Dampak Perencanaan Keuangan terhadap Kinerja Perusahaan: Studi pada Usaha Kecil Menengah di Indonesia

Authors

  • Dhimas Wahyudi Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Ida Lestari Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Tantri Isna Syaputri Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Heri Priyanto Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Keywords:

Perencanaan Keuangan, Kinerja Perusahaan, Usaha Kecil Menengah, Efisiensi Operasional, Indonesia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak perencanaan keuangan terhadap kinerja perusahaan pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia. UKM memainkan peran penting dalam perekonomian nasional, namun sering menghadapi tantangan dalam mengelola keuangan yang memengaruhi kinerja dan keberlanjutan mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data dari 100 UKM di berbagai sektor di Indonesia. Pengukuran kinerja dilakukan berdasarkan indikator seperti pertumbuhan pendapatan, profitabilitas, dan efisiensi biaya, sementara perencanaan keuangan diukur dari frekuensi dan sistematisasi proses perencanaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa UKM yang menerapkan perencanaan keuangan yang terstruktur dan berkala memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan UKM yang tidak melakukannya. Perencanaan keuangan terbukti berperan signifikan dalam meningkatkan stabilitas keuangan, efisiensi operasional, serta kemampuan menghadapi tantangan pasar. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengelola UKM untuk memperhatikan pentingnya perencanaan keuangan sebagai bagian dari strategi peningkatan kinerja perusahaan. 

References

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2021). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Salemba Empat.

Hanafi, M. M., & Halim, A. (2015). Analisis Laporan Keuangan. UPP-AMP YKPN.

Soemarso, S. R. (2020). Akuntansi untuk UKM. Penerbit Erlangga.

Suparno, S. (2022). Perencanaan Keuangan pada UKM: Studi Empiris di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(1), 45-60.

Zietsman, M. L., Mostert, P., & Svensson, G. (2019). Perceived price and service quality as mediators between price fairness and perceived value in business banking relationships. International Journal of Bank Marketing, 37(1), 2-19.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2021). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Salemba Empat.

Hanafi, M. M., & Halim, A. (2015). Analisis Laporan Keuangan. UPP-AMP YKPN.

Soemarso, S. R. (2020). Akuntansi untuk UKM. Penerbit Erlangga.

Suparno, S. (2022). Perencanaan Keuangan pada UKM: Studi Empiris di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(1), 45-60.

Zietsman, M. L., Mostert, P., & Svensson, G. (2019). Perceived price and service quality as mediators between price fairness and perceived value in business banking relationships. International Journal of Bank Marketing, 37(1), 2-19.

Downloads

Published

2022-02-02

How to Cite

Wahyudi, D., Lestari, I., Syaputri, T. I., & Priyanto, H. (2022). Dampak Perencanaan Keuangan terhadap Kinerja Perusahaan: Studi pada Usaha Kecil Menengah di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 1(1), 80–84. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/45473