Peran Pendidikan Kewarganegaran dalam Membangun Sikap Toleransi Beragama pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkn.v10i1.y2023.p56-65Keywords:
Pendidikan kewarganegaraan, Toleransi beragama, MahasiswaAbstract
Indonesia merupakan negara dengan keragaman suku, ras, budaya, dan agama yang beranekaragam. Agama merupakan landasan kehidupan bagi setiap umat manusia, manakala pemahaman agama pada individu itu lemah, maka individu tersebut akan hilang arah dan tidak dapat mengetahui arah tujuan hidupnya, serta dapat dengan mudahnya dipengaruhi oleh individu lain. Agama merupakan peran yang penting dalam kehidupam setiap individu, sebab agama merupakan hal mendasar yang berkaitan dengan kepercayaan seorang individu. Selain itu agama juga memiliki keterkaitan dengan tradisi yang dimiliki oleh suatu kelompok masyarakat. Sikap yang harus dikedepankan oleh individu yang beragama dalam menyikapi adanya keberagaman agama di Indonesia ialah dengan sikap toleransi. Tanpa adanya toleransi akan menimbulkan perpecahan antar perbedaan, atau bahkan dapat menyebabkan rusaknya suatu wilayah yang disebabkan oleh perpecahan. Toleransi beragama merupakan sikap manusia dalam menyikapi adanya keberagaman agama. Maka dari itu, tidak dapat dibantah bahwa toleransi beragama merupakan hal yang penting agar tidak terjadi perpecahan. Selain itu, menjadi warga negara yang baik tidak semata-mata taat akan hukum atau menumbuhkan rasa kebangsaan saja, melainkan juga harus menumbuhkan rasa toleransi terhadap kemajemukan yang terdapat di Indonesia, khususnya keberagaman agama. Sehingga dengan adanya perbedaan agama atau kepercayaan tersebut, diperlukan ilmu pengetahuan dan pendidikan yang bertujuan guna menumbuhkan sikap toleransi, khususnya mahasiswa.
References
Afrizal, M. N., Najicha, F. U. 2022. URGENSI MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KALANGAN MAHASISWA PADA ZAMAN MILLENIAL. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1345-1351.
Ali, M. D. 1986. Islam Untuk Disiplin Ilmu Hukum, Sosial dan Polotik. Jakarta: CV. Wirabuana.
Amalia, F. R., Najicha, F. U. 2022. PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGATASI LUNTURNYA NILAI NASIONALISME DAN CINTA NKRI DI ERA GLOBALOSASI. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 428-435.
Anggraini, A. P., Najicha, F. U. 2022. Pengembangan Wawasan Nusantaran Sebagai Muatan Pendidikan Kewarganegaraan Generasi Muda Melalui Pemanfaatan Internet. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 14(1), 174-180.
Asir, A. 2014. AGAMA DAN FUNGSINYA DALAM KEHIDUPAN UMAT MANUSIA. 1(1). http://life-blogdz.blogspot.com/2012/10/definisi-
Asyari, D. & Anggraeni Dewi, D. 2021. Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi.
Bakar, A., Sultan, U. & Riau, S. K. 2015. KONSEP TOLERANSI DAN KEBEBASAN BERAGAMA (Vol. 7, Nomor 2). https://situswahab.wordpress.com
Casram, C. 2016. Membangun Sikap Toleransi Beragama dalam Masyarakat Plural. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, 1(2), 187–198. https://doi.org/10.15575/jw.v1i2.588
databoks.katadata.co.id. 29 Maret 2021. Dampak Terorisme di Indonesia Tertinggi Keempat di Asia Pasifik. Diakses pada 2 April 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/03/29/dampak-terorisme-di-indonesia-tertinggi-keempat-di-asia-pasifik
Fitriani, S. 2020. Analisis: Jurnal Studi Keislaman Keberagaman dan Toleransi Antar Umat Beragama. Jurnal Studi Keislaman, 20(2), 179–192. https://doi.org/10.24042/ajsk
Hardiman. 2002. Belajar dari Politik Multikulturalisme. Jakarta: LP3ES.
Jamrah, S. A. 2015. TOLERANSI ANTARUMAT BERAGAMA: PERSPEKTIF ISLAM. JURNAL USHULUDIDIN, 23(2), 185-200.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2016. Sikap. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/sikap. Diakses pada 3 April 2023.
Khotimah. 2013. 928-2099-1-SM. JURNAL USHULUDDIN, 20(2), 212–222.
Listyarini, D., Saputra, A., Faozi, S. & Andraini Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini Semarang, F. 2023. Implementasi Mata Kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sebagai Upaya Membangun Sikap Toleransi pada Mahasiswa dalam Kehidupan di Kampus (Vol. 34). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/integralistik
Miles dan Hubernas. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Penerjemah Tjetjep Rohendi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Mukti Yasila, K. Mukharohmah. & Ulfatun Najicha, F. 2022. 7465-Article Text-22542-1-10-20220620. JURNAL GLOBAL CITIZEN, 11(1), 14–20.
Prakoso, G. B., Najicha, F. U. 2022. PENTINGNYA MEMBANGUNRASA TOLERANSI DAN WAWASAN NUSANTARA DALAM BERMASYARAKAT. JURNAL GLOBAL CITIZEN, 11(1), 67-71.
Rizky Amalia, F., Ulfatun Najicha, F. & Maret, S. 2022. PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGATASI LUNTURNYA NILAI NASIONALISME DAN CINTA NKRI DI ERA GLOBALISASI. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).
Safitri, A. O., Dewi, D. A. & Furnamasari, Y. F. 2021. Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Pribadi yang Berkarakter Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5328–5335. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1632
Sapriya. 2012. â€Perlunya Reorientasi Ontologi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembangunan Karakter Bangsa†dalam Transformasi Empat Pilar Kebangsaan dalam Mengatasi Fenomena Konflik dan Kekerasan : Peran Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia.
Subadi, T. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Surakarta: Badan Penerbit FKIP-UMS.
Suharyat, Yayat. 2009. HUBUNGAN ANTARA SIKAP, MINAT, DAN PERILAKU MANUSIA. Jurnal FKIP : REGION, 1(3),
Ubedillah, Rozak, Sukron, dan Darmaji. 2009. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education): Demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Masyarakat Madani. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah.
Widiatmaka, Pipit. 2016. Pembangunan Karakter Nasionalisme Peserta Didik di Sekolah Berbasis Agama Islam. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(1), 25-33.
Widiatmaka, P., Purwoko, A. A. 2021. PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI WAHANA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER TOLERANSI DI PERGURUAN TINGGI. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 5(1), 171-186.
Zuchdi, Darmiyati. 1995. PEMBENTUKAN SIKAP.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.