Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif

Authors

  • Yulita Pujilestari Universitas Pamulang
  • Sri Putri Utami Alawiyah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p25-36

Keywords:

model STAD, hasil belajar, pembelajaran PPKn

Abstract

Proses belajar mengajar tidak selalu menyampaikan informasi kepada siswa, tetapi membutuhkan keterlibatan siswa secara mental serta fisik. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu agar dapat mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMK Yapia Parung. Pendekatan kuantitatif dipergunakan pada penelitian ini, dengan metode penelitian Purposive Sampling. Atas hal demikian dapat dijelaskan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) terhadap Hasil Belajar Siswa di Mata Pelajaran Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas X SMK Yapia Parung.

References

Alhakim, S. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan dalam konteks indonesia. Malang: Madani (Kelompok Intrans Publishing.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Hamalik, O. (2010). Psikologi Belajar Dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 1994. Media pendidikan. Bandung : Citra Aditya Bakti

Hamidi, J. (2010). Civic education. Jakarta : Gramedia Pustaka Umum

Hardiani, I. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta : Familia

Jakni. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Di perguruan tinggi. Bandung : Alfabeta

Juliardi, B. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan untuk perguruan tinggi. Jakarta: Raja Grafindo.

Kadir, A. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Komarudin. (2012). Ilmu kewarganegaraan. Pamulang: Asmoro Mediatama.

Komarudin. (2013). Strategi pembelajaran Pkn. Pamulang: Asmoro Mediatama.

Muhidin, A. (2005). Stastistik Pendidikan. Tanggerang Selatan : Unpam Press

Purwanto, N. (1988). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remadja Karya CV.

Rusman. (2014). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sagala, S. (2013). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Siregar, E. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Suardi, M. (2016). Pengantar Pendidikan Teori Dan Aplikasi. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tim pengembang MKDP kurikulum dan pembelajaran. (2011). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Uno, H. B. (2006). Perencanaan pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2014). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara

Wilis, D. R. (2011). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Downloads

Published

2019-03-29

How to Cite

Pujilestari, Y., & Alawiyah, S. P. U. (2019). Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 25–36. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p25-36

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.