Faktor Lingkungan Sebagai Determinan Perilaku Merokok pada Remaja
Keywords:
Lingkungan, Perilaku Merokok, RemajaAbstract
Masa remaja dikenal dengan masa mencari identitas diri sehingga berbagai perilaku remaja diarahkan untuk meniru perilaku orang dewasa termasuk perilaku merokok. Perilaku merokok pada remaja masih menjadi perhatian global, karena trend merokok mengalami kecenderungan peningkatan dari tahun ke tahun. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor lingkungan seperti keluarga, teman sebaya dan iklan dengan perilaku merokok pada remaja. Sampel adalah seluruh siswa laki-laki di SMP Negeri 1 Tombatu sejumlah 26 remaja yang merupakan total sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner yang analisisnya menggunakan Uji Chi-Square. Hasil penelitian ini menemukan adanya hubungan yang signifikan pengaruh keluarga (pvalue 0.009 < 0.05) dan teman sebaya (pvalue 0.006 < 0.05) dengan perilaku merokok pada remaja. Tidak adanya hubungan keterpaparan iklan rokok dengan perilaku merokok remaja (pvalue 0711 > 0.05). Kesimpulan: Faktor lingkungan mempunyai hubungan yang signifikan dengan perilaku merokok pada remaja khususnya karena pengaruh keluarga dan teman sebaya. Sedangkan terpaparnya iklan rokok, tidak mempunyai hubungan dengan perilaku merokok remaja. Disarankan pada pihak sekolah agar dapat meningkatkan pengawasan larangan merokok pada remaja serta adanya dukungan yang positif dari keluarga sebagai role model.
References
Breiby, M.A. & Slåtten, T. (2018). The role of aesthetic experiential qualities for tourist satisfaction and loyalty. International Journal of Culture, Tourism and Hospitality Research, 12 (1), 1-14.
Schmitt, & Berndh H. (2010). Experiential Marketing, How to Get Customer to Sense, Feel, Think, Act, Relate, to Your Company and Brands. New York: The Free Press.
Zietsman, M. L., Mostert, P & Svensson, G. (2019). Perceived price and service quality as mediators between price fairness and perceived value in business banking relationships: A micro-enterprise perspective. International Journal of Bank Marketing, 37 (1), 2-19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.