Strategi Manajemen Konflik dalam Tim Pemasaran Lembaga Baru: Membangun Pondasi Keharmonisan Organisasi

Authors

  • Muhammad Alfiansyah Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Keywords:

Manajemen Konflik, Tim Pemasaran, Lembaga Baru, Strategi Kolaboratif, Kepemimpinan Partisipatif

Abstract

Tim pemasaran lembaga baru menghadapi tantangan unik yang rentan terhadap konflik, berdasarkan perbedaan pandangan, tekanan target, atau struktur organisasi yang tidak jelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi yang efektif untuk manajemen konflik saat menciptakan tim pemasaran. Harmoni organisasi yang baru didirikan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui penelitian literatur dan wawancara singkat dengan tim pemasaran dari dua organisasi baru. Hasilnya menunjukkan bahwa pendekatan kolaboratif, kepemimpinan partisipatif, dan komunikasi terbuka telah berkontribusi secara signifikan untuk mengurangi konflik dan menciptakan lingkungan kerja yang produktif. Studi ini merekomendasikan betapa pentingnya pelatihan manajemen konflik para pemimpin tim dan bahwa desain struktur kerja yang jelas dibuat oleh tim pemasaran lembaga baru

Author Biography

Muhammad Alfiansyah, Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Universitas Pamulang

References

Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational leadership. Psychology Press.

De Dreu, C. K. W., & Gelfand, M. J. (2020). The psychology of conflict and conflict management in organizations. Routledge.

Rahim, M. A. (2017). Managing conflict in organizations (4th ed.). Routledge.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2022). Organizational behavior (19th ed.). Pearson.

Yukl, G. (2020). Leadership in organizations (9th ed.). Pearson Education.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Alfiansyah, M. (2025). Strategi Manajemen Konflik dalam Tim Pemasaran Lembaga Baru: Membangun Pondasi Keharmonisan Organisasi. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(2), 2739–2743. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/49582

Similar Articles

<< < 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.