Transformasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p51-64Keywords:
transformasi pendidikan, ilmu pengetahuan sosial, revolusi industriAbstract
Era revolusi industri 4.0 menjadi fenomena penting di berbagai bidang termasuk dalam bidang pendidikan. Permasalahan yang dihadapi dalam era ini siswa tidak hanya dituntut menggunakan teknologi digital, namun kualitas sumber daya manusia harus lebih ditingkatkan agar mampu beradaptasi dari perubahan. Artikel ini merupakan kajian literatur yang bertujuan untuk mengungkapkan tantangan Pendidikan IPS dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Hasil kajian ini mengungkapkan bahwa pendidikan IPS sebagai bekal dalam menghadapi perubahan zaman, pengajaran IPS bukan hanya konsep atau teori, tetapi implementasi dari pendidikan IPS menjadi pedoman bagi siswa untuk dapat memecahkan persoalan sosial. Pengajaran IPS harus bertransformasi menjadi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, kreatif, menumbuhkan rasa ingin tahu yang tinggi, berpikir kritis, berpendapat, kolaborasi dalam tim, kepekaan sosial, dan kemampuan pemecahan masalah. Peran pendidikan IPS tidak hanya sekedar membuat peserta didik cerdas, namun juga menjadi warga negara yang baik, berjiwa sosial, berakhlak, dan berkarakter. Oleh karena itu, dalam menghadapi tantang di era ini diperlukan kolaborasi semua pihak meliputi: sekolah, keluarga, masyarakat, serta pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di era revolusi industri 4.0.
References
Garrison, D. R. (2011). E-Learning in the 21st Century. New York: Routledge.
Gleason, N. W. (2018). Higher Education in the Era of the Fourth Industrial Revolution. Singapore. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-981-13-0194-0.
Gunawan, R. (2016). Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Herwina, I. (2018). “Penguat Pendidikan Karakter Perspektif Islam dalam Era Milenial IR. 4.0.†In Seminar Nasional Membangun SInergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0, 300. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Hidayat, R. (2014). Sosiologi Pendidikan Emile Durkheim. 1 ed. Jakarta: Grafindo.
Mz, S., & Rahmawati, F. (2019). “Peran Guru dalam Penggunaan Multimedia Interaktif di Era Revolusi Industri 4.0.†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Peters, M. A. (2017). “Technological unemployment : Educating for the fourth industrial revolution Technological unemployment : Educating for the fourth industrial.†Educational Philosophy and Theory 1857: 1–6. https://doi.org/10.1080/00131857.2016.1177412.
Ristekdikti. (2005). Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf.
———. 2018. “Era Revolusi Industri 4.0, Saatnya Generasi Millennial Menjadi Dosen Masa Depan.†2018. http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/index.php/2018/01/30/era-revolusi-industri-4-0-saatnya-generasi-millennial-menjadi-dosen-masa-depan.
Riyana, C. (2018). “Tantangan Pendidikan Era Revolusi Industri.†Universitas Negeri Malang. 2018. https://um.ac.id/content/page/2/2018/11/tantangan-pendidikan-era-revolusi-industri-4-0.
Sapriya. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.