Budaya Dan Kewargaan Di Sekolah Dasar. Direktorat Sekolah Dasar.

Lestari, S. Y., Komariah, N., & Rizal, E. (2016). Pengelolaan Informasi Sebagai Upaya Memenuhi Kebutuhan Informasi Masyarakat. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 4(1), 59.

Maimun, M., Sanusi, S., Rusli, Y., & Muthia, H. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Kebangsaan Melalui Literasi Budaya Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Banda Aceh. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1),

Mansyur, U. (2020). Minat Literasi Mahasiswa : Potret Pengembangan Budaya Literasi Di Universitas Muslim Indonesia. Jurnal Literasi, 4.

Martini, E., Darmana, F., & Muslim, M. B. (N.D.). Peranan Guru Ppkn Dalam Mewujudkan Kelas. 103–111.

Novianti, N. R. (2011). Kontribusi Pengelolaan Laboratorium Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1), 158–166.

Novianty, F., & Mauludea, H. (2016). Pemanfaatan Laboratorium Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Civic Knowladge Mahasiswa IKIP Pontianak. 3(1), 68–79.

Nuswantara, K. (2018). Photo-Voice : Optimalisasi Peran Taman Baca Masyarakat (Tbm) Sebagai Sarana Penguatan Literasi Danpengembangan Laboratorium Pembelajaran Sepanjang Hayat. IPTEK Journal Of Proceedings Series, 0(5), 90.

Syafrizal, R., Hermawan, I. C., & Sofwan, P. Y. (2021). Praktik Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ppkn Di Sma Negeri 1 Mande. Jpphk (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan), 11(2), 51–69.

Yulianingsih, W., & Machfud, S. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik LBB Taman Pintar Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan. J+ Plus Unesa, 7.

Yusuf, R., Sanusi, Razali, Maimun, Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan Literasi Budaya Dan Kewargaan Siswa SMA Se Kota Banda Aceg. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undika, 8(2), 157–167.

Yusuf, R., Sanusi, S., Maimun, M., Hayati, E., & Fajri, I. (2019). Artikel Prosiding Seminar Nasional. Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Model Project Citizen, 185–199

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Wijaya, C., & Afriansyah, A. (2023). Strategi Laboratorium dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Mahasiswa (Studi Kasus Laboratorium PPKn FKIP Universitas Ahmad Dahlan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 75–87. https://doi.org/10.32493/jpkn.v10i2.y2023.p75-87

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.