Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74Keywords:
pendidikan guru, pengetahuan guru, technological pedagogical content knowledge (TPACK)Abstract
Guru abad 21 harus memiliki pengetahuan sekaligus keterampilan dalam menggunakan berbagai perangkat teknologi baik yang tradisional maupun modern untuk memfasilitasi belajar dan meningkatkan hasil pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mendefinisikan, menjelaskan tentang pengukuran, dan menjelaskan tentang pengembangan technological pedagogical content knowledge (TPACK). Penulisan artikel menggunakan metode kajian pustaka dari buku, artikel jurnal, dan dokumen lain yang berkaitan dengan topik pembahasan. Hasil kajian mendapati bahwa, TPACK merupakan salah suatu jenis pengetahuan baru yang harus dikuasi guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam pembelajaran, pengukuran TPACK merupakan aktivitas penilaian tingkat penguasaan TPACK yang dilakukan menggunakan TPACK framework, dan pengembangan TPACK merupakan kelanjutan dari proses pengukuran yang dilakukan untuk meningkatkan penguasaan TPACK. TPACK dapat dijadikan sebagai kerangka kerja untuk mendesain kurikulum pendidikan guru yang lebih sesuai dengan era dan tuntutan pembelajaran Abad 21.
References
Abbitt, J. T. (2011). Measuring technological pedagogical content knowledge in preservice teacher education: A review of current methods and instruments. Journal of Research on Technology in Education, 43(4), 281-300.
Agustina, P., Yusron, F. N., & Muyassarah, F. (2018). Pedagogical Content Knowledge (PCK) Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP UMS pada Matakuliah Microteaching Tahun Akademik 2015/2016. Proceeding of The URECOL, 101-108.
Agustina, P., Yusron, F. N., & Muyassarah, F. (2018). Pedagogical Content Knowledge (PCK) Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP UMS pada Matakuliah Microteaching Tahun Akademik 2015/2016. Proceeding of The URECOL, 101-108.
Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Indonesia. (2016). Proposal Penyusunan Pedoman Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Jakarta: ALPTKI.
Baser, D., Kopcha, T. J., & Ozden, M. Y. (2016). Developing a technological pedagogical content knowledge (TPACK) assessment for preservice teachers learning to teach English as a foreign language. Computer Assisted Language Learning, 29(4), 749–764. https://doi.org/10.1080/09588221.2015.1047456
Canbazoglu Bilici, S., Guzey, S. S., & Yamak, H. (2016). Assessing pre-service science teachers’ technological pedagogical content knowledge (TPACK) through observations and lesson plans. Research in Science & Technological Education, 34(2), 237–251. https://doi.org/10.1080/02635143.2016.1144050
Cox, S., & Graham, C. R. (2009). Using an elaborated model of the TPACK framework to analyze and depict teacher knowledge. TechTrends, 53(5), 60-69.
Cuhadar, C. (2018). Investigation of Pre-Service Teachers' Levels of Readiness to Technology Integration in Education. Contemporary Educational Technology, 9(1), 61-75.
Dhawati, D. A. A. (2017). Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Calon Guru Biologi Fkip Ums Dalam Menyusun Rpp Kurikulum 2013 Tahun Akademik 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Direktoran Jenderal Pembelajaran dan Mahasiswa. (2017). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru. Jakarta: Dirjen Belmawa.
Drew, S. V. (2012). Open up the ceiling on the Common Core State Standards: Preparing students for 21stâ€century literacy—now. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 56(4), 321–330.
Fathonah, L. (2017). Kemampuan TPACK (Technological Paedagogical and Content Knowledge) Calon Guru Biologi FKIP UMS dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Tahun Akademik 2016/2017(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Framework for 21st Century Learning - P21. (t.t.). Diambil 4 Agustus 2018, dari http://www.p21.org/our-work/p21-framework
Guzman, A., & Nussbaum, M. (2009). Teaching competencies for technology integration in the classroom: Technology integration in the classroom. Journal of Computer Assisted Learning, 25(5), 453–469. https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.2009.00322.x
Jang, S.-J., & Tsai, M.-F. (2012). Exploring the TPACK of Taiwanese elementary mathematics and science teachers with respect to use of interactive whiteboards. Computers & Education, 59(2), 327–338. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.02.003
Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2015). Naskah Akademik Revitalisasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Jakarta: Kemensirtekdikti.
Kereluik, K., Mishra, P., Fahnoe, C., & Terry, L. (2013). What knowledge is of most worth: Teacher knowledge for 21st century learning. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 29(4), 127–140.
Khoiri, N., & Huda, C. (2017). Deskripsi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Pada Mahasiswa Calon Guru Fisika.
Koehler, M. J., & Mishra, P. (2005). Teachers learning technology by design. Journal of computing in teacher education, 21(3), 94–102.
Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)?. Journal of Education, 193(3), 13-19.
Koehler, M. J., Mishra, P., Bouck, E. C., DeSchryver, M., Kereluik, K., Shin, T. S., & Wolf, L. G. (2011). Deep-play: Developing TPACK for 21st century teachers. International Journal of Learning Technology, 6(2), 146–163.
Koehler, M., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)?. Contemporary issues in technology and teacher education, 9(1), 60-70.
Listiawan, T., & Baskoro, W. W. (2015). Analisis Technological Content Knowledge (TCK) Calon Guru Matematika Dalam Menggunakan Perangkat Lunak Geometri Dinamis. In Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY (pp. 827-834).
Maeng, J., Mulvey, B., Smetana, L., & Bell, R. (2013). Preservice Teachers' TPACK: Using Technology to Support Inquiry Instruction. Journal of Science Education and Technology, 22(6), 838-857.
McDiarmid, G. W., & Ball, D. L. (t.t.). Anderson, C. w.(1989)’Why Staying One Chapter Ahead Doesn’t Really Work: Subject-Specific Pedagogy.’. Knowledge base for the beginning teacher, 193–205.
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers college record, 108(6), 1017.
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2008). Introducing TPCK. AACTE Committee on Innovation and Technology. The handbook of technological pedagogical content knowledge (TPCK) for educators (pp. 3–29). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Mouza, C. (2016). Developing and assessing TPACK among pre-service teachers. Handbook of technological pedagogical content knowledge (TPACK) for educators, 169.
Raman, A. (2014). TPACK Confidence of Pre-service Teachers in Universiti Utara Malaysia. Mediterranean Journal of Social Sciences. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n22p167
Sholihah, M. A. (2016). Technological Pedagogical Content Knowledge dan Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Calon Guru Fisika melalui Model Pembelajaran POST-PACK di Universitas Negeri Malang. DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.
Shulman, L. S. (1986). Those who understand: Knowledge growth in teaching. Educational researcher, 15(2), 4–14.
Sim, C., Finger, G., & Smart, V. (2016). 4Developing TPACK: Envisioning Technological Pedagogical Reasoning. Dalam Handbook of technological pedagogical content knowledge (TPACK) for educators (hlm. 63–72). Routledge.
Sukaesih, S., Ridlo, S., & Saptono, S. (2017). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Calon Guru Pada Mata Kuliah PP Bio. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (pp. 58-64).
Trust, T. (2018). 2017 ISTE Standards for Educators: From Teaching With Technology to Using Technology to Empower Learners. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 34(1), 1–3. https://doi.org/10.1080/21532974.2017.1398980
Yuliati, L., & Wartono, W. (2016). Peranan TPACK terhadap Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Calon Guru Fisika dalam Pembelajaran Post-Pack. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 144-153.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.