Tantangan Digitalisasi Pasar Modal dan Literasi Keuangan dalam Meningkatkan Minat Investasi

Authors

  • Deira Yuliani Sari Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Dana Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Digitalisasi Pasar Modal, Literasi Keuangan, Minat Investasi

Abstract

Pasar modal Indonesia telah mengalami transformasi signifikan seiring dengan perkembangan teknologi digital. Digitalisasi tidak hanya memungkinkan akses yang lebih cepat dan efisien terhadap informasi, tetapi juga berpotensi untuk menarik lebih banyak investor, khususnya generasi muda. Namun, meskipun digitalisasi telah memperluas jangkauan informasi, tantangan utama yang dihadapi adalah rendahnya literasi keuangan masyarakat. Literasi keuangan yang baik sangat penting untuk memahami produk investasi dan mengambil keputusan yang tepat di pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan yang dihadapi oleh pasar modal Indonesia dalam meningkatkan minat investasi, terutama yang berkaitan dengan digitalisasi dan literasi keuangan. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, pengumpulan data melalui pemeriksaan penelitian-penelitian sebelumnya. Pembahasan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara digitalisasi pasar modal, literasi keuangan, dan minat investasi. Digitalisasi memberikan peluang baru bagi investor untuk mengakses informasi dan melakukan transaksi dengan mudah, tetapi tanpa pemahaman yang baik tentang produk dan risiko investasi, efek positif dari digitalisasi menjadi terbatas. Penelitian ini berhasil mengidentifikasi tantangan yang dihadapi pasar modal Indonesia dalam meningkatkan minat investasi, dengan fokus pada interaksi antara digitalisasi dan literasi keuangan.

References

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 319-340.

Fama, E. F. (1970). Efficient Capital Markets: A Review of Theory and Empirical Work. Journal of Finance, 383-417.

Firdaus, A. (2021). Optimalisasi Potensi Teknologi Generasi Milenial Melalui Investasi Digital di Era Society 5.0. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1131-1137.

Kahneman, D., & Tversky, A. (1979). Prospect Theory: An Analysis of Decision Under Risk. Econometrica, 263-291.

Lusardi, A., & Mitchell. (2014). The Economic Importance of Financial Literacy: Theory and Evidence. Journal of Economic Literature, 5-44.

Rohyati, Rokhmah, F. P., Syazeedah, H. N., Ramadhan, G., & Syahwildan, M. (2024). Tantangan dan Peluang Pasar Modal Indonesia dalam Meningkatkan Minat Investasi di Era Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 909-918.

Zare, R., Sabour, M., & Rahmi, K. (2021). The Impact of Digital Trading Platforms on Investor Trust and Market Efficiency. Journal of Financial Markets, 50.

Gandung, M., Sunarsi, D., & Suwanto, S. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Trans Retail Indonesia (Carrefour) Cabang Ciputat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(13), 879-894.

Ardeliana, D. L., & Gandung, M. (2024). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT MAYA MUNCAR CABANG SUNTER PODOMORO KOTA JAKARTA UTARA. Journal of Research and Publication Innovation, 2(4), 3200-3211.

Ramadhanti, D. I., & Gandung, M. (2024). PENGARUH KOMPENSASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. ELANG LABUAN MURNI JAKARTA BARAT. Journal of Research and Publication Innovation, 2(4), 2886-2896.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Sari, D. Y., & Dana. (2024). Tantangan Digitalisasi Pasar Modal dan Literasi Keuangan dalam Meningkatkan Minat Investasi. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 285–289. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/44866